Sukses


Inilah Tiga Laga Menarik Argentina vs Cile

Bola.com, Santiago - Argentina akan bertemu dengan Cile pada final Copa America 2015 di Estadio Nacional Julio Martínez Prádanos, Santiago, Cile, Minggu (5/7) dinihari WIB. Dalam duel semifinal, Argentina vs Paraguay berakhir dengan skor 6-1. Sementara Cile menyingkirkan Peru 2-1. 

Kedua tim sudah beradu sebanyak 85 kali. Hasilnya, Argentina lebih superior. Tim Tango menang 57 kali, sementara Cile cuma bisa membalas enam kali. Sisanya, kedua tim bermain imbang sebanyak 22 kali.

Dari sejarah panjang itu, setidaknya ada tiga pertemuan yang layak untuk dilabeli duel menarik Argentina vs Cile. Berikut tiga laga tersebut:

1. Argentina vs Cile 4-1. Kualifikasi Piala Dunia 2014 di Buenos Aires (Argentina)

Pertandingan di tahun 2011 ini adalah laga pembuka buat kedua tim pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Amerika Selatan. Hanya butuh delapan menit buat Argentina untuk membuka keunggulan lewat Gonzalo Higuain. Argentina kemudian memperbesar keunggulan lewat gol Lionel Messi di menit 25.
Pada babak kedua, sepakan first time dari kaki kiri Higuain menambah keunggulan Argentina jadi 3-0 di menit 52. Cile memperkecil ketinggalan tujuh menit berselang lewat gol Matias Fernandez, memanfaatkan kesalahan kiper Mariano Andujar saat mencoba mengamankan bola. Higuain kemudian mencetak hattrick karena kesalahan kiper Cile yang membuat bola dipotong Lionel Messi dan kemudian memberikan assist.

2. Cile vs Argentina 1-0. Kualifikasi Piala Dunia 2010 di Santiago (Cile)

Laga yang dimainkan tujuh tahun yang lalu ini adalah kemenangan terakhir yang didapat Cile atas sang rival. Argentina datang dengan catatan dua hasil seri dari tiga pertandingan terakhir. Sementara Cile butuh kemenangan setelah kalah 0-1 dari Ekuador di laga sebelumnya.
Cile yang dilatih pelatih asal Argentina, Marcelo Bielsa, memetik gol kemenangan lewat aksi Fabian Orellana. Argentina akhirnya tetap lolos ke Piala Dunia 2010 setelah melalui perjalanan yang naik-turun di babak kualifikasi.

3. Cile vs Argentina 0-2. Copa America 1997 di Cochabamba (Bolivia)

Kedua tim butuh kemenangan karena hasil mengecewakan di laga pertama penyisihan grup. Argentina bermain 0-0 kontra Ekuador, sementara Cile kalah 0-1 dari Paraguay. Laga berjalan membosankan dan sepertinya hasil 0-0 bakal terjadi.
Namun pelatih Argentina membuat keputusan jitu dengan memasukkan penyerang Julio Ricardo Cruz di menit 71. Tujuh menit sebelum pertandingan usai, Cruz memberi umpan buat Sergio Berti yang mencetak gol dan memecah kebuntuan. Empat menit berselang Cruz lagi-lagi menyodorkan assist yang dieksekusi oleh Marcelo Gallardo. Argentina lolos ke perempatfinal, tapi akhirnya kalah 1-2 dari Peru.

Siapa yang bakal menang di final Copa America 2015? Menarik untuk ditunggu. Apakah Argentina bisa memperpanjang dominasi, atau Cile yang kembali menang setelah tujuh tahun berlalu?

Baca Juga: 

Copa America 2015 : Pesta Gol 6-1, Argentina Lolos ke Final

Luar Biasa, Messi Selamatkan Ilmuwan Argentina dari Penculikan

Copa America 2015: Peru Adalah Lawan Tertangguh Cile

Video Populer

Foto Populer