Sukses


PSSI-nya Malaysia Buka Lowongan Pelatih Timnas. Ada yang Minat?

Bola.com, Petaling Jaya - Apakah ada di antara pembaca Bola.com yang tertarik menjadi pelatih timnas Malaysia? Bila iya, silakan mengajukan lamaran Anda ke Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM). FAM secara terbuka memasang iklan lowongan pekerjaan sebagai pelatih timnas senior dan timnas U-23 Malaysia.

Langkah FAM mengiklankan posisi pelatih timnas ini sebenarnya bukan hal baru. Seperti dikutip di The Star, setahun lalu FAM sudah menerapkan langkah serupa setelah memutuskan tidak memperpanjang kontrak Datuk K. Rajagopal sebagai pelatih kepala timnas senior pada 2013. Pelatih asal Prancis, Philippe Troussier, jadi salah satu yang mengirimkan lamaran.

Meski sempat mendapat rayuan dari mantan pelatih timnas Jepang dan Qatar itu, FAM akhirnya menjatuhkan pilihan pada Dollah Salleh. Namun, tampaknya pilihan itu tak tepat. Semenjak ditangani mantan pelatih Selangor dan Pahang itu pada 11 Juli 2014, tren timnas Malaysia mengalami penurunan.

Puncaknya, ketika timnas Malaysia dibantai UEA di kualifikasi Piala Dunia 2018, dengan 10 gol tanpa balas (3/9/2015). Tak hanya fans yang berang dengan kekalahan besar itu, pemerintah Malaysia juga ikut gerah dengan prestasi yang diperlihatkan timnas Harimau Malaya.

Dollah Salleh dan para asisten pelatih di timnas senior lantas mengundurkan diri setelah kekalahan 0-10 itu. Posisi pelatih kepala timnas senior Malaysia untuk sementara dijabat Ong Kim Swee, yang berstatus pelatih timnas U-23, hingga sekarang.

Ong Kim Swee bukan kali ini saja jadi Plt. alias pelaksana tugas atau pelatih sementara. Saat jeda dari masa Datuk K. Rajagopal ke Dollah Salleh pada 2014, Ong Kim Swee juga mengemban jabatan pelatih sementara.

Hanya, keberadaan Ong Kim Swee di kursi pelatih sementara timnas senior maupun timnas U-23 Malaysia bisa jadi tak akan lama lagi. Pasalnya, masa kontrak pelatih yang mempersembahkan medali emas SEA Games 2011 itu akan berakhir pada Desember 2015. Selama tiga bulan waktu tersisa ini, sesuai kontrak, ia dipersilakan mengadakan negosiasi dengan pihak lain yang tertarik menggunakan jasanya. 

Nasib Ong Kim Swee akan ditentukan FAM pada Senin (21/9/2015). Ada kemungkinan FAM akan berupaya mempertahankan pelatih berusia 44 tahun itu untuk dua tahun ke depan, hingga 2017. Sementara untuk kursi pelatih timnas senior, ada kecenderungan FAM menggunakan tenaga pelatih asing.

Untuk memilih pelatih kepala timnas, FAM membentuk gugus tugas khusus (task force). "Banyak yang menginginkan kami mengontrak pelatih asing, tetapi kami terbuka untuk semua pihak yang berminat. Kami juga transparan. Kami akan menunjuk kandidat sesuai kriteria," ujar Datuk Mokhtar Ahmad, pejabat presiden FAM.

Jadi, apakah Anda berminat?

Baca Juga :

FAM Terancam Dibekukan Pemerintah Malaysia

FAM Serang Balik Ancaman Pembekuan Pemerintah Malaysia

Menpora Malaysia Mulai "Obok-obok" PSSI Malaysia

 

Video Populer

Foto Populer