Sukses


Kepulauan Mariana Utara, Lumbung Gol Baru di Asia?

Bola.com, Bangkok - Negara "lumbung gol" baru kemungkinan besar akan tercipta di Asia. Bukan bermaksud menghina, namun bila melihat fakta yang terjadi di kualifikasi Piala AFC U-19, kemungkinan itu bisa jadi kenyataan.

Adalah Nothern Mariana Islands, negara yang berpotensi jadi lumbung gol itu. Terdengar asing dengan nama negaranya? Bisa dimaklumi lantaran negara ini sebelumnya jarang terdengar di pentas sepak bola Asia.

Nothern Mariana Islands terletak di Samudra Pasifik, di antara Filipina dan Hawai, bisa disebut dengan nama Kepulauan Mariana Utara. Kepulauan Mariana Utara merupakan negara persemakmuran Amerika Serikat dengan ibu kota Saipan.

Di situs AFC, Kepulauan Mariana Utara dikelompokkan masuk ke kawasan Asia Timur. Sementara di situs FIFA, negara ini bahkan belum tercatat masuk anggota.

Nah, status sebagai lumbung gol itu datang dari keikutsertaan negara yang per 2010 hanya memiliki 53.800 penduduk itu di kualifikasi Piala AFC U-19 2016. Tergabung di Grup H, Kepulauan Mariana Islands sudah kebobolan 20 gol dari dua pertandingan yang dijalaninya. 

Gawang Kepulauan Mariana Utara kebobolan 10 gol di laga pertama melawan Cina Taipeh (28/9/2015). Di partai kedua, Rabu (30/9/2015), giliran Singapura yang membobol gawang negara yang memiliki tiga pulau utama itu, juga dengan 10 gol. Bila dirata-rata, satu gol tercipta setiap sembilan menit selama pertandingan berlangsung.

Di dua pertandingan awal itu, belum ada satu gol pun yang mampu dicetak Kepulauan Mariana Utara.

Jumlah gol kebobolan tim yang dilatih Kiyoshi Sekiguchi itu bisa jadi akan terus bertambah lantaran belum bertemu raksasa Asia, Korea Selatan. Selain Singapura dan Cina Taipeh, Kennedy Caldon Nakanishi Izuka cs. harus berhadapan dengan Korsel dan juga Thailand. Padahal, Singapura yang membobol gawang mereka sebanyak 10 kali, takluk 2-6 dari Korsel serta Cina Taipeh dikalahkan dengan skor 0-3 dari Thailand!

Dari jadwal Grup H, pertemuan Kepulauan Mariana Utara dengan Thailand serta Korsel masing-masing dimainkan Jumat (2/10/2015) dan Minggu (4/10/2015). Seluruh pertandingan Grup H digelar di Thailand, 28 September-6 Oktober. Lantas, apakah saat itu akan tercipta skor luar biasa lagi?

Seperti diketahui, sesama negara di Samudra Pasifik, Micronesia, pernah jadi bahan cerita di jagat sepak bola dunia karena kebobolan 114 gol di ajang Pasific Games awal Juli lalu. Ketika itu Micronesia kalah 0-30 dari Tahiti, 0-38 dari Fiji, dan 0-46 dari Vanuatu

Baca Juga :

Apa Kata Pelatih Micronesia Usai Kebobolan 114 Gol di 3 Laga?

Gagal ke Semifinal, Pelatih Singapura Aide Iskandar Mundur

Legenda Sepak Bola Thailand Minta Maaf, Timnas Harmonis Lagi

 

Video Populer

Foto Populer