Sukses


Peluang Banding Malaysia ke FIFA Tak Cukup Bagus

Bola.com, Kuala Lumpur - Harapan Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) untuk meminta pembatalan atau setidaknya keringanan atas sanksi WO (memberi kemenangan 3-0 pada Arab Saudi) terhadap FIFA kemungkinan bakal kandas. Hal itu seperti diungkapkan Wakil Sekjen AFC, Datuk Windsor Paul John.

Seperti dilansir di laman Utusan, Rabu (7/10/2015), kecilnya peluang itu melihat rekam jejak selama ini. FIFA tak pernah menerima banding bila hal itu berkaitan dengan hukuman WO yang sudah dijatuhkan.  

"Sanksi WO itu sudah tidak bisa diubah karena sudah merupakan keputusan Komdis FIFA dengan melihat kondisi dan bukti di lapangan. Bila ingin keringanan, peluang yang bisa diperoleh hanyalah terkait sanksi denda uang dan menggelar pertandingan tanpa penonton," ujar Paul John.

Lebih lanjut Paul John mengungkapkan bila benar ingin mengajukan banding, FAM diberikan kesempatan dalam durasi 10 hari sejak keputusan hukuman itu dijatuhkan FIFA. Bila melewati tenggat waktu itu, FAM dianggap menerima hukuman tersebut. FAM juga berhak meminta penjelasan secara terperinci pasal atau regulasi mana saja yang dinyatakan dilanggar hingga menyebabkan mereka dijatuhi sanksi.

Pada Senin (5/10/2015) Komdis FIFA menjatuhkan sanksi terhadap FAM terkait kericuhan yang dipicu aksi anarkistis suporter yang terjadi kala timnas Malaysia menjamu Arab Saudi di penyisihan Grup A Zona Asia Kualifikasi Piala Dunia 2018, 8 September 2015. Akibat insiden itu, pertandingan di Stadion Shah Alam, Selangor, dihentikan di menit ke-88 dalam kedudukan 1-2 untuk tim tamu.

FAM lantas dijatuhi sanksi peringatan, denda sebesar 40 ribu franc swiss (setara Rp 600 juta), menggelar pertandingan tanpa penonton (laga vs Uni Emirat Arab, 17 November 2015), dan sanksi WO. FAM menilai sanksi itu cukup berat dan berencana melakukan banding begitu mereka menerima surat resmi dari FIFA

Datuk Windsor Paul John dalam pernyataannya juga mengingatkan FAM untuk memandang serius persoalan fans anarkistis secara serius. "Hukuman yang dijatuhkan, semacam denda, hanyalah permulaan dan bersifat peringatan. "FAM dipastikan akan dikenai sanksi yang jauh lebih berat bila kejadian serupa terjadi lagi," pungkas Datuk Windsor Paul John.

Baca Juga :

FIFA Jatuhkan Sanksi Berat untuk Malaysia

Sanksi Terlalu Berat, Malaysia Banding atas Sanksi FIFA

Polisi Malaysia Tangkap 5 Tersangka Dalang Kericuhan di Shah Alam

 

Video Populer

Foto Populer