Sukses


Tundukkan Montenegro, Rusia Melenggang ke Piala Eropa 2016

Bola.com, Moskow - Timnas Rusia lolos ke putaran final Piala Eropa 2016 dengan status sebagai runner-up Grup G. Rusia menang 2-0 melawan Montenegro pada pertandingan pamungkas kualifikasi Piala Eropa 2016 yang berlangsung di Otkrytie Arena, Moskow, Selasa (13/10/2015) dini hari WIB.

Kedua gol Rusia di pertandingan ini hadir di babak pertama. Oleg Kuzmin membuka keunggulan Rusia pada menit ke-33. Aleksandr Kokorin kemudian menggandakannya melalui titik putih pada menit ke-37.

Tambahan tiga angka ini membawa Rusia berada di posisi kedua klasemen Grup G bermodalkan 20 angka. Montenegro berada di posisi keempat dengan 11 poin.

Formasi 4-4-2 menjadi andalan Rusia pada pertandingan ini. Pelatih Leonid Slutsky menurunkan duet Aleksandr Kokorin dan Artem Dzjuba di lini serang. Sementara, Montenegro bertumpu pada Fatos Beqiraj sebagai bomber solo dalam balutan skema 4-5-1.

Rusia mendominasi penuh jalannya pertandingan. Hal ini terlihat dari statistik penguasaan bola mereka yang mencapai 69 persen. Pergerakan Alan Dzagoev dari sisi sayap menjadi andalan Rusia dalam membongkar pertahanan Montenegro.

Rusia nyaris memecah kebuntuan di menit ke-30. Tembakan bebas Aleksandr Kokorin ke pojok kiri gawang mampu dimentahkan oleh kiper Montenegro, Milan Mijatovic.

Namun, Rusia akhirnya sukses menyarangkan gol pembuka tiga menit berselang. Tembakan mendatar kaki kiri Oleg Kuzmin ke pojok kiri gawang gagal diselamatkan Mjatovic. Rusia memimpin 1-0.

Wasit Svein Oddvar Moen memberikan penalti bagi Rusia pada menit ke-37 setelah Vladimir Rodic melakukan pelanggaran terhadap Dmitry Kombarov di kotak terlarang. Aleksandr Kokorin yang tampil sebagai algojo sukses membawa Rusia unggul 2-0.

Unggul dua gol di babak pertama tak membuat Rusia mengendurkan serangannya pada babak kedua. Pola permainan agresif dengan bertumpu pada serangan melalui sayap tetap menjadi andalan Rusia.

Roman Shirokov hampir saja menghadirkan gol ketiga bagi Rusia pada menit ke-61. Tembakan voli kaki kirinya dari dalam kotak penalti ditepis dengan satu tangan oleh Mijatovic.

Kokorin juga menghadirkan ancaman ke gawang Montenegro pada menit ke-82. Setelah mengelabui dua pemain bertahan Montenegro, ia melepaskan tembakan kaki kanan ke pojok kiri gawang. Mijatovic sigap mengawal gawangnya. Keunggulan 2-0 Rusia bertahan hingga pertandigan usai.

Susunan Pemain:

Rusia (4-4-2): Igor Akinfeev; Oleg Kuzmin, Sergey Ignashevich, Alexei Berezutsky, Dmitry KOmbarov; Igor Denisov, Alan Dzagoev, Roman Shirokov, Oleg Shatov (Pavel Mamaev 69'); Aleksandr Kokorin, Artem Dzjuba.

Pelatih: Leonid Slutsky

Montenegro (4-5-1): Milan Mijatovic; Sasa Balic, Esteban Ariel Savelijch, Stefan Savic, Marko Simic; Vladimir Rodic (Adam Marusic 67'), Nikola Vukcevic, Stanisa Mandic, Mladen Kascelan, Nemanja Nikolic (Stefan Mugosa 46'); Fatos Beqiraj.

Pelatih: Branko Brnović

Wasit: Svein Oddvar Moen

Baca Juga:

Bungkam Azerbaijan, Italia Amankan Tiket ke Piala Eropa

Italia Berencana Memperpanjang Kontrak Antonio Conte

Darmian Girang Cetak Gol Perdana untuk Italia

Video Populer

Foto Populer