Sukses


Kalahkan Ukraina, Spanyol Tak Kebobolan Selama Setahun

Bola.com, Kiev - Spanyol berhasil menutup laga terakhir Kualifikasi Piala Eropa 2016 dengan kemenangan tipis 1-0 atas Ukraina di Stadion NSK Olimpijs'kyj, Selasa (13/10/2015) dini hari WIB. Gol semata wayang La Roja dicetak oleh Mario Gaspar pada menit ke-21.

Hasil ini membuat Spanyol keluar sebagai juara Grup C dengan koleksi 27 poin. Sedangkan Ukraina berada di peringkat ketiga dengan koleksi 19 poin, yang berarti harus menjalani babak play-off sebelum meraih tiket lolos ke Piala Eropa 2016.

Sepanjang 90 menit permainan berlangsung kedua kesebelasan bermain berimbang. Statistik yang dilansir ESPN menjelaskan, Spanyol dan Ukraina sama-sama meraih 50 persen dalam penguasaan bola.

Cesc Fabregas mendapatkan peluang pertama untuk mencetak gol pada menit ke-8. Menerima umpan dari Isco, Fabregas langsung menendang bola tapi masih meninggi.

Spanyol akhirnya berhasil unggul 1-0 pada menit ke-21. Berawal dari pergerakan Nolito, ia mengirimkan umpan kepada Thiago Alcantara yang langsung meneruskan bola ke kotak penalti dan kemudian disambut sundulan Mario Gaspar untuk memasukan bola ke gawang Ukraina.

Spanyol mendapatkan kesempatan menggandakan kedudukan pada menit ke-23 melalui tendangan penalti setelah Nolito dijatuhkan oleh Olexandr Kucher di kotak terlarang. Namun, Fabregas yang ditunjuk sebagai algojo gagal melakukan tugasnya dengan baik usai tendangannnya ditepis oleh Andriy Pyatov. Hingga babak pertama usai skor 1-0 untuk keunggulan Spanyol bertahan.

Memasuki babak kedua, Ukraina yang tertinggal 0-1 langsung mengambil inisiatif serangan. Tendangan Andriy Yarmolenko dari sisi kiri pertahanan Spanyol pada menit ke-52 masih membentur tiang gawang yang dikawal David de Gea.

Spanyol sukses mencetak gol ke gawang Ukraina pada menit ke-56. Sayang, gol Mikel San Jose dianulir wasit karena terlebih dahulu melakukan pelanggaran kepada Yarmolenko.

Isco hampir saja mencetak gol melalui tendangan bebas pada menit ke-81, andai sepakannya tidak melenceng tipis di samping gawang Ukraina. Namun, hingga laga usai skor 1-0 untuk kemenangan Spanyol bertahan.

Skor ini pun menegaskan ketangguhan lini belakang Spanyol. Spanyol tak pernah kebobolan dalam delapan laga terakhir Kualifikasi Piala Eropa 2016. Gawang Spanyol terakhir kali bobol pada babak kualifikasi terjadi saat kalah 1-2 dari Slovakia, 9 Oktober 2014.

Susunan pemain

Ukraina: 12-Andriy Pyatov; 17-Artem Fedetskiy, 5-Oleksandr Kucher, 20-Yaroslav Rakitskiy, 13-Vyacheslav Shevchuk; 14-Ruslan Rotan (Oleksandr Zinchenko 87'), 6-Taras Stepanenko; 7-Andriy Yarmolenko, 19-Denis Garmash (Serhiy Rybalka 58'), 10-Yevhen Konoplyanka; 22-Artem Kravets (Yevhen Seleznyov 87')

Pelatih: Mikhail Fomenko

Spanyol: 12-David de Gea; 17-Mario Gaspar, 15-Nacho Fernandez, 14-Xabier Etxeita, 2-Cesar Azpilicueta; 8-Thiago Alcantara, 6-Mikel San Jose, 10-Cesc Fabregas (Juan Mata 64'); 22-Isco, 9-Paco Alcacer (Sergio Busquets 85'), 19-Nolito (Jordi Alba 75')

Pelatih: Vicente del Bosque

Wasit: Milorad Mazic (Serbia)

Sumber: UEFA

Baca Juga:

Susunan Pemain Ukraina Vs Spanyol

Tundukkan Montenegro, Rusia Melenggang ke Piala Eropa 2016

"Diego Costa Hanya Belum Beruntung"

Video Populer

Foto Populer