Sukses


Tekuk Andorra, Wales Lengkapi Pesta Keberhasilan

Bola.com, Cardiff - Wales melengkapi keberhasilan mereka lolos ke putaran final Piala Eropa 2016 dengan memetik kemenangan 2-0 atas Andorra pada partai pamungkas Kualifikasi Grup B, di Millenium Stadium, Rabu (14/10/2015) dini hari WIB.

Wales menempati peringkat kedua klasemen akhir Grup B dengan perolehan poin 21 dari 10 pertandingan, atau kalah dua angka dari Belgia yang menempati peringkat pertama. Keberhasilan ini melengkapi pesta mereka yang untuk kali pertama tampil dalam turnamen kompetitif sejak 1958. 

Meski sudah lolos, pelatih Wales, Chris Coleman, tetap menurunkan skema terbaiknya pada pertandingan ini. Menggunakan skema 4-5-1, Wales bertumpu pada Sam Vokes untuk membongkar pertahanan Andorra.

Tim tamu juga tampil dengan formasi 4-5-1. Aaron Sanchez dipercaya sebagai penyerang tunggal di lini serang, didampingi Ivan Lorenzo sebagai penyerang lubang.

Wales mendominasi penuh jalannya pertandingan. Menurut catatan UEFA, sepanjang laga, mereka menguasai bola sebanyak 75 persen dan melepaskan 11 tembakan akurat dari 28 usaha, sementara Andorra hanya melepaskan satu tembakan tanpa satu pun tepat mengarah ke gawang. 

Ancaman perdana Wales hadir pada menit ke-16 melalui aksi Gareth Bale. Pemain asal Real Madrid itu melepaskan tembakan dari luar kotak penalti ke pojok kanan gawang. Namun, bola tendangan mantan pemain Tottenham Hoarytspur itu mampu dipatahkan kiper Ferran Poli.

Wales baru bisa memecah kebuntuan pada menit ke-51 melalui torehan Aaron Ramsey. Gol tersebut diciptakan Ramsey melalui tendangan akurat yang bolanya masuk ke sisi kiri gawang Andorra. 

Terus menekan, Bale sukses membuat pendukung tuan rumah bersorak setelah bola hasil tendangannya bersarang ke pojok kanan gawang tim tamu pada menit ke-86. Skor 2-0 untuk Wales bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. 

Susunan pemain:
Wales (4-4-2): 1-Wayne Hennessey; 2-Chris Gunter, 5-Ben Davies, 6-Ashley Williams, 18-James Chester, 9-Hal Robson-Kanu (17-David Edwards 23') 22-Tom Lawrence 46'), 10-Aaron Ramsey, 11-Gareth Bale, 13-Jonathan Williams (14-Simon Church 85), 20-David Vaughan, 15-Sam Vokes
Pelatih: Chris Coleman

Andorra (5-4-1): 13-Ferran Poli; 3-Moises San Nicolas, 4-Oscar Sonejee (18-Josep Ayala 70), 5-Max Gonzalez-Adrio Llovera, 6-Ildefons Sola Lima, 15-Adriano, 23-Jordi Rubio; 8-Marcio Vieira, 17-Victor Hugo Moreira (9-Gabi Riera 12), 19-Ivan Lorenzo (21-Marc Garcia 80); 10-Aaron Sanchez
Pelatih: Koldo Álvarez

Wasit: Kevin Blom (Belanda)

Sumber: UEFA

Saksikan live streaming pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Baca juga: 

Komentar Coleman Setelah Wales Cetak Sejarah di Eropa

Bale Tatap Sejarah bersama Wales

Wales Cetak Sejarah meski Ditekuk Bosnia

Video Populer

Foto Populer