Sukses


Cruyff: Sepak Bola Obat Mujarab untuk Hadapi Kanker

Bola.com, Amsterdam - Legenda Barcelona, Ajax Amsterdam  dan Timnas  Belanda, Johan Cruyff (68 tahun), menyebut sepak bola obat mujarab yang bisa membuatnya mengalihkan fokus dari  fokus dari penyakit kanker paru-paru yang dideritanya.

Cruyff memulai karier di dunia sepak bola sebagai pemain di tim junior Ajax pada 1957. Setelah gantung sepatu di Feyenoord pada 1984. Ia kemudian bekerja sebagai pelatih di Ajax, Barcelona, dan tim nasional Catalunya. Setelah melepas jabatan pelatih tim nasional Catalunya pada 2013, Cruyff bekerja sebagai koluminis di De Telegraaf. 

Pada 1991, Cruyff menjalani operasi jantung. Sebelumnya, ia merupakan perokok berat. Setelah operasi, ia mengubah kebiasaan merokok menjadi mengisap permen lollipop. 

Pada Oktober 2015, Cruyff didiagnosis menderita kanker pada paru-paru. 

Baca Juga

"Kami sedang dalam proses untuk berjuang melawan penyakit saya. Segala persiapan sudah dilakukan. Berpikir dan berbicara soal sepak bola memberikan saya kesenangan luar biasa. Kegiatan itu juga membuat pikiran saya tidak tertuju pada penyakit tersebut," ungkap Cruyff.

Pria berusia 68 tahun itu merupakan talenta terbaik yang pernah dimiliki Belanda. Semasa bermain, Cruyff sempat membawa Belanda menjadi runner-up Piala Dunia 1974, yang dimenangi Jerman Barat. Saat menjadi pelatih, Cruyff membawa Barcelona memenangi gelar La Liga empat kali beruntun dari 1990-1994.

"Staf medis yang memiliki kualitas top telah mempersiapkan segalanya dan sekarang kami akan memasuki fase baru," tambah Cruyff.

Saat kabar mengenai penyakit Cruyff tersebar, fans yang datang ke stadion di berbagai partai Eredivise memberikan standing ovation pada menit ke-14 (nomor yang identik dengan Cruyff). Saat Barcelona berhadapan dengan Eibar, Minggu (25/10/2015) waktu setempat, para pemain Barca mengenakan kaus berisi ucapan agar legenda Belanda itu cepat sembuh sebelum pertandingan dimulai.

Sumber: De Telegraaf

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini:

Video Populer

Foto Populer