Sukses


Singkirkan Norwegia, Penantian Panjang Hungaria Berakhir

Bola.com, Budapest - Hungaria lolos ke Piala Eropa 2016 setelah menyingkirkan Norwegia pada babak play-off dengan agregat 3-1. Pada leg kedua yang berlangsung di Groupama Arena, Budapest, Hungaria menang 2-1 atas Norwegia, Senin (16/11/2015) dini hari WIB.

Pada laga pertama di Oslo, Hungaria juga memetik kemenangan 1-0 melalui gol tunggal Lazslo Kleinheisler. Kepastian lolos ini sekaligus mengakhiri puasa Hungaria berlaga di turnamen bergengsi.

Hungaria terakhir kali tampil di ajang bergengsi pada Piala Dunia 1986. Khusus Piala Eropa, Hungaria sudah 10 kali absen secara beruntun sejak terakhir kali bermain di Piala Eropa 1972.

Mimpi untuk mengakhiri puasa itu semakin terbuka lebar saat pertandingan memasuki menit ke-14. Umpan lambung Tamas Kadar dimanfaatkan Tamas Priskin untuk menggetarkan jala Norwegia. Skor 1-0 untuk keunggulan Hungaria.

Norwegia yang tertinggal agregat dua gol mencoba melancarkan serangan ke daerah pertahanan Hungaria. Namun, lini belakang Hungaria bermain disiplin yang membuat Norwegia gagal memaksimalkan setiap kesempatan yang ada.

Setelah babak pertama berakhir, Norwegia mencoba mengubah komposisi pemain. Martin Odegaard dan Mohamed Elyounoussi ditarik keluar guna memberikan kesempatan Markus Pedersen dan Pal Andre Helland bermain.

Akan tetapi, Norwegia tetap tidak bisa mencari gol yang diinginkan. Malahan, Hungaria bisa menggandakan skor saat pertandingan menunjukkan menit ke-83.

Umpan sepak pojok Daniel Bode salah diantisipasi pemain Norwegia, Markus Henriksen. Bola malah masuk ke gawang sendiri tanpa bisa diantisipasi kiper Orjan Nyland. Hungaria semakin menjauh dengan keunggulan agregat 3-0 atas tim tamu.

Dengan waktu tersisa hanya beberapa menit, Norwegia hanya mampu memperkecil skor menjadi 1-2 melalui Henriksen. Henriksen membayar kesalahan gol bunuh dirinya dengan menceploskan bola usai meneruskan bola muntah hasil tendangan Jo Inge Berget.

Namun, Hungaria tetap memastikan kemenangan 2-1 sekaligus unggul agregat 3-1 atas Norwegia. Hungaria tercatat menjadi tim ke-21 yang lolos ke Piala Eropa 2016 di Prancis.

Susunan pemain
Hungaria: 1-Gabor Kiraly; 5-Attila Fiola, 20-Richard Guzmics, 2-Adam Lang, 4-Tamas Kadar; 8-Adam Nagy; 7-Balasz Dzsudzsak, 6-Kos Elek 16-Adam Pinter 46'), 15-Lazslo Kleinheisler (11-Krisztian Nemeth 75'), 14-Gergo Lovrencsics; 19-Tamas Priskin (13-Daniel Bode 62')
Pelatih: Bernd Storck

Norwegia: 12-Orjan Nyland; 14-Omar Elabdellaoui, 3-Even Hovland, 21-Vegard Forren, 16-Haitam Aleesami; 5-Alexander Tettey, 8-Stefan Johansen; 15-Per-Ciljan Skjelbred (19-Jo Inge Berget 80'), 11-Martin Odegaard (23-Pal Ander Helland 46'), 10-Markus Henriksen; 13-Mohamed Elyounoussi (7-Markus Pedersen 46')
Pelatih: Per-Methias Hogmo

Wasit: Carlos Velasco Carballo (Spanyol

Video Populer

Foto Populer