Sukses


5 Pemain Top yang Absen di Piala Eropa 2016

Bola.com - Sebanyak 24 tim sudah memastikan satu tempat di putaran final Piala Eropa 2016. Namun, beberapa pemain top Eropa harus absen karena negaranya tidak lolos pada fase kualifikasi. 

Negara-negara yang memiliki pemain top, namun gagal meraih tiket ke putaran final Piala Eropa 2016, antara lain Belanda, Bosnia-Herzegovina, Slovenia, serta Denmark. Belanda, sang peraih juara Piala Eropa 1988, memupus harapan tampil karena finis peringkat empat Grup A.

Sementara itu, Bosnia kalah agregat 1-3 dari Republik Irlandia pada babak playoff, sedangkan Slovenia takluk 1-3 dari Ukraina, dan Denmark menyerah 3-4 dari Swedia.

Absennya keempat negara tersebut membuat sejumlah pemain bintang di liga-liga top Eropa tidak bisa unjuk gigi dalam turnamen yang bakal berlangsung pada 10 Juni hingga 10 Juli tersebut. Siapa saja mereka? Berikut ini ulasannya:

1. Samir Handanovic


Handanovic merupakan salah satu kiper terbaik di Eropa. Dia pun mampu menjadi andalan Inter Milan di bawah mistar gawang sejak 4 Juli 2012. Pada musim ini, pemain 31 tahun tersebut berhasil menorehkan 10 clean sheets dari 15 pertandingan di Serie A.

Sayang, Handanovic gagal membawa Slovenia lolos ke putaran final Piala Eropa 2016. Sepanjang kualifikasi Grup E, gawang Slovenia yang dikawal Handanovic telah kebobolan 11 gol dan akhirnya bercokol di peringkat tiga. Pada playoff, Slovenia kalah 1-3 dari Ukraina.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

1.

2. Memphis Depay
Winger 21 tahun ini tampil kurang meyakinkan pada musim 2015-2016. Dia baru mencetak lima gol dan empat assist dari 21 pertandingan di seluruh ajang kompetisi bersama Manchester United (MU). Padahal, pada musim 2014-15, penampilan Depay cukup impresif bersama PSV Eindhoven dengan raihan 28 gol dan delapan assist dari total 40 laga. 

Tak hanya bersama MU, Depay juga gagal berkontribusi buat timnas Belanda pada fase grup kualifikasi Piala Eropa 2016. Ia gagal mencetak satu gol pun dari total delapan pertandingan bersama skuat Die Oranje. 

3. Edin Dzeko

Edin Dzeko (Reuters/Max Rossi)
Sejak hijrah ke AS Roma pada bursa transfer musim panas 2015, Dzeko adalah salah satu sosok andalan di lini depan skuat Srigala Roma. Sejauh ini, dia telah mencetak lima gol dan dua assist dari 1.370 menit penampilan di Olimpico. 

Selain di Roma, Dzeko juga menjadi andalan timnas Bosnia-Herzegovina. Eks penyerang Manchester City ini telah mengoleksi 45 gol dari 76 pertandingan bersama Bosnia. Akan tetapi, kontribusi Edin Dzeko gagal membawa Bosnia lolos ke putaran final Piala Eropa 2016.

Negara pecahan Yugoslavia itu finis di peringkat tiga Grup B kualifikasi Piala Eropa dengan nilai 17. Pada playoff, Bosnia kalah agregat 1-3 dari Republik Irlandia. Satu-satunya gol Bosnia dicetak Edin Dzeko pada leg pertama yang berlangsung di Bilino Polje Stadium, 13 November 2015.

3 dari 3 halaman

2.

4. Robin van Persie

Van Persie adalah salah pilar penting di lini depan timnas Belanda. Pada babak kualifikasi Grup A Piala Eropa 2016, penyerang Fenerbahce itu mencetak tiga gol dari sembilan penampilan. Namun, sumbangan gol RvP masih belum cukup membawa Belanda lolos ke Piala Eropa.

Skuat Oranje terdampar di peringkat empat klasemen akhir Grup A dengan nilai 13. Mereka tertinggal lima poin dari Turki yang lolos ke putaran final sebagai peringkat tiga terbaik.

Bagi Van Persie, absen di Piala Eropa tahun depan cukup disayangkan. Sebab dengan usia yang telah memasuki 32 tahun, Piala Eropa 2016 Prancis ditengarai bakal menjadi turnamen internasional besar terakhir yang diikuti mantan penyerang Manchester United tersebut. 

5. Arjen Robben

Musim 2015-16 bisa dibilang menjadi musim yang buruk Robben. Maklum, gelandang sayap berusia 31 tahun itu lebih banyak berkutat di ruang perawatan karena beberapa kali mengalami cedera parah. Hingga saat ini, dia baru mencetak lima gol dan dua assist dari total 12 laga bersama Bayern Munchen. 

Masalah cedera pun membuat Robben kehilangan beberapa kesempatan penting membela Belanda. Sepanjang babak kualifikasi, mantan pemain Chelsea dan Real Madrid itu hanya tampil dalam empat pertandingan. 

Selain nama-nama di atas, pemain top lainnya yang tidak bisa tampil di Piala Eropa 2016, antara lain Branislav Ivanovic (Serbia), Christian Eriksen (Denmark), Wesley Sneijder (Belanda), Nemanja Matic (Serbia), Miralem Pjanic (Bosnia-Herzegovina), dan Nicklas Bendtner (Denmark).

Sumber: Footy Jokes, Transfermarkt

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer