Sukses


Profil: Barcelona, Rekor Sempurna di Piala Dunia Antarklub

Bola.com, Barcelona - Barcelona merupakan salah satu klub yang paling tersohor baik di Eropa maupun dunia. Sejak berdiri tahun 1899, El Barca sudah mengoleksi 23 gelar La Liga.

Piala Dunia Antarklub 2015 menjadi edisi ketiga yang diikuti Barcelona. Klub asuhan Luis Enrique itu diundang ke Jepang sebagai perwakilan dari Eropa setelah meraih gelar Liga Champions 2014-15.

Pada dua edisi sebelumnya, Barcelona sukses meraih gelar bergengsi tersebut. Hal itu dicapai pada tahun 2009 dan 2011.

Pada tahun 2009, Barcelona terlebih dahulu menyingkirkan klub asal Meksiko, Atlane Futbol Club dengan skor 3-1. Sempat tertinggal melalui gol Guillermo Rojas pada menit kelima, Barcelona akhirnya bangkit dengan mencetak tiga gol melalui Sergio Busquets (35'), Lionel Messi (55'), dan Pedro Rodriguez (67').

Barcelona menantang wakil Amerika Latin yakni Estudiantes de La Plata di partai puncak. Bermain di Stadion Syekh Zayed, Abu Dhabi, Baercelona dipaksa bermain hingga perpanjangan waktu.

Gawang Barcelona kebobolan lebih dahulu melalui gol Mauro Bosellini pada menit ke-37. Beruntung di menit-menit akhir pertandingan, Pedro Rodriguez menyamakan kedudukan.

Blaugrana akhirnya meraih gelar Piala Dunia Antarklub 2009 setelah Lionel Messi mencetak gol pada menit ke-110. Gelar tersebut menjadi yang perdana diraih Barcelona.

Dua tahun berselang, Barcelona kembali turut andil dalam turnamen tersebut. Barcelona memulai kiprahnya di babak semifinal bertemu dengan klub Qatar, Al Sadd.

Barcelona berhasil melaju ke final setelah mengalahkan Al Sadd dengan skor 4-0. Dua gol Adriano (25',43'), dan satu gol yang masing-masing dicetak oleh Seydou Keita (64'), dan Maxwell (81') membuat Barcelona memenangi laga tersebut.

Di partai puncak, Barcelona berjumpa wakil Amerika Latin, Santos. Tanpa halangan, Barcelona berhasil meraih kemenangan 4-0 berkat gol Lionel Messi (17', 82'), Xavi Hernandez (24'), dan Cesc Fabregas (45').

Pada edisi kali ini, Barcelona berjumpa Guangzhou Evergrande di babak semifinal yang akan berlangsung Kamis (17/12/2015) petang WIB. Andai meraih kemenangan, maka pasukan Luis Enrique akan berjumpa River Plate di partai puncak yang bakal berlangsung 20 Desember 2015 di Yokohama International Stadium.

Profil singkat Barcelona

Nama lengkap: Futbol Club Barcelona
Berdiri: 29 November 1899
Pelatih: Luis Enrique
Prestasi bergengsi:
- 23 kali juara La Liga Spanyol
- 5 kali juara Liga Champions
- 2 kali juara Piala Dunia Antarklub

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer