Sukses


Bayern Bakal Sukses Tanpa Guardiola si Pecandu Taktik

Bola.com, Munchen - Mantan pelatih Bayern Munchen, Ottmar Hitzfeld, mengkritik gaya kepelatihan Pep Guardiola bersama The Bavarians. Hitzfeld menyebut Guardiola hanya fokus pada taktik bertanding tanpa memikirkan pendekatan kepada pemain.

Guardiola memutuskan untuk tak memperpanjang kontraknya bersama Die Bayern pada Minggu (20/12/2015). Namun, hingga kini belum diketahui ke mana pelatih asal Spanyol itu akan melanjutkan kariernya pada musim depan.

Beberapa media Inggris mengabarkan Guardiola akan melatih Manchester City atau Manchester United. Bahkan menurut Daily Star, City disebut-sebut siap menjadikan Guardiola sebagai pelatih dengan bayaran tertinggi di dunia.

Bagi Hitzfeld, Bayern tidak akan terlalu dirugikan dengan kepergian Guardiola. Pria yang melatih Bayern selama dua periode (1998-2004 dan 2007-2008) ini menilai Guardiola tidak lebih baik ketimbang pelatih Bayern sebelumnya, Jupp Heynckes.

"Guardiola hanya fokus pada taktik. Dia seorang pecandu taktik yang bertugas hanya pada hari pertandingan. Tetapi, hubungan interpersonal dengan tim dia tidak fokus," kata Guardiola.

"Dia hampir sama sekali tidak membuat pertemuan tim. Dia telah menyegel dirinya, bahkan dari para media. Poinnya, Jupp Heynckes lebih sukses dari Guardiola. Tetapi, Guardiola masih bisa mengubah itu karena dia bisa memenangkan tiga gelar seperti yang Heynckes lakukan," tuturnya.

Guardiola berhasil mempersembahkan dua trofi Bundesliga, satu DFB-Pokal, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub selama tiga musim mengasuh Bayern Munchen. Sedangkan Heynckes berhasil meraih tiga gelar Bundesliga, Piala Super Jerman, satu Liga Champions dan satu DFB-Pokal bersama Die Roten.

Sumber: Soccerway

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer