Sukses


12 Fakta Menarik Jelang Laga Seru Paris Saint-Germain vs Chelsea

Bola.com, Paris - Paris Saint-Germain akan menjamu Chelsea di Parc des Princes dalam leg pertama 16 besar Liga Champions, Rabu (17/2/2016) dini hari WIB. Meski memiliki catatan bagus saat bermain di kandang sendiri, PSG tak begitu saja mudah mengalahkan Chelsea.

Bagi Les Parisiens dan The Blues, ini adalah untuk ketiga kalinya secara beruntun bentrok pada fase knock-out Liga Champions. Kedua klub pun meraih hasil yang terbilang seimbang dalam dua musim terakhir.

Pada musim 2013-2014, Chelsea berhasil menyingkirkan Paris Saint-Germain di perempat final dengan keunggulan produktifitas gol tandang (agregat 3-3). Sementara itu, pada musim 2014-2015 giliran PSG yang mendepak skuat London Biru dari 16 besar, juga dengan keunggulan gol tandang (agregat 3-3).

Pada musim ini, PSG yang lebih dulu menjamu Chelsea diunggulkan meraih kemenangan. Apalagi, mereka hanya menelan satu kekalahan dari 37 laga kandang terakhir di kompetisi Eropa. Selain itu, dari 23 pertandingan terakhir di seluruh ajang kompetisi, PSG mampu memetik 21 kemenangan, dua hasil imbang, dan belum pernah kalah.

Namun begitu, Chelsea bukan lawan yang mudah untuk dikalahkan. Tim London Biru berhasil meraih dua kemenangan, tiga hasil imbang, dan hanya sekali kalah dari PSG. Chelsea juga belum terkalahkan dari 12 pertandingan terakhir di seluruh ajang, dengan rincian enam kemenangan dan enam hasil imbang.

Berikut ini fakta menarik jelang duel Paris Saint-Germain kontra Chelsea:
1. Paris Saint-Germain berhasil menembus 16 besar Liga Champions musim ini dengan status runner-up Grup A di belakang Real Madrid. Bagi PSG, itu adalah untuk keempat kalinya secara beruntun lolos ke fase knock-out. Namun dalam tiga musim terakhir, langkah mereka terhenti pada perempat final.

2. Chelsea melenggang ke fase 16 besar dengan status juara Grup G di atas Dynamo Kiev. Bagi The Blues, itu adalah untuk ke-12 kalinya lolos babak knock-out dalam 13 musim terakhir.

3. PSG hanya meraih satu kemenangan dari enam pertemuan terakhir kontra Chelsea di ajang Liga Champions. Satu-satunya kemenangan tersebut terjadi ketika menjamu The Blues di Parc des Princes, April 2014 (menang 3-1). Sementara itu, tiga laga lainnya berakhir imbang dan menelan dua kekalahan.

4. PSG hanya menelan satu kekalahan dari 37 laga kandang di kompetisi Eropa (24 menang; 12 imbang). Satu-satunya kekalahan itu terjadi saat takluk 1-3 dari Barcelona pada April 2015.

5. Paris Saint-Germain tidak pernah meraih kemenangan dalam lima laga terakhir babak knock-out Liga Champions (2 imbang; 3 kalah).

6. Sementara itu, empat dari lima pertandingan terakhir Chelsea pada fase knock-out Liga Champions berakhir dengan imbang, dan satu laga sisa menelan kekalahan.

7. PSG bersama Juventus dan Real Madrid adalah klub yang belum kebobolan saat bermain di kandang sendiri dalam ajang Liga Champions musim ini.

8. Satu-satunya kemenangan Chelsea saat bertandang ke markas klub Prancis di Liga Champions terjadi pada September 2004. Saat itu, mereka membungkam PSG di Parc des Princes dengan skor 3-0. Selain itu, Chelsea juga meraih dua hasil imbang dan menelan empat kekalahan.

9. 54 persen gol Chelsea tercipta dari situasi bola mati (7 dari 13 kesempatan). Itu adalah rasio tertinggi dibandingkan 16 klub lainnya yang lolos ke 16 besar Liga Champions musim ini.

10. Zlatan Ibrahimovic telah mencetak tujuh gol dari 36 penampilan pada fase knock-out Liga Champions. Pada babak grup, Ibra mencetak 38 gol dari 79 laga.

11. Diego Costa hanya mencetak satu gol dari 14 pertandingan terakhir di Liga Champions. Satu-satunya gol tersebut terjadi saat menghadapi Maccabi Tel Aviv, September 2015.

12. Ada delapan gol yang tercipta dari tendangan bebas di Liga Champions musim ini, empat di antaranya dicetak oleh gelandang Chelsea, Diego Costa.

Sumber: FourFourTwo

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

 

Video Populer

Foto Populer