Sukses


Preview Napoli vs AC Milan: Nafsu Higuain, Sinyal Bahaya Honda

Bola.com, Naples - Gonzalo Higuain sudah mencetak 26 gol di semua ajang musim ini. Sayang, dalam dua partai terakhir, ketajamannya menguap begitu saja. Hal berbeda diraskaan Keisuke Honda. Pemaini asal jepang ini sedang menanjak setelah nyaman dengan peran baru.

Dua sosok tersebut bakal menjadi magnet saat Napoli bersua AC Milan pada lanjutan Serie A 2015-2016, di Stadion San Paolo, Selasa (23/2/2016) dini hari WIB. Partai ini juga yang memberi medium bagi Higuain untuk mencari jawaban, plus pembuktian sinyal bahaya Honda yang merasa nyaman dengan peran anyar.

Selain itu, kemenangan sangat berarti bagi kedua tim untuk terus berusaha menapak ke posisi yang lebih baik di klasemen sementara. Napoli misalnya, tiga angka dari sang tamu akan memastikan posisi puncak akan mereka rebut lagi. Sedangkan poin penuh bagi AC Milan, bakal memberi kelonggaran untuk melaju ke empat besar.

"Saya sudah melupakan hasil buruk kami di markas Juventus pekan lalu, dan hasil kurang beruntung ketika bertemu Villarreal. Sekarang, kami akan fokus pada partai penting kontra AC Milan, karena inilah kans kami untuk kembali ke puncak," tutur Maurizio Sarri, Pelatih Napoli, di Calciomercato.it, Minggu (21/2/2016).

Ucapan sang allenatore menjadi tanda utama kalau Napoli tak ingin mengulangi kesalahan saat takluk di tangan Juventus (0-1), seminggu lalu. Hasil evaluasi terakhir, penyelesaian di depan gawang menjadi sesuatu yang tak muncul, setidaknya kala tandang ke Juventus Stadium.

Itu pula yang menjadi pekerjaan berat bagi Gonzalo Higuian, Jose Callejon ataupun Marek Hamsik. "Kami harus tenang, karena tiga angka dari AC Milan bukan hal mustahil. Lawan memang sedang menanjak, tapi kami juga tak ingin terus terpuruk," janji Higuain.

Napoli vs AC Milan (Bola.com/Samsul Hadi)

Higuain tampil menurun dalam dua partai terakhir, meski saat kontra Villarreal ia masuk dari bangku cadangan. Total 24 gol di Serie A menjadi bukti agresivitas tinggi striker berkebangsaan Argentina tersebut. Sayang, penyelesaian akhir yang kurang sempurna, menjadi catatan negatif dalam dua partai terakhir.

Pelatih Sarri sudah mengetahui titik lemah Higuain, yang pergerakannya sudah mulai terbaca kubu lawan. Apalagi lini belakang AC Milan juga sedang bagus. Duo bek tengah, Alessio Romagnoli dan Alex menjadi penjaga ideal untuk kiper muda yang sedang menimba pengalaman, Gianluigi Donnarumma.

Konsistensi duet tersebut, meski ada Cristián Zapata ataupun Stefan Simić, menjadi ujian berat bagi Higuain. Utak-atik di lini tengah-pun menjadi satu di antara kunci sukses. Tugas tak mudah itulah yang harus dijalani Marek Hamsik, Jose Callejon, Allan, Lorenzo Insigne dan pemain yang kembali merumput, Jorginho.

Komposisi sederet pemain itulah yang membuat penampilan Higuain sangat tajam musim ini. Catatan Tuttosport.it, meski menggunakan pola 4-3-3, titik utama bola tertuju pada striker berusia 28 tahun tersebut. Higuain-pun mendapatkan beban berat, karena Napoli hanya mampu mengemas satu gol dalam tiga laga kompetitif terakhir. Satu gol tersebut bersarang ke jala Carpi, saat mereka unggul 1-0, Minggu (7/2/2016).

Spirit tinggi Higuain dkk akan bertemu dengan konsistensi AC Milan. Lawan mampu menunjukkan ketenangan, sehingga mampu merangsek ke papan atas. Mereka hanya sekali kalah dalam 12 partai terakhir di Serie A, dan hadiahnya adalah posisi ke-6. Kondisi tersebut hanya berselisih lima poin dari Inter Milan yang berada di batas akhir syarat menuju Liga Champions musim depan.

Line Up Napoli vs AC Milan (bola.com/Rudi Riana)

Gelandang Keisuke Honda menjadi satu di antara pemain yang sedang tampil oke. Pekan lalu, ia menjadi penentu bagi timnya saat menang atas Genoa di San Siro. Golnya pada menit ke-63 menjadi yang kedua bagi I Rossoneri, setelah Carlos Bacca merobek jala lawan (5').

Pada pertandingan tersebut, Honda memiliki kebebasan bergerak, dan menjadi pelayan bagi duo Carlos Bacca dan M'Baye Niang. Trio ini juga yang sepertinya bakal menjadi andalan Pelatih Sinisa Mihajlovic, saat berkunjung ke kota Naples, dini hari nanti.

Kemampuan kreasi Honda menjadi lebih liar ketika dalam formas 4-4-2, posisi gelandang berusia 29 tahun tersebut murni sebagai penyokong para penyerang. Miha mengakui, komposisi saat bersua Genoa, termasuk posisi Honda, menjadi ideal.

"Kami mampu menguasai pertandingan, meski kendala utama ada di lini belakang, yang membuat kami harus kebobolan di menit-menit akhir. Bersua Napoli, kami tak boleh melakukan kesalahan lagi," tutur Miha.

Luapan motivasi juga menjadi senjata tersembunyi dari kubu AC Milan. Ambisi mereka adalah membalas rasa malu yang pernah ditorehkan Napoli pada pertemuan pertama. Saat itu, pada Oktober 2015, mereka tenggelam di tangan Napoli dengan skor 0-4. Musim lalu, mereka juga terkapar saat bermain di San Paolo.

Dua hasil terakhir pertemuan mereka, membuat AC Milan berada di sisi minoritas. Tim berjuluk Il Diavolo Rosso tersebut hanya sekali menang dalam sembilan pertemuan terakhir, lima di antaranya berujung kekalahan.

Tak hanya itu, sepanjang karier, Sinisa Mihajlovic tak pernah menaklukkan Napoli dalam laga kompetitif. Hasil terbaik Miha adalah lima seri dari 10 pertemuan. Kali terakhir AC Milan bisa menaklukkan Napoli di ajang Serie A terjadi pada Oktober 2010 (2-1). Catatan itu menjadi satu-satunya kesuksesan dalam rentang 18 tahun terakhir.

Catatan sejarah total pertemuan kedua tim raksasa tersebut di Napoli sebenarnya tergolong seimbang. Pada 77 perjumpaan, Napoli menuai 29 kemenangan, 21 seri dan 27 kekalahan. Tuan rumah sukses mengemas 90 gol, sedangkan sang tamu mengoleksi 91 gol.

Head to Head
4/10/2015 AC Milan 0-4 Napoli (Serie A)
3/5/2015 Napoli 3-0 AC Milan (Serie A)
14/12/2014 AC Milan 2-0 Napoli (Serie A)
8/2/2014 Napoli 3-1 AC Milan (Serie A)
22/9/2013 AC Milan 1-2 Napoli (Serie A)
14/4/2013 AC Milan 1-1 Napoli (Serie A)

5 Partai Terakhir Napoli
31/1/2016 Napoli 5-1 Empoli (Serie A)
4/2/2016 Lazio 0-2 Napoli (Serie A)
7/2/2016 Napoli 1-0 Carpi (Serie A)
14/2/2016 Juventus 1-0 Napoli (Serie A)
19/2/2016 Villarreal 1-0 Napoli (Liga Europa)

5 Partai Terakhir AC Milan
27/1/2016 Alessandria 0-1 AC Milan (Coppa Italia)
1/2/2016 AC Milan 3-0 Inter Milan (Serie A)
4/2/2016 Palermo 0-2 AC Milan (Serie A)
7/2/2016 AC Milan 1-1 Udinese (Serie A)
14/2/2016 AC Milan 2-1 Genoa (Serie A)

Prediksi bola.com:
60 : 40

Sumber: Football Italia, Calciomercato.com

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer