Sukses


Prediksi AS Roma vs Fiorentina: Panggung El Shaarawy-Salah

Bola.com, Roma - Pekan lalu, AS Roma dan Fiorentina mendapat hasil berbeda. Modal itu pula yang membuat bentrok kedua tim di Stadion Olimpico, Sabtu (5/3/2016) dini hari WIB, bakal berjalan seru. Tiga angka pada giornata ke-28 tersebut siap membawa mereka ke zona Liga Champions.

Pada giornata 27, AS Roma menuai hasil gemilang kala Empoli dengan skor 3-1 di markas lawan. Penampilan apik mereka meneruskan aksi impresif sepekan sebelumnya kala berpesta lima gol tanpa balas ke gawang Palermo.

Pada pertandingan kontra Empoli, sosok Stephan El Shaarawy menuai perhatian publik. Pemain yang datang pada bursa transfer musim dingin ini mampu menunjukkan permainan konsisten dengan mencetak dua gol. Sepasang gol tersebut datang pada menit ke-5 dan 74'.

Dua gol tersebut membuat koleksi eks AC Milan ini sudah ada di angka 4 gol. Keputusan El Shaarawy untuk kembali ke Italia, setelah sebelumnya sempat berkostum AS Monaco, terbukti benar.

Penggawa timnas Italia ini mampu memberi kontribusi positif pada lima penampilan bersama AS Roma. Pada rentang 391 menit, empat gol sudah berhasil disumbang. Secara matematika, El Shaarawy mampu merobek jala lawan setiap 98 menit.

Statistik tersebut lebih bagus ketimbang saat berkostum AC Milan musim lalu, ataupun AS Monaco. Bersua Fiorentina, kubu AS Roma mengaku berharap pada ketajaman El Shaarawy. Uniknya, kemampuan maksimal pemuda berusia 23 tahun tersebut bisa keluar, padahal lenih sering ditampilkan Pelatih Il Lupi, Luciano Spalletti, sebagai sayap kiri.

"Dia memiliki imajinasi yang sangat liar, dan pergerakannya sangat eksplosif. Dia tepat di sana, dan saya pikir rekan-rekannya juga punya sumbangsih besar untuk penampilan hebat El Shaarawy dalam lima partai terakhir bersama AS Roma," ucap Spalletti, di Calciomercato.it, Jumat (3/3/2016).

Satu yang dianggap menjadi 'pendamping' bagus El Shaarawy adalah gelandang Mohamed Salah. Eks pemain Chelsea dan Fiorentina ini berhasil menunjukkan kemampuan adaptasi bagus, terutama dengan pemain anyar seperti El Shaarawy.

Terbukti, selain kreasi membuka celah bagi teman, dia bisa mengeksekusi setiap peluang yang hadir di depan matanya. Pemain berkebangsaan Mesir ini punya daya jelajah tinggi, yang membuat pergerakan El Shaarawy selalu bisa mendapatkan ruang.

Beberapa waktu lalu Salah mengakui, keberadaan El Shaarawy di timnya memberi banyak kesempatan untuk mengeksploitasi lini pertahanan lawan. "Dia bisa memberikan ruang, juga menempatkan diri dengan bagus. Jika dia tak cedera, tentu saja kekuatan kami akan luar biasa sepanjang musim ini," sebutnya.

Pelatih AS Roma, Luciano Spalletti mengakui keberadaan Salah-El Shaarawy membuka 'cakrawala' kombinasi agresivitas tinggi. Dia berharap, saat bersua Fiorentina, pengetahuan Salah tentang Fiorentina bisa membantu. Sementara El Shaarawy konsisten untuk mendobrak pergerakan dari sisi kiri, ataupun berkolaborasi bebas dengan Miralem Pjanic.

"Kami harus tampil tanpa penyerang murni, dan itu membuat tim wajib bekerja keras untuk saling membuka ruang dan menjaga jarak antar-pemain tengah. Fiorentina tim ulet, dan mereka menunjukkan mampu bertahan di papan atas hingga dua pertiga kompetisi," tegas Spalletti.

Ucapan sang allenatore merujuk pada perburuan zona Liga Champions. Saat ini, dua tim memang memiliki poin yang sama di klasemen sementara, yakni 53 angka. Tak pelak, siapapun pemenang dari partai ini, akan berstatus peringkat tiga dengan selisih poin tiga.

Pelatih Fiorentina, Paulo Sousa mengaku anak asuhnya sudah melupakan kegagalan melewati adangan Tottenham Hotspur di ajang Liga Europa. Sayang, hasil imbang di rumah sendiri saat menjamu Napoli, membuat ritme tim sedikit berbeda.

"Motivasi tim sempat menurun, tapi kami sudah bersiap untuk tancap gas lagi. Kesempatan untuk melaju ke Liga Champions terbuka lebar, dan itu hanya bisa kami raih dengan konsistensi untuk meraup angka pada 11 laga terakhir," tegas Sousa.

Komentar eks gelandang Juventus tersebut memberi spirit bagi armadanya untuk membalas kekalahan 1-2 saat pertemuan pertama kontra AS Roma, pada Oktober tahun lalu. Jika AS Roma punya Mohamed Salah dan Stephan El Shaarawy, tim tamu sudah bersiap dengan trisula Federico Bernardeschi, Cristian Tello dan target man, Nikola Kalinic.

Produktivitas ketiganya memang tak terlalu tinggi, tapi punya potensi tinggi untuk menekan lini pertahanan AS Roma. Tello semakin berkembang, Kalinic kadang mengejutkan, dan Federico Bernardeschi sudah tercatat sebagai bintang baru di Serie A.

"Saya senang dengan karakter para pemain mudaku, dan itu sangat penting ketika kami melawat ke markas AS Roma. Ini pertandingan sulit, tapi menarik. Kami harus memanfaatkan sekecil apapun kesempatan untuk membawa pulang tiga angka," beber Sousa.

Prakiraan pemain
AS Roma (4-3-3): Szczesny; Florenzi, Rudigar, Manolas, Digne; Nainggolan, Keita; El Shaarawy, Salah, Pjanic; Perotti

Fiorentina (4-2-3-1): Tatarusanu; Roncaglia, Rodriguez, Astori, Alonso; Badelj, Vecino; Tello, Borja Valero, Bernardeschi; Kalinic

Head to Head
25/10/2015 Fiorentina 1-2 AS Roma (Serie A)
19/3/2015 AS Roma 0-3 Fiorentina (Liga Europa)
12/3/2015 Fiorentina 1-1 AS Roma (Liga Europa)
3/2/2015 AS Roma 0-2 Fiorentina (Coppa Italia)
25/1/2015 Fiorentina 1-1 AS Roma (Serie A)
30/8/2014 AS Roma 2-0 Fiorentina (Serie A)

5 Partai Terakhir AS Roma
8/2/2016 AS Roma 2-1 Sampdoria (Serie A)
13/2/2016 Carpi 1-3 AS Roma (Serie A)
18/2/2016 AS Roma 0-2 Real Madrid (Liga Champions)
22/2/2016 AS Roma 5-0 Palermo (Serie A)
28/2/2016 Empoli 1-3 AS Roma (Serie A)

5 Partai Terakhir Fiorentina
15/2/2016 Fiorentina 2-1 Inter Milan (Serie A)
19/2/2016 Fiorentina 1-1 Tottenham (Liga Europa)
21/2/2016 Atalanta 2-3 Fiorentina (Serie A)
26/2/2016 Tottenham 3-0 Fiorentina (Liga Europa)
1/3/2016 Fiorentina 1-1 Napoli (Serie A)

Prediksi bola.com:
AS Roma 60 : 40 Fiorentina

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer