Sukses


Banding Ditolak, Platini Akan Mundur Sebagai Presiden UEFA

Bola.com - Presiden non-aktif UEFA, Michel Platini, mengaku akan mundur dari jabatannya saat ini menyusul ditolaknya banding yang diajukan ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Platini dan mantan Presiden FIFA, Sepp Blatter, ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi. Mereka diduga menerima dana sebesar 1,3 juta poundsterling (Rp 24,97 miliar) kala masih saling bekerja sama di FIFA pada 2011.

Ketika itu, Platini disinyalir menerima dana hibah tersebut saat menjabat sebagai penasihat Blatter pada periode 1999 hingga 2002. Alhasil, mereka dijatuhi larangan beraktifitas dalam dunia sepak bola selama delapan tahun.

Merasa tidak terima, Platini lantas mengajukan banding pada 24 Februari 2016. Namun, upaya itu ternyata ditolak. Akan tetapi, Komite Etik FIFA memutuskan mengurangi masa hukuman Platini dan Blatter menjadi enam tahun.

Namun, hasil banding kedua yang dihelat pada Senin (9/5/2016) waktu setempat, memutuskan jika masa hukuman Platini kembali dikurangi menjadi empat tahun. Hal itu dilakukan atas alasan pertimbangan masa bakti Platini.

"Saya mengundurkan diri sebagai Presiden UEFA, untuk mengejar pertempuran di depan pengadilan Swiss. Saya ingin membuktikan bahwa saya tidak bersalah dalam kasus ini," kata Platini.

Sementara itu, CAS merespons pernyataan Platini tersebut dengan menyebut sikap pria Prancis itu tidak etis dan loyal. CAS menuding jika mantan pemain Juventus itu telah melanggar kode etik FIFA.

Sementara itu, UEFA akan kembali mendiskusikan kasus ini pada 18 Mei 2016.

Sumber: BBC

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini:

Video Populer

Foto Populer