Sukses


Copa America Terapkan Aturan Baru dalam Sepak Bola

Bola.com, Jakarta - Copa America 2016 resmi dimulai pada Sabtu (4/6/2016). Turnamen bergengsi di benua Amerika itu ternyata menerapkan aturan baru dalam dunia sepak bola.

Turnamen yang diadakan untuk memperingati 100 tahun digelarnya Copa America dibuka dengan duel Amerika Serikat melawan Kolombia. Pada laga tersebut, AS yang bertindak sebagai tuan rumah harus mengakui keunggulan Kolombia dengan skor 0-2.

Gol kemenangan Kolombia dicetak oleh Cristian Zapata pada menit kedelapan dan James Rodriguez pada menit ke-42. Ajang ini juga menjadi yang pertama melakukan perubahan dalam aturan pertandingan sepak bola.

Badan kepengurusan yang Menentukan Aturan Permainan Sepak Bola (IFAB) menyebut setidaknya ada dua perubahan yang dilakukan di Copa America 2016. Pertama, kedua tim diperbolehkan melakukan pergantian pemain keempat pada perpanjangan waktu.

Hal itu hanya akan terjadi pada laga final. Sama seperti turnamen tahun lalu, semua babak pada sistem gugur langsung menuju drama adu penalti jika pertandingan berakhir imbang selama 90 menit.

Kedua, adanya perubahan pada hukuman akumulasi kartu kuning. Biasanya jika seorang pemain menerima kartu kuning dalam dua pertandingan selama fase grup dan perempat final, pemain tersebut absen untuk laga semifinal. Namun, akumulasi kartu akan kembali di atur ulang untuk babak semifinal dan final.

"Sepak bola telah melalui beberapa perubahan sepanjang sejarang dan edisi turnamen tak ada yang berbeda. Oleh sebab itu, IFAB merevisi dan menerapkan beberapa ketentuan baru dalam peraturan turnamen resmi untuk Copa America Centenario," bunyi keterangan resmi dari penyelenggara.

Copa America 2016 akan digelar hingga 26 Juni 2016. Turnamen ini diikuti 16 tim dari dua konfederasi dan akan bermain di 10 stadion seantero Amerika Serikat.

Sumber: Sky Sports

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer