Sukses


Inggris dan Rusia Terancam Didiskualifikasi dari Piala Eropa 2016

Bola.com, Marseille - Konfederasi Sepak Bola Eropa (UEFA) secara tegas bisa mendiskualifikasi Inggris dan Rusia dari ajang Piala Eropa 2016, jika kedua suporter dari negara tersebut kembali melakukan tindakan kerusuhan.

Peringatan tersebut dikeluarkan pascabentrok yang melibatkan kedua suporter pada laga Inggris versus Rusia yang berakhir 1-1 di Stade Velodrome, Marseille, Sabtu (11/6/2016) atau Minggu dini hari WIB.

"Komite Eksekutif UEFA memperingatkan asosiasi sepak bola dari kedua negara. Terlepas dari keputusan yang diambil komite disiplin berkaitan insiden dalam stadion, UEFA tidak akan ragu untuk menjatuhkan sanksi tambahan pada Federasi Sepak Bola Inggris (FA) dan Federasi Sepak Bola Rusia (RFU). Jika kejadian itu terulang lagi, masing-masing tim bisa diskualifikasi," bunyi pernyataan UEFA.

"Kami mendesak FA dan RFU untuk meminta saling mendukung dan mengayomi (suporter) mereka agar berperilaku terhormat dan bertanggung jawab," lanjut pernyataan UEFA.

Petugas keamanan Perancis tak luput juga diperingatkan agar memperketat keamanan serta tidak lengah dalam upaya menjaga ketertiban di dalam maupun di luar stadion.

"Kami juga ingin menyuarakan secara terbuka dukungan kami bagi pekerjaan Otoritas Perancis dan pasukan keamanannya untuk memberikan sebuah turnamen yang aman dan nyaman ke depannya," tulis UEFA.

Komisi disiplin UEFA saat ini tengah menyelidiki kasus ini lewat rekaman video di berbagai sudut stadion serta memeriksa saksi-saksi. Kabar yang beredar, UEFA akan memutuskan vonis buntut dari insiden tersebut pada 14 Juni mendatang.

Kota Marseille menjadi satu di antara fokus perhatian aparat keamanan Prancis. Latarnya tak lain faktor hooligan, fans garis keras Inggris. Peristiwa di Stade de Velodrome menjadikan kerusuhan di kota pelabuhan tersebut sudah berlangsung tiga hari.

Sumber: UEFA, FourFourTwo, BBC

Video Populer

Foto Populer