Sukses


5 Pemain Top yang Jadi Klien Mino Raiola, Sang Super Agen

Bola.com, Jakarta - Agen pemain menjadi pihak yang sibuk pada masa bursa transfer pemain sedang dibuka seperti sekarang. Mino Raiola menjadi salah satu agen pemain yang kliennya diburu oleh klub top di Eropa.

Pria bernama asli Carmine Raiola ini lahir di Italia, 48 tahun yang lalu. Ia kemudian pindah dan besar di Belanda.

Karir Raiola sebagai agen dimulai ketika ia bekerja di Sports Promotion, sebuah perusahaan agen di bidang olah raga. Perusahaan itu terlibat dalam transfer pemain timnas Belanda seperti Bryan Roy, Wim Jonk, dan Dennis Bergkamp di era tahun 90-an.

Setelah merasa cukup punya ilmu, Raiola memulai bisnis sendiri. Transfer besar pertama yang melibatkan Raiola terjadi saat ia menjadi agen pemain timnas Ceska, Pavel Nedved, yang pindah dari Sparta Praha ke Lazio. Hingga sekarang, Nedved yang menjadi petinggi klub di Juventus itu masih menjadi rekan bisnis Raiola.

Sekarang bisnis Raiola semakin sukses. Ia menjadi klien sekitar 20 pemain yang beredar di seantero Eropa.

Sejumlah pemain top dan pelatih menjadi kliennya. Beberapa diantaranya menjadi primadona bursa transfer dan sudah mendapat klub baru sebelum musim kompetisi 2016-2017 dimulai. Siapa saja mereka?

2 dari 6 halaman

Henrikh Mkhitariyan

1. Henrikh Mkhitariyan
Kejelian Raiola dalam melihat bakat pemain terlihat ketika ia menjadi agen Henrikh Mkhitariyan. Pemain berusia 27 tahun itu menjadi klien Raiola sejak 2013.

Mkhitariyan adalah kapten timnas Armenia, negara yang tak memiliki tradisi sepak bola yang terlalu bagus. Raiola menjalin kerja sama dengan Mkhitariyan ketika sang pemain masih memperkuat Shaktar Donetsk. Ia kemudian pindah ke Borussia Dortmund pada 2013.

Selama tiga tahun memperkuat Dortmund, Mkhitariyan menjelma menjadi pemain penting dan otomatis nilainya melonjak. Jelang musim baru 2016-2017, pemain berposisi gelandang ini pindah ke klub raksasa Inggris, Manchester United, dengan nilai transfer 26 juta poundsterling (sekitar Rp 444 miliar).

3 dari 6 halaman

Romelu Lukaku

2. Romelu Lukaku
Pemain timnas Belgia ini baru menjadi klien Raiola pada 2015. Karir Romelu Lukaku masih panjang karena ia kini baru berusia 23 tahun.

Soal memilih klien yang masih berusia muda ini memang menjadi salah satu kebiasaan Raiola. Jika si pemain memang punya kemampuan yang bagus, kemungkinan untuk menjadi klien yang menguntungkan buat Raiola tentu akan semakin lama.

Saat ini Lukaku masih resmi dimiliki Everton, klub semenjana di Liga Inggris. Pemain berposisi striker ini sangat mungkin berpindah klub karena ia diminati oleh sejumlah klub, termasuk Arsenal dan Chelsea yang menginginkannya kembali. Alasannya, Lukaku ingin bermain buat klub yang berlaga di Liga Champions.

4 dari 6 halaman

Mario Balotelli

3. Mario Balotelli 

Saat ini karir Mario Balotelli mungkin sedang berada pada titik terendah. Namun tetap saja pemain asal Italia tersebut merupakan komoditi buat agen seperti Raiola.

Balotelli adalah pemain dengan kemampuan alami yang istimewa namun bermasalah dengan kelakuan yang kontroversial. Pemain berusia 25 tahun itu menjadi klien Raiola sejak 2010, ketika ia memperkuat Inter Milan.

Sejak saat itu, Raiola terlibat dalam proses kepindahan Balotelli ke Manchester City, AC Milan, dan Liverpool. Musim lalu Balotelli memperkuat AC Milan dengan status pinjaman dari Liverpool. 

5 dari 6 halaman

Zlatan Ibrahimovic

4. Zlatan Ibrahimovic
Zlatan Ibrahimovic adalah salah satu klien paling lama yang dimiliki Raiola. Striker asal Swedia itu sudah bermitra dengan Raiola sejak 2003, kala memperkuat Ajax di usianya yang baru menginjak 22 tahun.

Sejak saat itu, Zlatan mempercayai Raiola untuk terlibat dalam petualangannya ke klub besar seperti Juventus, Inter Milan, Barcelona, AC Milan dan Paris Saint-Germain. Zlatan menjadi pemain penting di klub-klub tersebut dan meraih berbagai gelar juara.

Pada usianya yang sudah mencapai 34 tahun, Zlatan masih memiliki kemampuan hebat dan laris diburu klub besar. Jelang musim baru, Zlatan akhirnya memutuskan untuk berlabuh dengan status bebas transfer ke klub raksasa Inggris, Manchester United.

6 dari 6 halaman

Paul Pogba

5. Paul Pogba
Saat ini mungkin Paul Pogba adalah klien paling berharga yang dimiliki Raiola. Pemain Juventus itu sedang diburu oleh manajer Manchester United, Jose Mourinho.

Gelandang timnas Prancis itu sudah diminati Mourinho sejak musim lalu ketika masih melatih Chelsea. Meski Juventus belum berminat melepas Pogba, jika tawaran United dinilai cocok, bisa saja pemain berusia 23 tahun itu hengkang.

Nilai transfer Pogba diperkirakan akan mencapai 105 juta poundsterling jika jadi pindah. Nilai tersebut akan memecahkan rekor transfer termahal yang masih dipegang Gareth Bale sebesar 86 juta poundsterling ketika pindah dari Tottenham Hotspur ke Real Madrid pada 2013.

Video Populer

Foto Populer