Sukses


Tiga Kandidat Bersaing Jadi Presiden UEFA

Bola.com, Nyon - UEFA melalui situs resminya mengonfirmasi kandidat presiden anyar, Jumat (22/7/2016). Setidaknya tiga orang akan bersaing untuk menjadi orang nomor satu di induk organisasi sepak bola uni Eropa tersebut.

Tiga kandidat yang secara resmi mengajukan diri maju dalam pemilihan Presiden anyar UEFA adalah Aleksander Ceferin (Presiden Asosiasi Sepak Bola Slovenia), Michael van Praag (Presiden Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda), dan Angel Maria Villar Llona (Presiden Sepak Bola Kerajaan Spanyol). Ketiganya akan dipilih melalui Kongres luar biasa UEFA yang akan berlangsung pada 14 September 2016 di Athena, Yunani.

Namun, para kandidat itu terlebih dahulu harus melakoni uji kelayakan yang diadakan oleh Komite Penilaian FIFA. Sebab, kandidat yang menjadi Presiden UEFA nantinya akan langsung mendapatkan jabatan sebagai Dewan Wakil Presiden FIFA.

Posisi Presiden UEFA saat ini sedang lowong setelah Michel Platini mengundurkan diri pada 9 Mei 2016. Keputusan tersebut diambil legenda asal Prancis itu setelah dirinya dinyatakan bersalah atas kasus suap.

Platini diduga menerima bayaran sekitar 1,3 juta poundsterling atau setara Rp 24,97 miliar dari presiden FIFA, Sepp Blatter. Ketika itu, Platini disinyalir menerima dana hibah tersebut saat masih menjabat sebagai penasihat Blatter pada periode 1999 hingga 2002.

Alhasil, keduanya dijatuhi larangan beraktivitas dalam dunia sepak bola selama delapan tahun. Platini sempat mengajukan banding pada 24 Februari 2016 dan ditolak. Namun, Komite Etik FIFA memutuskan mengurangi masa hukuman Platini dan Blatter menjadi enam tahun.

Sumber: UEFA

Video Populer

Foto Populer