Sukses


Fakta Trio Madrid Layak Berebut Status Terbaik Zona Eropa 2016

Bola.com, Nyon - Beberapa hari lalu otoritas sepak bola Eropa (UEFA) mengumumkan tiga nama yang menjadi kandidat penerima gelar Pemain Terbaik Eropa 2016. Uniknya, kali ini sang finalis berasal dari klub yang bermarkas di kota yang sama, yakni Madrid.

Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale mewakili Real Madrid, sedangkan Antoine Griezzmann menjadi harapan pendukung Atletico Madrid. Trio tersebut berhasil menyingkirkan duo Barcelona, Luis Suarez dan Lionel Messi.

Pelengkap 10 besar diisi Gianluigi Buffon (Juventus dan Italia), Pepe (Real Madrid dan Portugal), Manuel Neuer (Bayern Munchen dan Jerman), Toni Kroos (Real Madrid dan Jerman) serta Thomas Müller (Bayern Munchen dan Jerman).

Berikut fakta singkat terkait tiga finalis

2 dari 4 halaman

Modal Ideal Ronaldo

1. Cristiano Ronaldo
Tahun 2016 menjadi sesuatu yang sangat luar biasa bagi CR7. Ia berhasil menggapai gelar trofi Liga Champions bersama Real Madrid. Tak hanya itu, Ronaldo berstatus top skorer turnamen paling bergengsi antarklub se-Eropa tersebut, dan itu untuk kali keempat secara beruntun, dengan total koleksi 16 gol.

Puncak prestasi Ronaldo tentu saja membawa Timnas Portugal menjadi juara Piala Eropa 2016. Pada babak final, Selecao-nya Eropa menumbangkan ambisi Prancis. Satu yang ironis, Ronaldo tak sanggup menyelesaikan laga akibat cedera.

Beberapa catatan istimewa mengikuti jejak Ronaldo di Prancis 2016. Ia menjadi satu di antara pemain yang tampil terbanyak pada putaran final Piala Eropa 2016, lalu paling sering tampil di babak final Euro. Tak hanya itu, rekor Luis Figo juga berhasil dilampaui dalam item terbanyak membela timnas Portugal.

Prestasi 2016
Gelar Juara: Liga Champions, Piala Eropa 2016
La Liga: 36 partai / 35 gol / 11 asis
Liga Champions: 12 partai / 16 gol / 4 asis
Piala Eropa 2016: 7 partai / 3 gol / 3 asis

3 dari 4 halaman

Kejutan Gareth Bale

2. Gareth Bale
Sepanjang tahun ini ia menunjukkan kapasitas sebagai satu di antara pemain termahal sejagad. Meski beberapa kali mendapatkan cedera, ia mampu mengemas 19 gol, sekaligus menjadi pemain paling produktif di Real Madrid. Empat dari gol-gol tersebut tercipta saat Los Blancos menang dengan skor 10-2 atas Rayo Vallecano, plus trigol kala bersua Deportivo La Coruna.

Puncak performa terjadi di kota Milan. Kala itu, Bale menjadi penentu raihan trofi juara Liga Champions bagi Real Madrid. Ia berhasil mengoleksi dua gelar juara dalam tiga tahun. Lalu pada Piala Eropa 2016, Bale menjadi inspirasi Timnas Wales sampai melaju ke babak semi final.

Prestasi 2016
Gelar Juara: Liga Champions
La Liga: 23 partai / 19 gol / 10 asis
Liga Champions: 8 partai / 0 gol / 3 asis
Piala Eropa 2016: 6 partai / 3 gol / 1 asis

4 dari 4 halaman

Konsistensi Griezmann

3. Antoine Griezmann
Penampilan Griezmann sangat konsisten sepanjang tahun 2016, mulai dari La Liga sampai pentas Liga CHampions. Ia menjadi kejutan tersendiri karena mampu memberi kontribusi maksimal pada Atletico Madrid dan Timnas Prancis.

Pada level Liga Champions, Griezmann mencetak tujuh gol dan membawa Atletico Madrid melaju ke babak final, untuk kali kedua dalam tiga tahun terakhir. Sayang, ada sedikit noda kala dirinya gagal mencetak gol ke gawang Real Madrid di Milan.

Permainan panas ala Griezmann terjadi lagi pada Piala Eropa 2016. Ia mencetak enam gol, termasuk dua gol ke gawang Irlandia dan satu gol ke jala Jerman.

Gelar Juara: -
La Liga: 38 partai / 22 gol / 5 asis
Liga Champions: 13 partai / 7 gol / 1 asis
Piala Eropa 2016: 7 partai / 6 gol / 2 asis

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer