Sukses


5 Fakta Jelang Duel Paris Saint-Germain Vs Barcelona

Bola.com, Paris - Barcelona akan menghadapi Paris Saint-Germain pada leg pertama 16 besar Liga Champions di Parc des Princes, Selasa (14/2/2017). Berbekal catatan bagus, Barca berpeluang mengalahkan PSG.

Sejauh ini, Los Cules dan Les Parisiens telah sembilan kali bertemu di kompetisi Eropa, dengan rincian delapan di Liga Champions dan sekali di ajang Piala Winners. Dari sembilan laga itu, Barcelona sukses memetik empat kemenangan, tiga hasil imbang, dan hanya menelan dua kekalahan.

Blaugrana juga memiliki produktivitas gol yang mumpuni saat menghadapi Paris Saint-Germain. Barca sukses mencetak 16 gol dan hanya kebobolan 11 kali.

Dengan torehan tersebut, kans Barcelona meraih kemenangan atas PSG sekaligus menjaga asa lolos ke perempat final terbuka lebar. Apalagi, mereka sukses merengkuh sembilan kemenangan dan menelan dua kekalahan dalam sembilan laga terakhir di fase knock-out Liga Champions.

Meski begitu, Barcelona akan mendapat perlawanan sengit dari Paris Saint-Germain. Sebab, PSG memiliki catatan bagus saat bermain di kandang sendiri, Parc des Princes. Klub asuhan Unai Emery itu juga tak terkalahkan dalam 12 laga terakhir di seluruh kompetisi.

Berikut ini 5 fakta menarik jelang Paris Saint-Germain kontra Barcelona:

2 dari 6 halaman

1. PSG Tak Pernah Singkirkan Barcelona dari Liga Champions

Paris Saint-Germain kerap memetik hasil minor saat bersua Barcelona pada fase knock-out Liga Champions. Bahkan, mereka tidak pernah menyingkirkan El Barca dari turnamen elite antar klub Eropa tersebut. 

Terakhir kali PSG sukses mendepak Los Cules dari Liga Champions terjadi pada musim 1994-1995. Bersua Barcelona pada perempat final, Les Parisiens menang dengan agregat 3-2.

Dalam laga leg pertama di Camp Nou, 1 Maret 1995, Paris Saint-Germain berhasil menahan Barca dengan skor 1-1. Sementara itu, pada pertemuan kedua di Parc des Princes, 15 Maret 1995, PSG menang 2-1.

3 dari 6 halaman

2. PSG Miliki Tren Bagus di Kandang Sendiri

Paris Saint-Germain mampu tampil apik saat bermain di hadapan pendukungnya sendiri. Mereka meraih 26 kemenangan, 15 hasil imbang, dan hanya sekali kalah dalam 42 pertandingan terakhir yang berlangsung di Parc des Princes di kompetisi Eropa.

Namun, satu-satunya kekalahan tersebut didapat ketika menjamu Barcelona pada leg pertama perempat final Liga Champions 2014-2015. Saat itu, PSG takluk dengan skor telak 1-3.

Neymar (18') dan Luis Suarez (67', 79') bergantian membobol gawang Les Parisiens. Sementara itu, gol tunggal Paris Saint-Germain tercipta setelah Jeremy Mathieu melakukan gol bunuh diri pada menit ke-82.

4 dari 6 halaman

3. Barcelona Langganan Lolos ke Fase Knock-out Liga Champions

El Barca lolos ke-16 besar Liga Champions musim ini dengan status juara Grup C. Mereka mendulang 15 poin, atau unggul sembilan angka atas Manchester City yang berada di tempat kedua.

Bagi Barcelona, ini adalah untuk kesembilan kalinya secara beruntun lolos ke fase knock-out Liga Champions. Dari sembilan kesempatan itu, skuat Catalan tercatat mampu merengkuh titel juara pada musim 2008-2009, 2010-2011, dan 2014-2015.

Sementara itu, Paris Saint-Germain sukses lolos ke-16 besar Liga Champions dalam empat musim terakhir. Akan tetapi, langkah mereka selalu kandas di perempat final.

5 dari 6 halaman

4. Edinson Cavani Tak Pernah Bobol Gawang Barcelona

Cavani merupakan sosok penting di lini depan Paris Saint-Germain. Bomber timnas Uruguay itu telah mendulang 33 gol dari 31 pertandingan di seluruh ajang kompetisi musim ini. Dari 33 gol tersebut, enam di antaranya tercipta di ajang Liga Champions.

Meski memiliki catatan apik, Cavani ternyata belum pernah mencetak gol ke gawang Barcelona. Mantan pemain Napoli itu mandul selama 350 menit saat menghadapi Blaugrana di ajang Liga Champions.

6 dari 6 halaman

5. Trio MSN Momok Buat Lini Belakang PSG

Trio maut Barcelona, Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar tengah dalam performa terbaik. Ketiganya total mencetak 66 gol pada musim ini, dengan rincian Messi 32 gol, Suarez 24 gol, dan Neymar dengan 10 gol.

Dengan performa tersebut, ketiganya bakal menjadi momok buat lini belakang Paris Saint-Germain. Apalagi, Neymar paling rajin membobol gawang PSG. Bomber asal Brasil itu telah mencetak lima gol dalam empat pertandingan terakhir melawan Les Parisiens di Liga Champions.

Sumber: FourFourTwo

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer