Sukses


4 Fakta Setelah Inter Milan Takluk dari Tottenham

Jakarta - Inter Milan terancam gagal lolos Liga Champions usai takluk 0-1 ketika menghadapi Tottenham Hotspur dalam laga matchday 5 Grup B yang dihelat pada Kamis (29/11) dini hari WIB. 

Bersaing ketat demi tiket 16 besar Liga Champions, Tottenham dan Inter bermain sengit. Bermain di depan pendukung sendiri, Tottenham mencoba langsung menekan sejak peluit kick-off dibunyikan. Kedua tim sama-sama melakukan serangan silih berganti.

Namun, tuan rumah sedikit lebih unggul dalam dominasi bola serta jauh lebih unggul dalam jumlah peluang emas di depan gawang lawan. Setidaknya ada lima tembakan on target yang dilakukan oleh anak-anak Mauricio Pochettino, berbanding dua untuk Inter.

Sepanjang 20 menit pertama laga Liga Champions semalam, Inter sama sekali tak mampu melakukan tembakan tepat sasaran. Meski demikian, Tottenham juga belum mampu membongkar pertahahan tim tamu. 

Tottenham mendapat peluang emas untuk membuka keunggulan di menit ke-38. Sayang tembakan melengkung yang dilepas Harry Winks dari luar kotak penalti masih digagalkan mistar gawang.

Jelang babak pertama usai, Radja Nainggolan terpaksa ditarik keluar karena masalah pada kakinya dan digantikan Borja Valero. Hingga babak pertama usai, tak ada gol tercipta dari pertandingan Liga Champions tersebut.

2 dari 4 halaman

Tottenham curi poin di babak kedua

Usai tak ada gol tercipta sepanjang babak pertama, Tottenham memastikan Kemenangan berkat gol semata wayang yang dicetak pemain pengganti, Christian Eriksen di paruh kedua laga. Sebelumnya Christian Eriksen disimpan oleh Pochettino di bangku cadangan, dan baru diturunkan menit 70 menggantikan Erik Lamela.

Gol semata wayang yang ditorehkan Christian Eriksen pada menit ke-80 berhasil membawa Tottenham pada kemenangan. Eriksen sukses membobol gawang Samir Handanovic lewat tembakan jarak dekat meneruskan assist Dele Alli.

Tottenham yang unggul tak mengendurkan tekanan mereka dalam sisa sepuluh menit akhir, sementara Inter tetap tak banyak memberikan ancaman berarti. Situasi tersebut membuat keunggulan satu gol milik Tottenham bertahan hingga laga berakhir.

Sepanjang pertandingan Liga Champions semalam, Totenham mendominasi dengan 53 persen penguasaan bola. Mereka menciptakan 15 tembakan yang 5 di antaranya mengarah ke gawang. Sementara Inter hanya melesakkan 2 shot on target dari total 9 peluang.

Berkat kemenangan ini, Tottenham naik ke peringkat dua klasemen Grup B Liga Champions dengan torehan tujuh poin. Mereka menggeser Inter Milan yang turun ke posisi ketiga dengan torehan poin yang sama, yaitu tujuh poin. Kedua tim sama-sama memiliki poin 7, akan tetapi Spurs unggul dalam head to head. Kepastian siapa yang menemani Barca ke fase knock-out Liga Champions akan ditentukan di matchday terakhir. 

Di laga penentu Liga Champions nanti, Tottenham akan menghadapi Barcelona yang sudah menjadi pemuncak klasemen Grup B dan dipastikan melaju ke babak 16 besar. Sementara itu, Inter Milan akan menghadapi PSV Eindhoven yang kini menjadi penghuni dasar klasemen Grup B Liga Champions.

Susunan pemain Liga Champions Kamis (29/11): 

Tottenham Hotspur : Lloris; Aurier, Vertonghen, Alderweireld, Davies; Sissoko, Winks (Dier 87'); Moura (Son 62'), Alli, Lamela (Eriksen 70'); Kane.

Pelatih: Mauricio Pochettino.

Inter Milan: Handanovic; D'Ambrosio, De Vrij (Miranda 82'), Skriniar, Asamoah; Vecino, Brozovic; Politano (Balde 83'), Nainggolan (Valero 44'), Perisic; Icardi.

Pelatih: Luciano Spalletti.

3 dari 4 halaman

Kilas balik pertemuan Tottenham vs Inter Milan

Pertandingan Liga Champions pada Kamis (29/11/2018) merupakan pertemuan keenam kedua tim. Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada laga perdana Liga Champions di Giuseppe Meazza pada Selasa (18/9/2018). Pada pertemuan tersebut, Inter berhasil mengalahkan Tottenham 2-1 di Italia. Inter yang sempat tertinggal oleh gol Christian Eriksen di menit 53, mampu membalikkan skor lewat gol-gol Mauro Icardi menit 86 dan Matias Vecino menit 90+2. 

Sebelumnya mereka juga pernah bertemu pada laga persahabatan di Ullevaal Stadium, Oslo, Norwegia, Agustus 2016. Kala itu, Pada laga uji coba tersebut, Inter tak berdaya menghadapi Tottenham. Tottenham tampil superior dan berhasil menang telak 6-1. Enam gol The Lilywhites dibukukan Harry Kane (dua gol), Erick Lamela, Dele Alli, Vincent Janssen, dan Shayon Harisson. Sedangkan gol balasan Inter dilesakkan Ivan Perisic.

Tottenham juga sukses memenangkan dua laga kandang kontra Inter Milan, 3-2 di Liga Champions 2010-11 dan 3-0 di Liga Europa 2012-13. Sementara Inter juga pernah mengalahkan Tottenham 1-4 di Kota Milan setelah melalui babak tambahan pada leg kedua babak 16 besar Liga Europa 2012/13.

4 dari 4 halaman

Fakta menarik Liga Champions, Tottenham vs Inter Milan

1. Ajang Liga Champions pada Kamis (29/11/2018) merupakan laga pertemuan keenam kedua tim di pentas Eropa.

2. Dari enam pertemuan tersebut, Inter Milan dan Tottenham masing-masing berhasil mengantongi tiga kemenangan.

3. Di setiap pertemuan Tottenham vs Inter, tim yang berstatus tuan rumah selalu memetik kemenangan (Tottenham menang 3 kali, Inter menang 3 kali).

4. Inter tak pernah menorehkan clean sheet dalam 5 pertemuan terakhir melawan Tottenham di semua kompetisi.

Pesan Terakhir Emiliano Sala Sebelum Pesawatnya Hilang

Tutup Video

Video Populer

Foto Populer