Sukses


5 Sisi Lain Wonderkid Timnas Italia Moise Kane yang Belum Banyak Terungkap

Jakarta - Pemain muda Timnas Italia Moise Kean sedang jadi perbincangan hangat. Nama pemain Juventus itu disorot setelah mencetak gol debut untuk Timnas Italia.

Dia menyumbangkan satu gol saat Timnas Italia menang 2-0 atas Finlandia pada Kualifikasi Piala Eropa 2020, Minggu (24/3/2019).

Moise Kean merupakan pemain kedua termuda di sepanjang sejarah yang menyumbang gol untuk Timnas Italia. Kean yang saat ini berusia 19 tahun 23 hari, hanya kalah muda dari Bruno Nicole yang mencetak gol perdana untuk Timnas Italia pada usia 18 tahun 258 hari.

Berkat performa apiknya, banyak yang menyakini Kean akan jadi bintang masa depan Italia. Pelatih Italia, Roberto Mancini, mengakui Kean akan menjadi penyerang menakutkan di masa depan.

Berikut ini sisi lain dari Moise Kean yang dirangkum dari berbagai sumber pada Senin (25/03/2019).

2 dari 6 halaman

Perjuangan Moise Kean

Pemain yang lahir pada 28 Februari 2000 ini mengawali karier perdana di klub Asti pada 2007. Kean pindah ke Torino Youth. Pada 2011, Kean memutuskan hijrah ke Juventus U-17.

Bukanlah sesuatu yang mudah untuk bergabung dan bersaing di Juventus. Bianconeri memiliki banyak striker muda yang berbakat dan potensial. Terbukti, Kean baru dimainkan di matchday ke-11 di Juventus U17 pada ajang Campionato Nazionale.

Di musim 14/15 itulah, Kean merasakan ketatnya persaingan striker di Juventus. Kean hanya masuk skuat sebanyak 12 kali, dengan menjadi pemain inti sebanyak tiga kali. Kean lebih sering menjadi pemain cadangan. Meski begitu, dari total memainkan 11 laga, Kean mampu mencatatkan 5 gol.

Susahnya bersaing, Kean dipinjamkan Juventus di musim lalu ke Hellas Verona. Kean membuktikan diri di masa peminjaman tersebut. Kean sering diberi menit bermain di Verona. Terbukti Kean mampu mencatatkan penampilan sebanyak 20 kali dan mengukir 4 gol.

Di awal karier menurut laman Transfermarkt, Moise Kean hanya memiliki harga pasar 540 ribu poundsterling atau setara dengan Rp 10 miliar. Angka tersebut termasuk dalam harga pasar terendah di Juventus.

Kini penyerang Italia tersebut sudah memiliki harga pasar 13,4 juta poundsterling atau setara Rp 251 miliar, alias 25 kali lebih tinggi dibanding saat pertama kali masuk Juventus.

3 dari 6 halaman

Pencapaian Kean musim ini

Awal karier yang berat ternyata mampu dilewati Kean hingga musim ini dipanggil pelatih kepala Max Allegri di skuat Juventus. Kean dipercaya mampu menguatkan lini serang Juventus yang sudah diisi penyerang-penyerang haus gol seperti Critiano Ronaldo, Paulo Dybala dan Mario Mandzukic.

Kean susah mendapatkan menit bermain. Meskipun begitu, Kean tetap produktif. Musim ini Kean sudah mencetak tiga gol dan satu assist, hanya dengan mencatatkan tujuh penampilan.

Rata-rata menit bermain Kane juga hanya 60 menit di tiap pertandingan. Meski memiliki menit bermain yang sedikit, Kean membuktikan dirinya adalah penyerang berkualitas.

Sang penyerang akhirnya dipanggil pelatih tim nasional Italia, Roberto Mancini. Kean sudah mencatatkan 2 laga internasional bersama Italia dan menyumbang satu gol.

4 dari 6 halaman

Pemain keturunan Afrika

Banyak yang bertanya, mengapa di Italia ada penyerang berkulit hitam. Pertanyaan tersebut terjawab tatkala mengetahui Moise Kean memiliki darah Africa pada dirinya.

Orang tua Kean memiliki darah Pantai Gading. Hal itulah yang menyebabkan Kean memiliki kulit dan mata berwarna hitam. Kean lahir di Italia tepatnya di Vercelli.

Kean kini dianggap sebagai penerus Mario Balotelli yang sempat menjadi andalan Gli Azzuri beberapa tahun silam.

5 dari 6 halaman

Rekor Moise Kean

Moise Kean mampu mencatatkan beberapa rekor, di antaranya Kean pemain pertama kelahiran 2000 yang mampu catatkan penampilan perdana di Serie A.

Selain itu Kean juga menjadi pemain pertama kelahiran 2000-an yang bermain di Liga Champions. Rekor lainnya ialah pemuda ini sudah raih tiga gelar yakni juara Serie A, Italian Cup Winner dan Italian Super Cup Winner bersama Juventus.

Selain itu Kean pada musim 2015-2016 bersama Juventus U-17 menjadi top scorer kompetisi Campionato Nazionale.

6 dari 6 halaman

Ada Faktor Cristiano Ronaldo

Keberhasilan Kean musim ini, diakuinya ada faktor Cristiano Ronaldo di sana. Ronaldo dijadikan contoh nyata Kean. Kean mencontek latihan Ronaldo, dan menurutnya itu efektif meningkatkan kemampuannya.

Seperti diketahui, Ronaldo adalah pemain dengan latihan super ketat dan datang tepat waktu saat latihan. Kedisiplinan Ronaldo inilah yang berusaha Kean tiru. Hasilnya Kean sukses menunjukkan dirinya adalah striker ganas.

Itulah sisi lain dari penyerang yang sedang naik daun, Moise Kean. Diyakini empat hingga lima tahun kemudian, Kean akan menjadi penyerang tajam seperti Ronaldo ataupun Dybala.

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.
    Juventus adalah klub sepakbola asal Italia

    Juventus

  • Tim Nasional Italia merupakan salah satu negara yang sukses meraih banyak gelar di berbagai kompetisi internasional
    Tim Nasional Italia merupakan salah satu negara yang sukses meraih banyak gelar di berbagai kompetisi internasional
    Tim Nasional Italia merupakan salah satu negara yang sukses meraih banyak gelar di berbagai kompetisi internasional

    Timnas Italia

  • Moise Kean

Video Populer

Foto Populer