Sukses


21 Sensasi pada Matchday 2 Liga Champions 2019-2020 : Titik Istimewa Lionel Messi, Liverpool sampai Bayern Munchen

Bola.com, Jakarta - Hasil pertandingan Matchday 2 Liga Champions 2019-2020 menampilan beragam catatan memesona. Liverpool dan Bayern Munchen menjadi contoh tim yang sanggup memberi sensasi. Pada sisi pemain, ada Lionel Messi, Lautaro Martinez sampai Robert Lewandowski, yang sanggup mencatatkan diri di buku rekor.

Liverpool menjadi bahan pembicaraan positif, meski hanya menang tipis 4-3 atas Salzburg, dini hari tadi WIB. Namun, beberapa rekor muncul dari kemenangan dramatis di Anfield tersebut.

Hal serupa terjadi di London Stadium, saat Bayern Munchen berpesta pora. Markas Tottenham Hotspur tersebut menjadi bagian dari pencapaian rekor Serge Gnabry dan Roberto Lewandowski, dua penggawa FC Hollywood yang merobek jala Hugo Lloris.

Sementara itu, sosok Lionel Messi dan Lautaro Martinez bersinar kala bentrok Barcelona kontra Inter Milan di Camp Nou. Messi tampil dominan, meski tak mencetak gol. Sedangkan nama Lautaro Martinez terangkat setelah mencetak gol tercepat di kandang Blaugrana.

 

2 dari 5 halaman

Koleksi Gol

Berikut ini beberapa catatan sensasional pada Matchday 2 Liga Champions 2019-2020 :

1. Lionel Messi terlibat mencetak gol atau assist pada 13 penampilan terakhir fase grup Liga Champions di Estadio Camp Nou, yakni 22 gol dan 7 assists.

2. Salzburg menjadi tim keempat yang sanggup mencetak tiga gol di Anfield pada Liga Champions, setelah Barcelona, Chelsea dan Real Madrid. Namun, Salzburg juga menjadi satu-satunya yang gagal menang ketika mencetak tiga gol tersebut.

3. Sejak musim 2017-2018, sudah tercetak 47 gol di Anfield pada ajang Liga Champions.

4. Sejak awal musim 2017-2018, Roberto Firmino menjadi satu-satunya pemain yag mampu mencetak gol (14) dan assists (10).

5. Andy Robertson menjadi pemain pertama asal Skotlandia yang mampu mencetak gol bagi Liverpool di pentas Eropa. Ia mengulangi catatan Gary McAllister yang merobek jala Alaves pada final Piala UEFA 2001.

 

3 dari 5 halaman

Gol Tammy

6. Gol Tammy Abraham dari assist Fikayo Tomari menjadi catatan pertama bagi Chelsea dengan proses gol berasal dari dua pemain Inggris. Mereka mengulangi catatan pada Maret 2012, ketika Frank Lampard mengirim umpan ke John Terry yang berujung gol ke gawang Napoli.

7. Tammy Abraham menjadi pesepak bola kedua asal Inggris yang sanggup mencetak gol pada hari ulang tahunnya di pentas Liga Champions. Ia menyamain catatan Raheem Sterling, ketika mencetak gol ke gawang Borussia Monchengladbach pada Desember 2015.

8. Sadio Mane menjadi pemain ketiga Liverpool yang mampu mencetak 15 gol di pentas Liga Champions, setelah Steven Gerrard (21) dan Mohamed Salah (15).

9. Roberto Lewandowksi mencetak 13 gol dalam 10 penampilan musim ini di seluruh kompetisi bersama Bayern Munchen. Performa itu berada di atas seluruh pemain di kawasan lima liga teratas Eropa.

10. Hanya berselisih 194 detik antara gol pemain Tottenha Hotspur, Son Heung-min dengan gol dari gelandang Bayern Munchen, Joshua Kimmich. Angka itu menjadi satu di antara yang tercepat dalam kategori gol balasan.

11. Sergio Ramos mencetak gol pada 10 musim berbeda di pentas Liga Champions. Ia menjadi bek kedua, setelah Gerard Pique, yang mampu melakukan itu.

 

4 dari 5 halaman

Bayern Munchen

12. Gol pertama Emmanuel Denis ke gawang Real Madrid menjadi yang tercepat dalam sebuah pertandingan Liga Champions, yakni menit dan 9 detik. Dia menjadi pemain ketiga asal Nigeria yang mencetak gol ke gawang Real Madrid di panggung Liga Champions, setelah James Obiorah dan Ayila Yussuf.

13. Total ada jarak 7.950 hari dari Alf-Ige Halland mencetak gol di Anfield, dengan aksi sang putra, Erling Haaland, yang juga mencatatkan namanya di papan skor markas Liverpool tersebut.

14. Achraf Hakimi menjadi pemain pertama asal Maroko yang mampu mencetak dua gol pada laga Liga Champions.

15. Bayern Munchen mencetak tujuh gol ke gawang Tottenham Hotspur, dan itu menjadi pengulangan prestasi pada Oktober 2014 saat unggul 7-1 kontra AS roma.

16. Serge Gnabry menjadi pemain kedua Jerman yang mampu mencetak minimal 4 gol pada sebuah pertandingan Liga Champions. Pesepak bola lain adalah Mario Gomez, yang mencetak empat gol untuk Bayern Munchen saat bersua Basel pada Maret 2012.

17. Bayern Munchen tak terkalahkan pada 10 laga away di pentas Liga Champions, Pencapaian itu menyamai catatan dari Oktober 2012 - April 2014.

 

5 dari 5 halaman

Cristiano Ronaldo

18. Gol Lautaro Martinez menjadi yang tercepat ke gawang Barcelona pada Liga Champions sejak September 2011. Pada 8 tahun lalu, Alexandre Pato mencetak gol ke gawang Barcelona dalam waktu 24 detik.

19. Cristiano Roaldo mencatat rekor sebagai pemain yang sudah merobek jala 33 tim. Angka itu menyamai pencapaian Raul Gonzalez.

20. Luis Suarez mencetak enam gol di pentas Liga Champions saat menghadapi tim asal Italia.

21. Joao Felix berusia 19 tahun dan 325 hari saat menccetak gol bagi Atletico Madrid. Ia menjadi pemain termuda Atletico Madrid yang melakukan itu, melewati rekor Sergio Aguero saat merobek jala PSV Eindhoven pada September 2008. Kala itu, Aguero berusia 20 tahun dan 106 hari.

Sumber: Opta, Squawka, UEFA

Video Populer

Foto Populer