Sukses


3 Pemain yang Tampil Lebih Mengilap di Timnas Negaranya Ketimbang Klub

Jakarta - Penyelengaraan Piala Eropa 2020 telah ditunda hingga musim panas 2021 karena pandemi virus Corona Covid-19. Penundaan lebih dari setahun tentu bisa membuat frustrasi terutama pemain sepak bola.

UEFA menunda Piala Eropa 2020 ke tahun depan untuk membuka ruang waktu agar musim 2019/2020 selesai.

"Untuk sementara seluruh kompetisi UEFA serta pertandingan di level klub dan tim nasional putra dan putri juga ditunda hingga pemberitahuan berikutnya," tulis keterangan resmi organisasi tersebut.

Tentu, banyak penggemar sepak bola dapat menempatkan pentingnya permainan klub di atas pertandingan internasional. Tapi bagi yang lain, turnamen internasional besar juga sangat perlu, karena keterlibatan negaranya.

Dan, bagi sang pemain turnamen internasional juga dibutuhkan untuk menunjang karier. Bahkan, bisa menambah catatan rekor dan prestasinya.

Namun, di sisi lain ada pemain yang tampil jauh lebih baik di panggung internasional ketimbang saat membela klub.

Video

2 dari 4 halaman

Miroslav Klose

Jika Anda menilai striker Jerman Miroslav Klose berdasarkan catatan klubnya, memang kurang memuaskan. Dia mengakhiri kariernya setelah musim 2015-16 dengan total 231 gol dalam 599 pertandingan - bahkan rata-rata gol di setiap pertandingan lainnya - dengan musim terbaiknya adalah 2005-06.

Itu adalah sebuah musim yang membuatnya bisa mencetak 25 gol dalam 26 pertandingan untuk klub Bundesliga Werder Bremen.

Di luar itu, Klose rata-rata mencetak 11 gol. Dan di musim 2010-11 ia hanya mencetak satu gol liga dalam 20 pertandingan untuk Bayern Munchen.

Namun, alih-alih dikenang oleh penggemar Jerman sebagai striker biasa, pembunuh bayaran kelahiran Polandia ini malah diakui sebagai legenda sejati.

Itu karena eksploitasi luar biasa di tingkat internasional. Klose masuk ke tim senior Jerman pada Maret 2001 setelah menolak kesempatan untuk bermain untuk Polandia, dan dengan cepat mulai mencetak gol, termasuk 2 gol melawan Yunani di kualifikasi Piala Dunia 2002.

Dan dari sana, legenda Klose di tingkat internasional berlanjut; dia mencetak 5 gol Piala Dunia lainnya untuk mengambil Sepatu Emas kedua pada 2006, mencetak 4 gol lagi di Piala Dunia 2010, dan kemudian berhasil mencetak 2 gol lagi di turnamen 2014.

Dengan 71 gol dalam 137 pertandingan, Klose tetap menjadi pencetak gol terbanyak Jerman sepanjang masa.

3 dari 4 halaman

Eduardo Vargas

Beberapa pemain dapat membanggakan menjadi pencetak gol terbanyak di turnamen internasional besar. Dan, ini yang dirasakan pemain internasional Chile Eduardo Vargas.

Ia berhasil dua kali jadi yang terbaik dengan mencetak 4 gol di Copa America 2015 untuk membantu timnya memenangkan turnamen. Kemudian mencetak 6 gol di Copa America Centenario 2016, turnamen lain yang dimenangkan oleh La Roja.

Striker, yang melakukan debutnya untuk Chile pada 2009, juga mencetak gol di Piala Dunia 2014 melawan Spanyol. Sebelumnya, pada 2013, ia memecahkan rekor -- dengan mencetak gol dalam pertandingan berturut-turut - yang sebelumnya dipegang oleh legendaris Marcelo Salas - dengan mencetak 9 gol dalam 6 pertandingan langsung.

Pada dasarnya, dengan 38 gol dalam 91 pertandingan, ia adalah salah satu striker internasional paling konsisten di tahun 2010-an.

4 dari 4 halaman

Angelos Charisteas

Pemain depan Yunani Angelos Charisteas pindah dari Werder Bremenke ke liga-liga besar Eropa pada 2002-2003. Selama satu dekade, ia membuat 8 gerakan melintasi benua, bermain untuk tim-tim di Bundesliga, Eredivisie dan Ligue 1 sebelum kembali ke Yunani menjelang akhir kariernya.

Sepanjang periode itu, rekor gol Charisteas sangat buruk, terutama untuk seorang penyerang; dia tidak pernah mencapai angka ganda dalam satu musim. Meskipun memenangkan gelar Bundesliga pada 2003-04, sulit untuk melabeli kariernya di level klub.

Berbeda dengan karier internasionalnya. Dengan 25 gol dalam 88 pertandingan, Charisteas tetap menjadi pencetak gol tertinggi kedua dalam sejarah tim nasional Yunani. Luar biasanya 20 gol tersebut datang dalam pertandingan kompetitif.

Charisteas memang tidak pernah mencetak gol di Piala Dunia - di turnamen 2010 Yunani tersingkir di babak penyisihan grup -. Namun, Kejuaraan Eropa adalah cerita yang sama sekali berbeda.

Charisteas mencetak 3 gol di Euro 2004, termasuk melawan Prancis di perempat final dan Portugal di final. Hal ini akan membuat namanya akan diingat di Yunani selamanya meskipun catatan klubnya yang buruk.

 

Sumber asli: Berbagai sumber

Disadur dari: Liputan6.com (Achmad Yani/Defri Saefullah, Published 20/3/2020)

Video Populer

Foto Populer