Sukses


Ambisi Besar Cristiano Ronaldo, Menyalip Lionel Messi dan Melampaui Pele

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo tak pernah menyembunyikan ambisinya untuk menjadi pemain terbaik di dunia. Bahkan, tekadnya itu sudah dilontarkan secara terang-terangan ketika dirinya masih remaja di Manchester United. 

Megabintang asal Portugal tersebut tidak hanya ingin jadi yang terbaik di eranya. Cristiano Ronaldo juga ternyata berambisi jadi pemain terbaik di dunia sepanjang masa. 

Melihat prestasinya sejauh ini, Ronaldo sudah berada di jalur yang tepat untuk menyandang status itu. Pada usia 35 tahun, dia sudah meraih puluhan penghargaan individual ataupun kolektif dan masih bermain di level tinggi.

CR7 sudah menempuh karier selama 18 tahun di level tertinggi, mulai dari Sporting Lisbon, Manchester United, Real Madrid, dan sekarang Juventus. Bersaing dengan Lionel Messi, Ronaldo telah mendominasi wajah sepak bola dalam 15 tahun terakhir.

Berbeda dengan Messi, Ronaldo bisa mencapai level setinggi ini karena ambisi besar dan dedikasi untuk mengerahkan setiap kemampuannya. 

Ronaldo meraih trofi ke mana pun dia pergi. Dia mengoleksi tiga gelar Premier League, dua gelar La Liga, dan satu gelar Serie A. Kapten Portugal ini pun mengoleksi lima trofi Liga Champions plus lima Ballon d'Or.

Koleksi trofi itu sudah cukup melegitimasi status Cristiano Ronaldo sebagai salah satu pemain terbaik di dunia. Dia menetapkan standar yang begitu tinggi dan sulit dicapai pemain lainnya -- kecuali Leo Messi.

 

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 3 halaman

Dedikasi Tak Tertandingi

Kendati demikian, Ronaldo tidak puas hanya dengan jadi salah satu pemain terbaik. Dia selalu ingin jadi nomor satu, ingin dipandang sebagai yang terbaik.

Itulah sebabnya Ronaldo hengkang ke Juventus. Membawa Si Nyonya Tua menjuari Liga Champions bakal menyempurnakan kariernya.

Namun, sampai hal itu terjadi, saat ini penikmat sepak bola dunia masih menyebut Messi lebih baik, yang terbukti dengan 6 Ballon d'Or La Pulga.

Pemain lain mungkin akan menyerah mengejar Messi, tapi tidak untuk Ronaldo. Soal ambisi, dedikasi, dan kerja keras, Ronaldo hampir tidak punya pesaing di dunia sepak bola.

Mantan rekan Ronaldo di Manchester United, Gary Neville, ingat betul betapa besarnya ambisi kekasih Georgina Rodriguez itu. Bahkan Neville yakin Ronaldo tidak hanya berambisi menyalip Messi. Lebih besar dari itu, ambisis Ronaldo adalah jadi nomor satu di dunia.

"Dedikasinya untuk jadi pemain terbaik di dunia sungguh tidak tertandingi," kata Neville kepada Sky Sports, Sabtu (2/5/2020). 

"Dia adalah satu dari sedikit pemain yang saya kenal, yang berani bicara di depan publik bahwa penghargaan individual juga penting baginya."

Neville yakin Ronaldo tidak mencapai level setinggi ini secara instan. Dia melakukannya secara bertahap, selalu mengembangkan levelnya dari tahun ke tahun. Bagi Ronaldo, mencetak gol adalah obsesi.

"Dia hanya ingin jadi yang terbaik dan apa yang dia lakukan selama bertahunn-tahun ini sungguh luar biasa. Pencapaiannya luar biasa dan dia berkerja keras untuk itu," sambung Neville.

"Dia punya obsesi mencetak banyak gol dan berlatih melakukannya setiap hari, juga menjaga kondisi tubuhnya se-fit mungkin."

"Saya kira dia telah meningkatkan profesionalismenya setiap tahun dan berkembang," imbuhnya.

 

 

3 dari 3 halaman

Pecahkan Rekor Pele

Ronaldo sekarang telah mencetak total 626 gol dari 836 penampilan. Angka itu sudah sangat tinggi, tapi Neville yakin Ronaldo masih belum puas dan ingin mencetak setidaknya 400 gol lagi untuk menyamai atau bahkan melebih rekor Pele, salah satu legenda sepak bola.

Ronaldo tidak hanya ingin bersaing dengan Messi. Dia justru ingin meninggalkan Messi dan menggulingkan Pele dari takhtanya.

"Saya kira dia punya rencana untuk terus melaju dan mengalahkan rekor Pele. Dia ingin jadi yang terbaik sepanjang masa, itulah tujuan utamanya," lanjut Neville.

"Jika dia yang terbaik sepanjang masa, tim-tim yang dia bela bakal meraih banyak trofi dan sukses besar," tandasnya.

Sumber: Sky Sports

Disadur dari: Bola.net (Penulis Richard Andreas, published: 2/5/2020). 

Video Populer

Foto Populer