Sukses


5 Kutipan Terbaik tentang Cristiano Ronaldo, Dari Lionel Messi hingga Bobby Charlton

Jakarta - Cristiano Ronaldo adalah sepak bola hebat sepanjang masa. Dia selalu menuai pujian meski bermain di empat klub yang berbeda.

Cristiano Ronaldo kerap meraih sukses bersama klub yang dibelanya. Bersama Manchester United, dia memenangkan sembilan gelar juara, tiga di antaranya Liga Inggris dan satu trofi Liga Champions.

Pindah ke Real Madrid pada 2009, karier pemain berjuluk CR7 itu semakin gemilang. Bintang Timnas Portugal ini memenangkan empat trofi Liga Champions, tiga di antaranya diraih secara beruntun.

Dia juga membantu Real Madrid juara Liga Spanyol dua kali. Bersama Los Blancos, Cristiano Ronaldo juga meraih trofi Piala Dunia Antarklub sebanyak tiga kali dan dua trofi Piala Super Eropa.

Pada 2018 lalu, Cristiano Ronaldo memutuskan pindah ke Juventus. Bermain di Italia, sinarnya tidak meredup. Ia memenangkan Scudetto Serie A pertamanya dengan Juventus musim lalu.

Tak hanya trofi untuk klub, Cristiano Ronaldo juga memenangkan penghargaan individu, di antaranya lima Ballon d'Or. Selain itu, dia juga memecahkan banyak rekor dalam bertahun-tahun kariernya.

Wajar jika Cristiano Ronaldo kerap mendapat pujian. Tidak hanya dari legenda sepak bola dan pelatih, tapi juga pesaingnya. Berikut 5 kutipan terhebat untuk Cristiano Ronaldo seperti dikutip dari Ronaldo.com.

 

 

2 dari 7 halaman

1. Eusebio - Legenda Portugal

Sejak muncul ke pentas sepak bola dunia, penggemar telah membandingkan Cristiano Ronaldo dengan legenda Portugal, Eusebio.

Sama seperti Ronaldo, Eusebio adalah striker buas dan memiliki kaki kanan yang mematikan. Bahkan, ia merupakan pemenang Ballon d'Or pada 1965 dan memegang rekor pencetak gol terbanyak Portugal sebelum diambil alih Ronaldo.

Berbicara tentang penerusnya tersebut, Eusebio sangat memuji Ronaldo muda. "Dia memiliki sihir di sepatunya," kata ikon Benfica itu.

"Hal pertama yang Anda perhatikan tentang dia adalah dia sangat cepat dan sangat, sangat kuat untuk seorang pemuda."

"Dia hebat, memiliki kontrol yang baik dan tekniknya sangat bagus. Dia percaya dia bisa melakukan apa saja dengan bola, dan kepercayaan itu membuatnya sangat istimewa," imbuh Eusebio.

Mendengar pernyataan Eusebio, pasti cukup menggembirakan bagi Ronaldo ketika itu. Sayangnya, Eusebio meninggal pada Januari 2014 di usia 71 tahun.

 

 

3 dari 7 halaman

2. The Special One Bicara

Cristiano Ronaldo menikmati bentuk kariernya yang paling produktif di bawah asuhan Jose Mourinho. Ia mencetak 168 gol dan 49 assist dalam 164 pertandingan selama tiga tahun bersama di Real Madrid.

Mourinho, yang sudah melatih banyak pemain hebat dalam kariernya, membuat pengakuan atas bakat Ronaldo pada 2013. "Dia yang terbaik," kata Mourinho.

"Yang terbaik di dunia, ya. Mungkin yang terbaik."

"Saya melihat [Diego] Maradona beberapa kali. Saya tak pernah melihat Pele. Tapi, Cristiano luar biasa. Pria ini adalah yang terbaik ... Cristiano adalah mesin gol. Dia adalah pemain yang luar biasa. Dia seperti [Zinedine] Zidane, tidak akan pernah ada Ronaldo lain," ucap pria yang dijuluki Special One itu.

Mourinho memenangkan Copa del Rey dan mengakhiri dominasi Barcelona di La Liga Spanyol bersama Ronaldo pada 2011/12.

 

 

4 dari 7 halaman

3. Sir Bobby Charlton

Saat berusia 18 tahun, Cristiano Ronaldo telah menarik perhatian kapten legendaris Manchester United Sir Bobby Charlton. Ia mengamati Ronaldo dan kagum pada kemajuannya.

"Dia melakukan hal-hal yang belum pernah saya lihat dari pemain lain dan itu benar-benar luar biasa untuk ditonton," kata Charlton, yang juga menjadi kapten Timnas Inggris di Piala Dunia 1966.

"Dibutuhkan pemain hebat untuk meraih tanduk banteng dan membuat segalanya terjadi, tapi ia telah melakukannya berulang kali."

Ronaldo kemudian membantu MU memenangkan tiga gelar Liga Premier Inggris dan satu trofi Liga Champions. Ia juga memenangkan Ballon d'Or pertamanya dengan klub berjuluk Setan Merah tersebut.

 

 

5 dari 7 halaman

4. Pujian Unik Zidane

Sepak bola adalah permainan yang dimainkan dengan 11 pemain. Tidak ada yang namanya "Saya" dalam tim.

Tapi, Zinedine Zidane, yang melatih salah satu tim paling sukses dalam sejarah di Real Madrid, tahu dampak Cristiano Ronaldo bagi timnya. "Ketika Anda bermain dengan Ronaldo di tim Anda, Anda sudah unggul 1-0," kata Zidane.

Bersama-sama, Ronaldo dan Zidane membawa Real Madrid meraih kesuksesan yang tidak terduga. Mereka membawa Los Blancis meraih tiga trofi Liga Champions berturut-turut, satu gelar La Liga Spanyol, dan dua Piala Dunia Antarklub Klub dalam masa dua setengah tahun.

Zidane mampu membantu mengeluarkan yang terbaik dari Ronaldo sebagai penyerang. Dampaknya, Ronaldo memenangkan penghargaan Ballon d'Or secara beruntun, yakni 2016 dan 2017.

Ronaldo mencetak 112 gol dan 29 assist dalam 114 pertandingannya di bawah asuhan Zidane.

 

6 dari 7 halaman

5. Pengakuan Lionel Messi

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo menjadi penguasa sepak bola dunia selama lebih dari satu dekade terakhir. Tak ada yang menghalangi keduanya saat memecah banyak rekor selama bertahun-tahun.

Ini telah menyebabkan perdebatan panjang tentang siapa yang merupakan pemain terbaik sepanjang masa di antara keduanya. Para pemain, pelatih, pakar, dan penggemar menyuarakan pendapat yang berbeda.

Tetapi, setelah memenangkan penghargaan Sepatu Emas Eropa pada 2013, Messi meluangkan waktu untuk mengakui kecakapan Ronaldo sebagai pencetak gol untuk kali pertama.

"(Ronaldo) selalu ada mencetak gol di semua pertandingan dan mengambil bagian di klubnya dan tim nasional," kata Messi.

"Dia telah melakukan itu selama bertahun-tahun dan apakah dia berada di puncaknya atau sedikit di bawah itu, tidak ada bedanya."

Sumber: Ronaldo.com

Disadur dari: Liputan6.com (Bogi Triyadi/Edu Krisnadefa, published 16/5/2020)

7 dari 7 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer