Sukses


Bikin Terheran-heran, Transformasi Tubuh Dramatis ala Skuad Bayern Munchen dalam 12 Bulan

Bola.com, Jakarta Pemain-pemain Bayern Munchen menyuguhkan transformasi badan yang dramatis dalam 12 bulan terakhir. Salah satu pemain yang paling anyar menunjukkan perubahan dramatis itu adalah Leon Goretzka.

Gelandang Bayern Munchen berusia 25 tahun itu fokus pada program latihan yang dirancang untuk meningkatkan massa otot selama periode lockdown akibat pandemi virus corona. Hampir selama tiga bulan, para pesepak bola hanya berada di rumah karena ada kebijakan pembatasan di negara masing-masing, dan semua kompetisi dihentikan.

Sebelum periode lockdown, pada Maret hingga Mei 2020, Goretzka memiliki tubuh yang terbilang kurus untuk ukuran pesepak bola atau atlet. Namun, ketika ia kembali bertanding di Bundesliga pasca-lockdown, Goretzka mengejutkan banyak pihak karena tubuhnya tampak lebih kekar dan berotot.  

"Bagi saya, lockdown adalah krisis sekaligus peluang," kata Goretzka soal perubahan fisiknya pada wawancara dengan Bild, seperti dilansir Sportbible, Sabtu (29/8/2020). 

"Ini menjadi krisis karena Anda merindukan sepak bola dan latihan harian bersama tim. Tapi, juga menjadi peluang untuk membesarkan massa otot dengan dibimbing fisioterapi." 

"Dalam laga-laga dan momen-momen krusial, sangat penting memiliki fisik dan mental yang fit. Berat badan membantu saya dalam melakukan tekel, membuat saya sedikit lebih gesit dan kuat. Tak hanya di lapangan dalam duel satu lawan satu, tapi juga duel di udara," imbuh pemain Bayern Munchen itu. 

 

2 dari 6 halaman

Sangat Profesional

Pemain pinjaman, Philippe Coutinho, yang selalu menjaga badan tetap ramping selama di Inter Milan, Liverpool, dan Barcelona, terlihat menunjukkan perubahan badan yang mencolok sejak gabung ke Bayern Munchen pada Agustus 2019. 

Ada foto yang muncul di media sosial menunjukkan Coutinho sedang latihan angkat beban untuk meningkatkan massa ototnya. Foto itu menunjukkan perbadingan transformasi sang pemain dalam 12 bulan. 

Top scorer Bundesliga, Robert Lewandowski, juga menjadi salah satu pemain Bayern Munchen yang makin kekar dan berotot. Full back Bayern, Alphonso Davies, juga menunjukkan perubahan besar pada badannya.  

Apa rahasia di balik transformasi tubuh yang luar biasa itu? 

Mantan pelatih Bayern Munchen yang kini menjadi manajer Manchester City, Pep Guardiola, mengungkapkan pengalamannya saat bekerja sama dengan Lewandowski.  

"Dia pemain paling profesional yang pernah saya temui," kata Guardiola pada 2006, seperti dilansir AS.  

"Di kepalanya, dia memikirka tentang makanan yang benar, tidur, dan berlatih: 24 jam sehari. Dia selalu ada, tak pernah cedera, karena fokus pada hal-hal seperti itu," imbuh Guardiola. 

Berikut ini beberapa transformasi tubuh para pemain Bayern Munchen. 

3 dari 6 halaman

Leon Goretzka

4 dari 6 halaman

Transformasi Coutinho dan Goretzka

5 dari 6 halaman

Berkat Latihan Keras

6 dari 6 halaman

Perubahan Dramatis

Video Populer

Foto Populer