Sukses


10 Rivalitas Klub Terpanas di Seantero Muka Bumi: Mendadak, Perseteruan Persija Vs Persib Jadi Terasa Hambar

Bola.com, Jakarta Apa yang kita sukai dari sepak bola? Beberapa dari kita menyukai parade gol seorang striker, sementara yang lain suka melihat sihir maestro lini tengah di lapangan. Ada juga yang terpesona dengan ketangguhan lini belakang dan kiper menghalau serangan lawan.

Tetapi jika ada satu kesamaan yang dimiliki setiap orang, itu adalah hasrat untuk menikmati sebuah permainan yang indah. Tidak ada tempat yang lebih baik untuk menyaksikan gairah seperti itu selain pertandingan antara dua musuh bebuyutan, di dalam dan di luar lapangan.

Persaingan sepak bola di seluruh dunia membuat olahraga ini berbeda dari yang lain. Sejarah antar klub, atmosfer penonton, tensi panas 90 menit pertandingan yang intens adalah kombinasi sempurna untuk derby semacam itu.

Di negara kita, publik sepak bola hafal benar tensi tinggi pertandingan antara Persija Jakarta Vs Persib Bandung atau Persebaya Surabaya kontra Arema Malang. Laga-laga yang melibatkan keempat klub selalu berlangsung dalam tensi tinggi yang kerap memunculkan bentrok antarsuporter.

Pada artikel ini, kita akan melihat 10 dari rivalitas klub terbesar dalam sepak bola.

2 dari 12 halaman

Derbi Kolkata

 
 
 
View this post on Instagram

Revisiting some of our proudest moments last season. Think you can recall all of them? #SundayCelebrations #ATK #AamarBukeyATK

A post shared by ATK Mohun Bagan Football Club (@atkmohunbaganfc) on

Pertandingan Boro, yang berarti 'Pertandingan Besar' dalam bahasa Bengali, adalah derby lintas kota antara Mohun Bagan (sekarang ATK Mogun Bagan) dan Benggala Timur di Kolkata, India. Tidak diragukan lagi ini adalah derby terhebat di sepak bola Asia, dengan sejarah hampir 100 tahun.

Derby ini mewakili suporter dari kedua sisi Kolkata. Pendukung Mohan Bagan, biasanya dari Barat, mewakili penduduk pribumi (Ghotis) kota. Bengal Timur, di sisi lain, mewakili populasi imigran.

Pertandingan pertama antara kedua belah pihak dimainkan pada tahun 1921 dan dalam 327 pertemuan kompetitif sejak saat itu. Benggala Timur memegang keunggulan 122-93.

Kembali pada tahun 1997 selama semifinal Piala Federasi India, Kolkata Derby dihadiri 131.781 penonton di Stadion Salt Lake, rekor penonton yang jarang terjadi di berbagai belahan dunia manapun.

 

3 dari 12 halaman

Derbi Kairo

Al-Ahly dan Zamalek adalah dua klub terbesar di Mesir dan di antara klub paling sukses di Afrika. Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) bahkan menyebut mereka klub Afrika pertama dan kedua di abad ke-20.

Jadi tidak mengherankan bahwa pertandingan antara kedua tim yang berbasis di Kairo ini adalah pertandingan terbesar dalam kalender untuk klub sepak bola di Afrika dan seluruh dunia Arab.

Persaingan ini terutama dikenal karena sifatnya yang sengit dan sering kali disertai kekerasan. Majalah Sepak Bola Dunia telah mendaftarkan derby Kairo di antara 10 besar persaingan paling sengit.

Pada hari-hari derby, lebih dari 100.000 penggemar menyaksikan di tribun dan di luar stadion. Suporter kedua kubu kerap terlibat bentrok panas. Pada 1971-1972, kekerasan massa menyebabkan seluruh musim dibatalkan.

Derby Kairo juga merupakan salah satu pertandingan langka di sepak bola dunia di mana wasit non-Mesir mengatur pertandingan untuk menghindari keberpihakan.

4 dari 12 halaman

Flamengo Vs Fluminense

Jika semua derby memiliki nama yang menarik, 'Fla-Flu' mungkin akan berada di urutan teratas daftar itu. Meskipun demikian, Flamengo dan Fluminense, dua rival lintas kota di Rio de Janeiro, meninggalkan segalanya di lapangan setiap kali mereka saling berhadapan.

Seperti namanya, persaingan Fla-Flu juga punya cerita masa lalu yang menarik. Pada Oktober 1911, sekelompok pemain Flumina yang tidak puas pergi ke Flamengo, klub yang saat itu tidak memiliki tim sepak bola. Pertandingan pertama antara dua klub dimainkan pada Juli 1912 di mana Fluminese menang 3-2. Sejak itu, ini menjadi salah satu persaingan terbesar di sepak bola Amerika Selatan.

Brasil adalah rumah bagi sepak bola dan persaingan sepak bola. Tapi yang membuat Flamengo Vs Fluminense istimewa adalah Stadion Maracana yang ikonik. Dengan kehadiran 194.603 di Maracana pada tahun 1963, permainan Fla-Flu juga memegang rekor dunia untuk kehadiran tertinggi untuk pertandingan sepak bola.

5 dari 12 halaman

Old Firm

Derby Old Firm antara Celtic dan Rangers, dua klub sepak bola tersukses di Skotlandia, lebih dari sekadar permainan sepak bola. Kedua klub yang bermarkas di Glasgow ini mewakili perbedaan dalam ideologi politik dan agama para pendukungnya.

Pendukung Celtic terkait dengan Gereja Katolik dan Rangers dengan Gereja Protestan. Persaingan berjalan lebih jauh pada kompas politik dengan perbedaan pandangan tentang politik Irlandia Utara (Loyalis dan Republik), masalah identitas nasional (Inggris dan Skotlandia Irlandia), dan ideologi sosial (konservatisme dan sosialisme).

Perbedaan ini telah menyebabkan beberapa derbi berujung kekerasan dalam sejarah 132 tahun persaingan ini.

Pada saat yang sama, persaingan ini juga berkontribusi pada perekonomian Skotlandia. Pada tahun 2005, kehadiran dua rival lintas kota saja bernilai 120 juta poundsterling bagi perekonomian negara.

Kedua klub telah mendominasi sepak bola Skotlandia dengan 105 gelar liga, 72 Piala Skotlandia dan 46 Piala Liga Skotlandia.

6 dari 12 halaman

Liverpool Vs Manchester United

Tidak ada kekurangan persaingan klasik dalam sepak bola Inggris. Namun, sangat sedikit dari mereka yang lebih baik dari rivalitas Liverpool melawan Manchester United, dua klub paling sukses di negara itu dari jarak jauh, The Reds vs The Red Devils.

Tidak seperti kebanyakan rivalitas lainnya, North West Derby lebih tentang dominasi di lapangan daripada yang lainnya. Baik United dan Liverpool telah mendominasi sepak bola Inggris dengan masing-masing 20 dan 19 gelar liga dan tiga dan enam gelar Eropa.

Perebutan mahkota 'Klub Inggris Terbaik' adalah rahasia di balik persaingan ini. Manajer dan pemain legendaris yang telah menjadi bagian dari derbi ini selama bertahun-tahun juga telah membantu meningkatkan segalanya.

Pertandingan pertama antara kedua klub dimainkan pada April 1894, ketika United bernama Newton Heath. Sejak itu, kekuatan sepak bola Inggris telah berhadapan 204 kali, di mana United memegang keunggulan 80-67.

7 dari 12 halaman

Derby Della Madonnina

Dua klub dari kota indah Milan, mereka memenangkan gelar Serie A masing-masing 18 kali, mereka juga berbagi rumah yang sama. Ya, Derby Della Madonnina (Derbi Milan) jadi bumbu yang menarik di sepanjang perjalanan sejarah Liga Italia.

Pada tahun 1908, hanya sembilan tahun setelah AC Milan didirikan, klub tersebut terpecah karena masalah kedatangan pemain asing. Klub baru itu bernama 'Football Club Internazionale' dan begitu saja, kedua klub menjadi rival berat.

Klub-klub Milan pertama kali saling berhadapan pada tahun 1909, di mana klub "induknya" menang 3-2. Sejak saat itu, kedua tim telah saling berhadapan 296 kali dalam pertandingan resmi dan tidak resmi, dan AC Milan memegang keunggulan dengan 112 kemenangan.

Sama seperti Fla-Flu, Derby Milan adalah salah satu dari sedikit derbi lintas kota yang dimainkan di stadion yang sama, San Siro.

8 dari 12 halaman

Olympiakos Vs Panathinaikos

Saat pertandingan sepak bola disebut 'derby musuh abadi' atau 'Ibu dari semua pertempuran', ambillah petunjuknya dan tonton pertandingan itu di TV.

Persaingan dimulai sebagai pendukung kelas pekerja versus masyarakat kelas menengah dan atas. Pendukung Olympiakos datang dari pinggiran Athena di Piraeus, sedangkan Panathinaikos mendapat dukungan dari bagian kota yang kaya.

Selama bertahun-tahun, perbedaan ekonomi mungkin telah diselesaikan, tetapi persaingan hampir tidak mereda. Jika ada, itu terus menjadi lebih ganas dan gila dengan setiap pertandingan sepak bola yang lewat.

Meski rival abadinya ini adalah dua klub tersukses di Yunani, Olympiakos mendominasi liga dengan track record 45-20. Sayangnya, hooliganisme telah menjadi bagian dari derbi ini selama bertahun-tahun dan mengakibatkan beberapa insiden buruk.

9 dari 12 halaman

Fenerbahce Vs Galatasaray

Fenerbahce dan Galatasaray berasal dari kota Istanbul. Tapi yang cukup menarik,  rivalitas keduanya sering disebut 'The Intercontinental Derby' karena Fenerbahce berada di sisi Asia dari Istanbul dan Galatasaray di sisi Eropa.

Dua klub paling berprestasi di Turki adalah bagian dari, mungkin, derbi paling intens dan pahit di sepak bola Eropa. Dalam 111 tahun sejarah mereka, klub-klub yang bermarkas di Istanbul itu telah bertemu sebanyak 391 kali di mana Fenerbahce unggul dengan 146-124. Namun, Galatasaray memiliki keunggulan dalam gelar liga (22-19) dan Piala Turki (18-6).

Flare dan stand-off di tribun di antara fans adalah kejadian biasa dan bahkan di lapangan. Laga yang melibatkan kedua tim selalu banjir hukyman kartu kuning dan merah.

10 dari 12 halaman

El Clasico

Laga panas Barcelona Vs Real Madrid salah satu rivalitas yang paling populer di dunia. Nasionalis Spanyol vs. Nasionalis Catalan, El Clasico lebih dari sekedar permainan sepak bola.

Derbi antara dua raksasa sepak bola Spanyol dan Eropa adalah salah satu acara olahraga tahunan yang paling banyak ditonton. Legenda mengatakan bahwa dunia seperti yang kita kenal berhenti selama 90 menit setiap kali Barcelona dan Real Madrid saling berhadapan.

Sementara kedua tim pertama kali bertemu pada tahun 1902, persaingan mulai berkembang di bidang politik selama Perang Saudara Spanyol pada tahun 1930-an.

Francisco Franco, jenderal Spanyol yang memimpin pasukan nasionalis selama Perang Sipil, menentang gagasan Katalonia sebagai negara yang terpisah, sebuah gagasan yang telah berkembang di Spanyol Utara. Sementara itu, Barcelona adalah kekuatan besar di balik gagasan ini.

Keterlibatan politik dalam sepak bola hanya memperburuk keadaan dan itu menjadi persaingan besar-besaran setelah kemenangan kontroversial Real 11-1 melawan Barcelona pada 1943. Sejak itu, kontroversi seputar transfer Alfredo Di Stefano pada 1950-an dan Luis Figo pada tahun 2000 hanya menambahkan kobaran api konflik antarkedua klub.

Kedua tim telah bertemu 244 kali dalam pertandingan kompetitif dengan rekor seimbang 96-96, yang menunjukkan banyak hal tentang persaingan di lapangan. Namun, Real memimpin perebutan gelar liga dengan 34-26 gelar dan gelar Eropa dengan rekor 13 gelar, sementara Barcelona lima.

11 dari 12 halaman

Boca Juniors Vs River Plate

Pertarungan kelas pekerja Vs ningrat. Demikian penggemar sepak bola Argentina menjuluki duel Boca Juniors Vs River Plate. Flare, kekerasan, tensi tinggi, dan ritual hari pertandingan jadi bumbu penyedap laga panas ini.

Ada sangat sedikit tempat yang lebih intens daripada Buenos Aires pada hari Superclasico. Dua klub sepak bola paling sukses di Argentina mungkin tidak setenar Barcelona dan Real Madrid, tetapi derby mereka dianggap sebagai persaingan terbesar dan paling intens tidak hanya di sepak bola, tetapi juga di seluruh dunia olahraga.

Sama seperti kebanyakan rivalitas lainnya, Boca Juniors Vs River Plate memiliki sejarah perbedaan budaya. Namun, permainan sepak bola belum mampu mengubah persaingan ini menjadi persaingan yang damai. Baru di tahun 2018 ini, leg kedua final Copa Libertadores, tempat kedua klub bertemu untuk pertama kalinya dalam sejarah, harus dipindahkan ke Spanyol akibat kekerasan di leg pertama.

Boca memimpin kemenangan sepanjang masa 89-83, sedangkan River Plate memimpin gelar liga 36-34. Tapi angka hampir tidak penting pada hari pertandingan. Begitulah kebencian di antara kedua klub sehingga selama Anda memenangkan pertandingan, gelar liga hampir tidak penting.

Sumber: Sportskeeda

12 dari 12 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer