Sukses


Liga Italia: Pep Guardiola Jadi Role Model Andrea Pirlo dalam Melatih

Bola.com, Jakarta - Pelatih Juventus, Andrea Pirlo, memuji prestasi yang diukir Pep Guardiola di dunia kepelatihan. Pirlo mengakui jika Guardiola adalah role model nya dalam menjalani karier sebagai pelatih.

Setelah memutuskan pensiun pada akhir 2017, mantan gelandang Timnas Italia itu mengambil kursus kepelatihan UEFA Pro. Meski lisensi UEFA Pro masih belum di tangan, Andrea Pirlo mendapat kepercayaan untuk menangani Juventus U-23 pada 30 Juli 2020.

Hanya berselang sembilan hari pasca-ditunjuk sebagai pelatih tim cadangan Juve, Pirlo dipercaya menjabat sebagai allenatore Cristiano Ronaldo dkk. Dia menggantikan peran Maurizio Sarri yang dipecat I Bianconeri pada akhir musim lalu.

Bersama Juventus, Andrea Pirlo yang baru mendapatkan lisensi UEFA Pro pada 16 September lalu, sepakat menandatangani kontrak berdurasi dua musim. Di bawah asuhan Pirlo, Juve diharapkan mampu mempertegas hegemoni di Italia dan juga merengkuh trofi juara di Eropa.

Pria berusia 41 tahun itu mengawali kariernya sebagai pelatih La Vecchia Signora dengan cukup baik. Menerapkan formasi 3-4-2-1, Juventus asuhan Pirlo meraih sekali hasil imbang dan memetik satu kemenangan dari dua laga awal Serie A musim ini.

Torehan tersebut membuat Juve kini berada di peringkat delapan klasemen sementara Serie A dengan nilai empat. Juventus tertinggal lima poin dari Atalanta yang berada di urutan teratas.

 

2 dari 3 halaman

Pep Guardiola Jadi Panutan

Meski masih minim pengalaman, Andrea Pirlo diprediksi bakal menjadi satu di antara pelatih sukses di Italia dan Eropa. Dia digadang-gadang akan meniru kesuksesan Pep Guardiola sebagai pelatih.

Sejak menjajal karier sebagai pelatih pada Juni 2007, Guardiola sudah menorehkan berbagai prestasi. Pria asal Spanyol tersebut berhasil merengkuh 29 titel juara bersama Barcelona, Bayern Munchen, dan Manchester City.

"Pep Guardiola adalah contoh bagi kita semua. Dia memperlihatkan dan telah menunjukkan jika dia merupakan salah satu yang terbaik, sejak beberapa tahun bersama tim muda Barcelona dan pindah ke tim utama," ujar Pirlo.

"Dia telah memperlihatkan bahwa pelatih muda yang ingin mempromosikan gaya sepak bola menyerang tertentu adalah contoh untuk diikuti. Kemudian, kita semua memiliki ide masing-masing, dan saya menilai kita perlu membawanya ke depan, tetapi dia jelas merupakan panutan bagi seluruh gerakan sepak bola," tuturnya.

Sumber: Football Italia

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer