Sukses


Digelar Satu Leg, AFC Tetapkan Qatar sebagai Tuan Rumah Final Liga Champions Asia

Bola.com, Jakarta - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menetapkan Qatar sebagai tuan rumah final Liga Champions Asia pada 19 Desember 2020. Wabah COVID-19 yang belum reda menjadi alasan utama.

Liga Champions Asia dihentikan karena pandemi virus corona pada Maret 2020. AFC melanjutkannya per September 2020.

Seluruh pertandingan Liga Champions zona Asia Barat kemudian dipindahkan ke Qatar demi alasan keamanan dan kesehatan. Sementara pertandingan-pertandingan di zona Asia Timur juga dipindahkan dari Malaysia.

Sisa pertandingan zona Asia Timur akan dilangsungkan pada 18 November hingga 13 Desember. Satu catatan penting, pertandingan final digelar dengan sistem satu leg.

"AFC melindungi prinsip fair play di dunia olahraga. Maka dari itu, final tahun ini akan digelar satu leg saja. Ini dilakukan agar tidak ada tim yang merasa diuntungkan dan/atau dirugikan," kata Sekretaris Jendeal AFC, Windsor John.

Agar tidak terlalu banyak perjalanan lintas negara, AFC menetapkan Doha, ibu kota Qatar, sebagai venue berlangsungnya final Liga Champions Asia.

"Pandemi COVID-19 membuat segalanya menjadi rumit. Setiap negara memiliki peraturan atau protokol masing-masing perihal izin bepergian," kata Windsor John lagi.

 

2 dari 3 halaman

Menanti Lawan Persepolis

Adapun pertandingan-pertandingan Liga Champions Asia zona Asia Barat telah rampung pada awal bulan ini. Persepolis sudah mencapai final usai mengalahkan Al Nassr.

Sementara itu, seperti sudah disebutkan, Liga Champions Asia zona Asia Timur baru akan dimulai pada 18 November. Tim-tim dari Jepang, China, dan Australia masih harus berjibaku demi mencapai final.

Di sisi lain, juara bertahan Al Hilal didiskualifikasi dari Liga Champions Asia karena mayoritas pemain dan staf positif COVID-19.

Sumber: AFC, BeIN Sports

3 dari 3 halaman

Video

Pesepakbola dengan gol Tendangan Bebas Terbanyak

Video Populer

Foto Populer