Sukses


10 Pemain Paling Banyak Masuk Daftar Nomine Ballon d'Or, Siapa yang Bisa Menyaingi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi?

Bola.com, Jakarta - Ballon d'Or dielu-elukan sebagai penghargaan individu paling bergengsi dalam sejarah sepak bola di dunia. Beberapa pemain ikonik mendapatkan penghargaan tersebut selama bertahun-tahun.

Untuk pertama kalinya dalam hampir satu abad, tidak akan ada pemenang Ballon d'Or di akhir tahun kalender akibat pandemi virus corona.

Meskipun demikian, Ballon d'Or tetap menjadi penghargaan yang paling didambakan untuk pesepak bola.

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo memenangkan penghargaan tersebut sebanyak 11 kali di antara mereka di era modern. Messo membuat sejarah pada 2019 dengan menjadi pemain pertama yang memenangkannya enam kali, saat ia mengalahkan Ronaldo dan bek Liverpool, Virgil van Dijk untuk mendapatkan trofi yang luar biasa.

Hingga akhir 1990-an, Ballon d'Or disebut sebagai penghargaan Pemain Terbaik Eropa Tahun Ini. Secara eksklusif piala diberikan kepada para pemain dari benua tersebut, seperti namanya. Namun, itu dibuat global pada tahun 2007 dan terus seperti itu sejak saat itu.

Meski Messi dan Ronaldo telah berada di puncak permainan mereka selama lebih dari satu dekade dan mengumpulkan ribuan suara.

Berikut adalah daftar 10 pemain yang menerima suara Ballon d'Or terbanyak dalam sejarah sepak bola.

2 dari 8 halaman

Peringkat 10-6

  • 10. Johan Cryuff  (506 suara)
  • 9. Kaka (550 suara)
  • 8. Michel Platini (551 suara)
  • 7. Franz Beckenbauer (576 suara)
  • 6. Ronaldo Nazario (600 suara)
3 dari 8 halaman

5. Virgil van Dijk (679 suara)

Bintang Liverpool Virgil van Dijk adalah salah satu bek terhebat di generasinya, dan kabar terbaru tentang cedera ACL-nya telah mengguncang penggemar The Reds di seluruh dunia. Namun, pemain asal Belanda itu masuk dalam daftar dan satu-satunya pemain dari 10 besar yang belum memenangkan Ballon d'Or.

Setelah kalah dari Lionel Messi dalam penghargaan edisi 2019, Van Dijk mengakhiri kampanye yang menakjubkan secara pribadi dengan memenangkan penghargaan PFA dan UEFA Player of the Year.

Dengan 679 suara yang mengejutkan tahun lalu, pemain berusia 29 tahun itu finis lebih tinggi pada klasemen Ballon d'Or 2019 daripada Cristiano Ronaldo. Ia hampir menjadi bek pertama sejak Fabio Cannavaro pada 2006 yang memenangkan penghargaan tersebut.

Cedera ACL Van Dijk adalah berita suram bagi Liverpool dan Belanda, tetapi bek yang menjulang tinggi ini adalah salah satu atlet terhebat dan harus kembali ke performa terbaiknya dalam beberapa bulan mendatang.

4 dari 8 halaman

4. Zinedine Zidane (715 suara)

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane adalah salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah sepak bola. Pemain Prancis itu telah meninggalkan kesan terakhir sebagai pemain dan manajer dan telah memenangkan La Liga dalam tugas keduanya sebagai nakhoda Los Blancos, setelah sebelumnya meraih gelar Liga Champions  tiga kali yang belum pernah terjadi sebelumnya di Santiago Bernabeu.

Saat aktif bermain Zidane membantu Prancis memenangkan Piala Dunia FIFA pada tahun 1998 dan memenangkan Ballon d'Or tahun itu, sementara ia juga finis ketiga pada tahun 1997. Zidane yang legendaris itu adalah salah satu pemain paling anggun untuk ditonton dan memiliki semua atribut gelandang yang amat lengkap.

Dengan 715 suara atas namanya dalam karirenya yang termasyhur, Zidane layak dikenang sebagai salah satu pemain terbaik dunia yang pernah ada.

5 dari 8 halaman

3. Luka Modric (837 suara)

Setelah Kaka pada 2007, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo mendominasi Ballon d'Or selama satu dekade berikutnya. Namun, pada tahun 2018, Luka Modric akhirnya mematahkan duopoli yang dipegang oleh pasangan tersebut dan menorehkan namanya dalam sejarah sepak bola dengan mendapatkan penghargaan berharga satu ini.

Modric adalah salah satu gelandang terhebat di generasinya dan telah menjadi roda penggerak utama dominasi Real Madrid di Eropa selama bertahun-tahun. Energi Kroasia yang kecil ditambah dengan kemampuan teknisnya menjadikannya salah satu pemain paling lengkap pada masanya, saat ia membuat jejak mentereng untuk klub dan negaranya.

Di Piala Dunia FIFA 2018, Modric memimpin Kroasia ke final, sebelum mereka kalah dari Prancis dalam pertandingan yang mendebarkan. Dia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Turnamen untuk penampilannya dan juga memenangkan Ballon d'Or akhir tahun itu. Rapor mentereng Modric di tahun yang sensasional bersama klub dan negara.

Modric telah mengumpulkan 837 suara hingga saat ini dan terus menjadi pemain kunci bagi Real Madrid dan Kroasia.

6 dari 8 halaman

2. Lionel Messi (2.961 suara)

Anehnya, Lionel Messi berada di urutan kedua dalam daftar meskipun menjadi pemain dengan penghargaan terbanyak dalam sejarah Ballon d'Or. Jimat Barcelona itu menjadi pemain pertama yang memenangkan penghargaan enam kali pada 2019, saat ia mengalahkan pemain seperti Cristiano Ronaldo dan Virgil van Dijk.

Messi dipuji sebagai pesepak bola terhebat sepanjang masa dan telah memecahkan beberapa rekor untuk klub dan negaranya sejak melakukan debutnya pada tahun 2004.

Pemain Argentina bertubuh mungil itu mengejutkan dunia dengan mengungkapkan keinginannya untuk meninggalkan Barcelona musim panas ini tetapi memutuskan untuk tinggal di tahun terakhir kontraknya.

Dalam kariernya yang gemilang, pemain berusia 33 tahun itu telah mengumpulkan 2.961 suara sejauh ini dan pasti akan menambah jumlah golnya di tahun-tahun mendatang. Hanya waktu yang akan menentukan apakah Messi berhasil memenangkan Ballon d'Or ketujuh. Kapten Barcelona itu tidak menunjukkan tanda-tanda melambat dan masih ada di antara yang terbaik dalam bisnis ini.

7 dari 8 halaman

1. Cristiano Ronaldo ( 3.601 suara)

Cristiano Ronaldo, seperti Lionel Messi, adalah salah satu pesepak bola terhebat sepanjang masa. Bintang Portugal ini telah mencetak gol dengan kecepatan yang luar biasa selama bertahun-tahun dan masih terlihat kuat pada usia 36 tahun.

Dengan lima penghargaan Ballon d'Or atas namanya, Ronaldo telah melakukan keajaibannya di tiga liga berbeda di Eropa. CR7 menjadi figur sentral di Timnas Portugal selama lebih dari satu dekade.

Setelah membela Sporting CP, Manchester United, Real Madrid dan Juventus, penyerang lincah ini telah meninggalkan kesan abadi di masing-masing klub hebat itu dan menciptakan sejarah bersama tim nasional dengan memenangkan Piala Eropa pada 2016.

Ronaldo adalah pencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga Champions dan telah memenangkan kompetisi lima kali dengan dua klub berbeda. Dengan 3.601 suara dan lima penghargaan Ballon d'Or atas namanya, dia masih punya kans memenangi penghargaan serupa di tahun-tahun mendatang.

Sumber: Sportskeeda

8 dari 8 halaman

Video

CERITA BOLA Binder Singh Soal Jersey Real Madrid dan Luis Milla

Video Populer

Foto Populer