Sukses


VIDEO: Jose Mourinho, Pep Guardiola dan 2 Pelatih dengan Kemampuan Mind Games yang Hebat

Bola.com, Jakarta Pelatih jadi sosok di balik layar kesuksesan sebuah tim. Ia yang membuat pilihan tim, merumuskan strategi, melakukan sesi latihan, dan memotivasi pemain selama pertandingan. Di beberapa klub, hanya memberikan hasil saja tidak cukup. Gaya sepak bola yang dimainkan tim juga dipertimbangkan. Mind games merupakan salah satu strategi yang lazim dilakukan khususnya oleh para pelatih sepak bola Eropa. Salah satu tujuannya ialah untuk menjatuhkan mental lawan atau untuk memperkuat mental dan pikiran tim sendiri. Seperti yang dilakukan oleh Pep Guardiola dan Jose Mourinho.

Bukan hanya seorang pencipta permainan yang indah, Guardiola juga merupakan pelatih yang cerdas menciptakan mind game. Sebelumnya, Guardiola dikenal karena bentrok dengan Jose Mourinho saat dirinya melatih Barcelona.

Di Inggirs, dirinya juga sering mempertanyakan ketangguhan mental dan integritas pemain. Meski telah menjuarai liga sebanyak dua kali bersama Manchester City. Guardiola tampaknya berhasil mencegah Klopp merebut gelar liga musim lalu.

Jose Mourinho dikenal sebagai seorang yangs sangat suka kemenangan meski didapatkan dengan cara yang kurang baik sekalipun. Aksinya menusuk mata Tito Vilanova saat pertandingan Real Madrid melawan Barcelona ialah kejadian yang paling diingat. Hal itu berhasil membawa Real Madrid merebut piala dari Blaugrana.

Sebagai pelatih, dirinya kerap menggunakan narasi "Us Against The World". Meski merupakan salah satu berprestasi, Mourinho kerap melawan rival secara langsung dengan komentar pedasnya yang bisa membuat rival merasa terintimidasi.

Berikut empat pelatih dengan mind game terhebat termasuk Pep Guardiola dan Jose Mourinho.

#Naskah Spotlight: Iqri Widya & Firstnadya Pramesthi (*)

Video Populer

Foto Populer