Sukses


Starting XI Termahal di Dunia: Kylian Mbappe Nomor Satu dan Total Harga Tembus Rp 19 Triliun

Bola.com, Jakarta - Banderol pesepak bola di dunia terus berubah seiring berjalannya waktu. Ada yang naik dan ada yang justru turun. Satu di antara nama yang mengalami peningkatan harga adalah Kylian Mbappe.

Naik turunnya banderol para gladiator lapangan hijau itu dipengaruhi banyak faktor. Akan tetapi, ada dua hal yang bisa disebut sebagai faktor utama di balik perubahan harga para pesepak bola itu. Faktor tersebut adalah performa dan usia.

Tak berbeda dengan yang terjadi pada 2020 ini. Ada pesepak bola yang mengalami kenaikan banderol karena performa dan potensi mereka. Pun sebaliknya, banyak juga yang banderol harganya anjlok akibat performanya turun atau usia yang sudah merambat senja.

Berdasarkan data dari Transfermarkt, terdapat starting XI pesepak bola dengan banderol tertinggi pada 2020. Bahkan, nilai ke-11 pemain ini bisa menembus angka 1,098 miliar euro atau setara dengan Rp 19 triliun. Siapa saja mereka? Berikut ini adalah perinciannya.

 

2 dari 13 halaman

Jan Oblak

Oblak merupakan kiper dengan banderol paling mahal saat ini. Penjaga gawang berusia 27 tahun tersebut ditaksir memiliki banderol senilai 90 juta Euro.

Banderol Oblak ini dinilai sebanding dengan kemampuannya. Sepanjang musim ini, kiper asal Slovenia tersebut baru kebobolan 13 kali di semua ajang. Ia pun mencatat sebelas kali cleansheet dari 1710 menit bermain.

 

3 dari 13 halaman

Virgil van Dijk

Satu posisi di lini belakang diisi oleh Virgil van Dijk. Meski harus absen lama karena cedera ligamen, bek asal Belanda tersebut masih merupakan bek tengah termahal di dunia. Saat ini, banderol pemain berusia 29 tahun tersebut ditaksir mencapai 80 juta euro.

Pada musim ini, Van Dijk sempat tampil delapan kali di semua ajang. Ia pun sempat mencetak satu gol dalam 567 menit bermain.

 

4 dari 13 halaman

Matthijs de Ligt

De Ligt terpilih sebagai duet Van Dijk di jantung lini pertahanan. Ya, pemain yang saat ini memperkuat Juventus ini memang merupakan salah satu bek tengah dengan banderol tertinggi. De Ligt ditaksir memiliki nilai sebesar 70 juta euro.

Sejauh ini, pemain berusia 21 tahun tersebut telah bermain sebanyak sepuluh kali pada musim 2020/2021. Ia pun sempat absen akibat mengalami cedera bahu.

 

5 dari 13 halaman

Alphonso Davies

Posisi fullback kiri diisi oleh Alphonso Davies. Pemain Bayern Munich ini ditaksir memiliki banderol sebesar 80 juta Euro.

Davies sendiri merupakan salah satu pemain yang banderolnya meningkat pesat sepanjang 2020 ini. Pemain asal Kanada tersebut mengalami peningkatan banderol sebesar 55 juta Euro pada tahun 2020.

Sebelumnya, Davies ditaksir memiliki banderol sebesar 25 juta Euro. Namun, seiring dengan permainannya yang kian solid, banderolnya naik sebesar 220 persen.

 

6 dari 13 halaman

Trent Alexander-Arnold

Trent Alexander-Arnold terpilih menempati posisi fullback kanan dalam starting eleven tim dengan banderol tertinggi saat ini. Penggawa Liverpool ini, menurut taksiran laman Transfermarkt, bernilai 110 juta Euro.

Pemain asal Inggris ini menjadi salah satu andalan Liverpool pada musim ini. Sejauh ini, pemain berusia 22 tahun ini sudah bermain 1314 menit dalam 16 laga. Ia pun sudah menciptakan empat assist sejauh ini.

 

7 dari 13 halaman

Joshua Kimmich

Menempati gelandang bertahan dalam starting eleven pemain termahal 2020 ini adalah Joshua Kimmich. Pemain asal Jerman ini memiliki banderol 85 juta Euro.

Tingginya banderol pemain berusia 25 tahun tersebut tak lepas dari performa apiknya. Berseragam Bayern Munich, Kimmich tampil 12 kali. Ia mencetak tiga gol dan delapan assist dari 963 menit bermain.

Apiknya performa Kimmich membuatnya masuk ke dalam tim terbaik Eropa pilihan International Federation of Football History & Statistics (IFFHS).

8 dari 13 halaman

Kevin de Bruyne

Satu posisi gelandang serang dalam tim ini ditempati oleh Kevin de Bruyne. Gelandang serang asal Belgia ini ditaksir memiliki banderol sebesar 120 juta Euro.

De Bruyne sendiri merupakan salah satu pilar Manchester City. Musim ini, pemain berusia 29 tahun tersebut sudah tampil sebanyak 16 kali. Selama 1272 menit bermain, sosok yang terpilih sebagai playmaker terbaik dunia versi IFFHS ini sudah mencetak dua gol dan sebelas asssist.

 

9 dari 13 halaman

Bruno Fernandes

Duet de Bruyne di ruang mesin tim termahal dunia pada 2020 ini adalah Bruno Fernandes. Gelandang asal Portugal ini ditaksir memiliki banderol sebesar 90 juta Euro.

Banderol Fernandes mengalami peningkatan pesat pada 2020 ini. Sebelumnya, pemain berusia 26 tahun ini memiliki banderol sebesar 60 juta Euro.

Kenaikan banderol Fernandes tak lepas dari apiknya permainannya bersama Manchester United. Sejauh ini, ia sudah tampil 20 kali di semua ajang membela panji Setan Merah. Dalam 1486 menit bermain ia mencetak 13 gol dan tujuh assist.

 

10 dari 13 halaman

Neymar

Neymar mengisi posisi winger kiri di tim termahal dunia pada 2020 ini. Pemain asal Brasil ini ditaksir memiliki banderol senilai 128 juta Euro.

Dengan banderol sebesar ini, Neymar menempati posisi tiga dalam daftar sepuluh pemain berbanderol tertinggi 2020 versi Transfermarkt.

Neymar sendiri merupakan salah satu pemain andalan PSG. Musim ini, pemain berusia 28 tahun tersebut sudah tampil sebanyak 12 kali. Selama 956 menit bermain, pemain asal Brasil tersebut mencetak sembilan gol dan lima asssist.

 

11 dari 13 halaman

Mohamed Salah

Mohamed Salah mengisi posisi winger kanan di tim dengan banderol termahal pada 2020. Pemain asal Mesir ini ditaksir oleh Transfermarkt memiliki banderol sebesar 120 juta Euro.

Dengan banderol sebesar itu, Salah juga menjadi pemain yang menempati peringkat lima dalam daftar pemain berbanderol tertinggi pada pengujung 2020.

Saat ini, Salah merupakan salah satu pilar Liverpool. Musim ini, pemain berusia 28 tahun tersebut sudah tampil sebanyak 21 kali. Selama 1653 menit bermain, ia mencetak 16 gol dan empat asssist.

 

12 dari 13 halaman

Kylian Mbappe

Mbappe terpilih sebagai ujung tombak tim dengan banderol termahal pada 2020. Pemain asal Prancis ini ditaksir memiliki banderol sebesar 180 juta Euro.

Dengan banderol ini, Kylian Mbappe juga menempati peringkat pertama dalam daftar pemain termahal 2020.

Mbappe sendiri merupakan pemain andalan PSG di lini depan. Sejauh ini, pemain berusia 21 tahun tersebut sudah bermain 1182 menit dalam 17 pertandingan. Ia pun sudah mencetak 13 gol dan delapan assist sejauh ini.

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Dendy Gandakusumah/Editor: Serafin Unus Pasi/Published: 23/12/2020)

13 dari 13 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer