Sukses


6 Kiper Terbaik yang Pernah Dimiliki Inter Milan: Berkontribusi Besar untuk Gelar Juara

Bola.com, Jakarta - Samir Handanovic kini masih berstatus kiper utama Inter Milan. Penjaga gawang asal Slovenia itu sudah mengawal gawang Nerazzurri sejak 2012.

Handanovic datang dari Udinese. Kiper yang kini sudah berusia 36 tahun itu sudah mencatatkan 365 pertandingan bersama Nerazzurri dengan torehan 127 clean sheet.

Namun, performa Handanovic di bawah mistar gawang Inter Milan pada Serie A musim 2020/2021 mendapatkan sorotan. Jumlah gol yang bersarang di gawangnya cukup tinggi.

Dari 17 pertandingan yang sudah dijalaninya pada musim ini, Handanovic sudah kemasukan 23 gol. Tentu itu bukan kabar yang baik bagi pelatih Inter Milan, Antonio Conte.

Inter Milan kabarnya tengah mencari kiper baru. Nerazzurri ingin mendatangkan pengganti Handanovic yang sudah dianggap tidak muda lagi.

Padahal sebelum kehadiran Handanovic, Inter Milan punya banyak kiper hebat, bahkan yang mampu memperlihatkan performa apik meski tak lagi mdua.

Berikut adalah deretan kiper terbaik yang pernah dimiliki Inter Milan.

Video

2 dari 7 halaman

Giuliano Sarti

Giuliano Sarti adalah kiper Inter Milan dari era Grande Inter yang dilatih Helenio Herrera. Mantan pemain nomor punggung 1 Nerazzurri itu merupakan satu di antara beberapa kiper terbaik Italia.

Sarti memperkuat Inter Milan selama lima tahun pada periode 1963-1968. Mantan penggawa Fiorentina itu meraih kesuksesan besar ketika bermain bersama Nerazzurri.

Sarti membantu Nerazzurri meraih dua titel Piala Eropa, dua Piala Interkontinental dan dua gelar juara liga. Total ia mencatat 160 laga dan 69 nirbobol.

3 dari 7 halaman

Ivano Bordon

Ivano Bordon menghabiskan sebagian besar kariernya di Inter Milan. Kiper Italia itu memperkuat Nerazzurri antara 1970 hingga 1983.

Bordon membantu Inter meraih dua gelar Serie A dan dua Coppa Italia. Bordon juga menjadi bagian dari tim Inter Milan yang dikalahkan Ajax di final Piala Champions 1972.

Secara total, Bordon mencatat 381 penampilan bersama Inter Milan selama 14 musim. Dari jumlah itu, ia mengemas 156 clean sheet.

4 dari 7 halaman

Walter Zenga

Walter Zenga bermain untuk Inter Milan dari 1982 hingga 1994. Selama 12 tahun membela Nerazzurri, sederet prestasi berhasil diraihnya.

Untuk level klub, Zenga pernah membawa Inter meraih gelar Serie A dan Piala Super Italia. Selain itu, ia juga berhasil mengangkat Piala UEFA sebanyak dua kali.

Zenga juga merupakan salah satu kiper terbaik yang dimiliki oleh Timnas Italia. Posisinya nyaris tak tergantikan pada era 1985 sampai 1992.

5 dari 7 halaman

Gianluca Pagliuca

Gianluca Pagliuca menghabiskan sebagian besar tahun terbaiknya bersama Sampdoria. Dia pindah ke Inter Milan pada 1994 untuk menggantikan Walter Zenga.

Pagliuca mencatatkan 234 penampilan bersama Nerazzurri dengan 82 nirbobol. Dia memenangkan satu trofi Piala UEFA selama berseragam Inter Milan.

Pagliuca meninggalkan Inter Milan pada 1999 dengan pindah ke klub kota asalnya, Bologna. Ia mengakhiri kariernya bersama sebuah tim kecil bernama Ascoli.

6 dari 7 halaman

Francesco Toldo

Francesco Toldo menjadi kiper Inter Milan selama sembilan musim. Dia bergabung dengan Nerazzurri pada 2001 setelah diboyong dari Fiorentina.

Selama membela Inter Milan, Toldo membuat 233 penampilan di semua kompetisi dengan torehan 95 clean sheet. Namun, ia harus kehilangan tempatnya di bawah mistar setelah kedatangan Julio Cesar.

Kiper asal Italia ini meraih banyak gelar bersama Inter Milan. Dia berhasil memenangkan Serie A, Coppa Italia, Piala Super Italia dan Liga Champions.

7 dari 7 halaman

Julio Cesar

Julio Cesar datang ke Inter Milan pada 2005. Pemain asal Brasil itu kemudian menjelma menjadi kiper tersukses di Giuseppe Meazza.

Aksi Cesar dalam menjaga gawang tak perlu diragukan lagi. Dia berperan besar dalam membantu Inter meraih treble winners di bawah asuhan Jose Mourinho.

Total, Cesar mencatatkan 300 pertandingan selama tujuh musim dan membukukan 128 nirbobol.

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 15/1/2021)

Video Populer

Foto Populer