Sukses


5 Fakta Jelang Final Liga Europa, Villarreal Vs Manchester United: Waspadai Rapor Unai Emery

Bola.com, Jakarta - Pertandingan seru bakal tersaji ketika Villarreal bertemu Manchester United pada partai final Liga Europa 2020/2021 pada 27 Mei nanti pukul 02.00 WIB. Laga ini tersaji di tempat netral yaitu Stadion Energa Gdansk.

Untuk diketahui Villarreal lolos ke final setelah mengalahkan Arsenal di semifinal. Sementara Manchester United mengandaskan AS Roma.

Jika melihat rekam jejak skuad asuhan Unai Emery, Villarreal punya potensi besar mempersulit Manchester United. Lihat bagaimana cara Gerard Moreno dan kawan-kawan mengandaskan Arsenal di semifinal.

Bukan hanya itu, sosok Unai Emery juga sangat krusial pada final Liga Europa ini. Maklum ia punya rekam jejak fantastis pada kompetisi kasta kedua Eropa.

Saat menangani Sevilla, Unai Emery membawa tim menjadi juara Liga Europa sebanyak tiga tahun berurutan, tepatnya pada 2013/2014, 2014/2015, dan 2015/2016.

Sementara itu, seperti yang sudah diketahui, Manchester United sudah lama tidak memenangkan trofi juara. Terakhir kali, Setan Merah menjadi juara di tahun 2017 silam.

Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer menyebut bahwa ketika timnya memenangkan Liga Champions di tahun 1999 memberikan dampak besar bagi timnya. Jadi ia percaya efek serupa akan terjadi jika timnya memenagkan Liga Europa nanti.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

5 Fakta Menarik

1. Villarreal dilatih oleh Unai Emery yang pernah mengantarkan Sevilla menjadi juara Liga Europa kurun waktu tiga musim berturut-turut pada periode 2013/2014, 2014/2015, dan 2015/2016. Dia juga pernah membawa Arsenal ke final Liga Europa 2018/2019 meski dikalahkan Chelsea.

2. Dalam perjalanan ke final Liga Europa, Manchester United mengalahkan dua tim asal La Liga pada fase knock-out. Pertama mengeliminasi Real Sociedad di babak 32 besar dan Granada di perempat final.

3. Villarreal bertemu Manchester United suddah bertemu sebanyak empat kali pada kompetisi Eropa, semua berlangsung di fase grup Liga Champions. Menariknya semua pertandingan berakhir imbang tanpa gol alias 0-0.

4. Rekor keseluruhan Villarreal saat bersua tim Inggris di kompetisi Eropa adalah menang lima kali, imbang tujuh kali, dan kalah lima kali. Pertemuan kontra Manchester United di laga final Liga Europa merupakan kali pertama Villarreal bersua tim Inggris di tempat netral.

5. Manchester United hanya menang 16 kali dari total 61 pertemuan kontra tim Spanyol di kalender pertandingan kompetisi UEFA. Dalam jumlah itu, Setan Merah imbang 23 kali dan lalah 22 kali.

Sumber: UEFA

Video Populer

Foto Populer