Sukses


Hasil Liga Champions: Gol Cristiano Ronaldo Sia-sia, Kartu Merah Aaron Wan-Bissaka Bikin Manchester United Digasak Young Boys

Bola.com, Swiss - Manchester United pulang tanpa poin dari lawatannya ke markas Young Boys setelah kalah 1-2 dalam laga matchday pertama Liga Champions 2021/2022, Rabu (15/9/2021) dini hari WIB. Gol Cristiano Ronaldo pada babak pertama seakan sia-sia karena tim tuan rumah mampu comeback pada akhir pertandingan.

Manchester United membuka keunggulan melalui gol yang dicetak oleh Cristiano Ronaldo pada menit ke-13. Memanfaatkan umpan terobosan menyilang dari Bruno Fernandes, CR7 menjemput bola di dalam kotak penalti Young Boys dan melepaskan temnakan yang membuat bola meluncur di antara dua kaki kiper tim tuan rumah dan masuk ke dalam gawang.

Pada menit ke-34, Manchester United harus mulai bermain dengan 10 pemain setelah wasit mengeluarkan kartu merah langsung kepada bek sayap The Red Devils, Aaron Wan-Bissaka. Bek Manchester United itu dianggap melanggar dengan keras pemain Young Boys, Christopher Martins Pereira.

Kehilangan satu pemain di sisi sayap pertahanan membuat Ole Gunnar Solskjaer tidak mau ambil risiko. Diogo Dalot pun dimasukkan oleh manajer Manchester United itu untuk mengisi sisi kanan pertahanan timnya dan menarik keluar Jadon Sancho.

Situasi tersebut membuat lini pertahanan Manchester United masih lengkap, dan lini tengah diisi oleh empat pemain, yaitu Fred, Donny van de Beek, Paul Pogba, dan Bruno Fernandes, menyisakan hanya Cristiano Ronaldo sendirian di lini depan.

Unggul jumlah pemain membuat Young Boys cukup termotivasi untuk melancarkan serangan berbahaya. Satu di antaranya dibuat oleh Christian Fassnacht pada menit ke-37, di mana tembakannya tanpa kawalan hampir saja menjebol gawang Manchester United. Sayang, bola meluncur tipis di luar sisi kanan gawang The Red Devils.

Tim tuan rumah makin percaya diri dalam waktu tersisa di babak pertama. Para pemain Young Boys memaksa Manchester United bermain bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda 45 menit pertama berakhir.

2 dari 3 halaman

Main Bertahan, Manchester United Gagal Menang

Solskjaer tampaknya memutuskan untuk bermain lebih bertahan pada babak kedua. Sudah unggul satu gol dan harus bermain dengan 10 pemain, tampaknya manajer Manchester United itu tidak ingin ambil risiko kebobolan dan gagal meraih kemenangan.

Hal tersebut terlihat dengan keputusannya menarik keluar Donny van de Beek demi memasukkan Raphael Varane pada awal babak kedua. The Red Devils kini memainkan lima pemain bertahan dan mengandalkan tiga pemain di lini tengah, yaitu Bruno Fernandes, Fred, dan Paul Pogba.

Hal tersebut membuat Young Boys memiliki kesempatan untuk bermain lebih tenang dan berusaha untuk menyerang. Namun, Manchester United tak ingin begitu saja ditekan.

Bahkan melalui sebuah serangan balik, Manchester United mendapatkan peluang lewat Cristiano Ronaldo pada menit ke-54. Sayangnya bintang asal Portugal itu dijatuhkan di kotak penalti, tapi wasit menilai itu bukan sebuah pelanggaran.

Tekanan yang dilakukan tim tuan rumah akhirnya berbuah hasil pada menit ke-65. Ole Gunnar Solskjaer harus membayar keputusannya untuk bermain bertahan setelah Young Boys mencetak gol lewat sontekan Nicolas Ngamaleu yang memaksimalkan umpan silang mendatar dari Meschak Elia.

Dalam kedudukan masih imbang 1-1, Solskjaer membuat keputusan yang mengejutkan lagi. Tepatnya pada menit ke-71, manajer asal Norwegia itu malah menarik keluar Cristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes yang jadi tumpuan di lini depan dan memasukkan Jesse Lingard dan Nemanja Matic.

Manchester United terus ditekan. Sejumlah peluang diciptakan oleh tim tuan rumah dan memaksa David De Gea bekerja cukup keras pada babak kedua pertandingan.

Hingga akhirnya tim tuan rumah berhasil berbalik unggul 2-1 pada masa injury time. Kesalahan Jesse Lingard dalam melakukan backpass dimaksimalkan oleh Jordan Siebatcheu untuk mencetak gol ke gawang yang dikawal David De Gea.

Gol tersebut benar-benar menjadi antiklimaks bagi Manchester United yang harus pulang tanpa poin, sementara bagi tuan rumah dan para pendukungnya, gol tersebut membawa kemenangan berharga dalam mengawali kiprah mereka di Liga Champions musim ini.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

 

  • Young Boys (4-2-3-1): David von Ballmoos; Silvan Hefti, Mohamed Ali Camara, Sandro Lauper, Ulisses Garcia; Christopher Martins Pereira, Vincent Sierro; Christian Fassnacht, Michel Aebischer, Nicolas Ngamaleu; Meschak Elia
  • Pelatih: David Wagner
  • Manchester United (4-2-3-1): David De Gea, Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire, Luke Shaw; Donny van de Beek, Fred; Paul Pogba, Bruno Fernandes, Jadon Sancho; Cristiano Ronaldo
  • Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

Video Populer

Foto Populer