Sukses


Ketika Bayaran Agen Pemain Menyentuh Langit, Bisa Buat Menggaji Cristiano Ronaldo Selama 15 Tahun

Bola.com, Jakarta - Industri sepak bola di di dunia khususnya Eropa berjalan dengan begitu mewahnya. Tidak hanya gaji para pesepak bola beken dunia yang berkiprah di dunia, namun juga para agen.

Kiprah para agen ini ikut menentukan kepindahan atau karier para pemain dalam ikatan kerja sama. Siapa yang kenal nama Mino Raiola, Jorge Mendes, Paul Stretford, Pere Guardiola, atau Pini Zahavi.

Mereka adalah Sebagian di antara orang yang mendapat predikat super agen, karena memiliki ikatan dengan pesepak bola top dunia. Hebatnya lagi, bayaran mereka jika dikumpulkan sangat besar nilainya.

Terbaru berdasarkan laporan dari Marca, Kamis (16/12/2021), jika ditotal para agen pemain mendapatkan komisi hingga 452 juta euro pada 2021. Nominal itu jika dirupiahkan mencapai Rp 7,355 triliun. Sebuah angka yang sangat fantastis.

Saking banyaknya perputaran nilai tersebut, bahkan bisa menggaji seorang Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo dalam jangka waktu yang lama. Inilah hebatnya industri sepak bola Eropa yang dilakukan para agen pemain.

 

2 dari 3 halaman

Kalkulasinya

Dalam kabar dari Marca, tercatat ada 17.945 transfer yang melibatkan pemain profesional dalam sistem manajemen transfer FIFA. Ada 3.545, hampir 20 persen dengan melibatkan setidaknya satu agen.

Klub-klub Eropa menghitung 95,8 persen dari 452 juta euro yang dihabiskan untuk komisi agen, dengan klub-klub Inggris memimpin pengeluaran sebesar 117,96 juta euro, diikuti oleh Jerman (74,77 juta euro), Italia (65 juta euro), Spanyol (30,8 juta euro), Prancis dan Portugal (26 juta euro),

Jumlah itu berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan oleh FIFA baru-baru ini. Total pengeluaran transfer klub turun untuk tahun kedua berturut-turut, sebesar 13,9 persen dibandingkan dengan 2020, tetapi biaya agen naik 0,7 persen.

Menurut laporan FIFA, Perantara dalam Transfer Internasional, lebih dari 3,1 miliar euro telah dihabiskan untuk agen dalam satu dekade terakhir yang melibatkan 1.287 pemain profesional ditransfer.

Di antara hampir 18.000 transfer itu, 1.287 adalah kesepakatan internasional dengan 300 yang melibatkan seorang agen. Adapun sejak 2017, FIFA telah berupaya membuat sistem transfer lebih adil dan transparan.

Aturan baru tentang agen akan mulai berlaku pada tahun 2022, meskipun agen seperti Mino Raiola, Jonathan Barnett dan Pedro Bravo telah menolak keras.

3 dari 3 halaman

Gaji Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo baru saja kembali ke Manchester United di bursa transfer musim panas 2021 kemarin. CR7 dikabarkan menjadi pemain dengan gaji tertinggi di Liga Inggris setelah resmi kembali bergabung dengan Setan Merah.

Diketahui, Man United menawari kontrak dua tahun dengan gaji 31,15 juta euro. (setara Rp492,6 miliar) per musim (480 ribu per pekan).

Sebelum Cristiano Ronaldo datang, pemain dengan gaji tertinggi di Liga Inggris ditempati gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne. Gelandang asal Belgia itu mendapatkan 385 ribu pounds atau sekira Rp7,58 miliar per pekan.

Lantas apa hubungannya dengan para super agen tadi? Jumlah total bayaran yang diterima seluruh agen di dunia, setidaknya bisa membayar gaji seorang Cristiano Ronaldo dalam kurun waktu 15 tahun.

Sumber: Marca

Video Populer

Foto Populer