Sukses


VIDEO: Sanksi FIFA dan UEFA untuk Timnas dan Klub dari Rusia

Bola.com, Jakarta - Badan sepak bola, FIFA dan UEFA, memberi sanksi tegas kepada semua yang berkaitan dengan Rusia. Sanksi itu merupakan dampak dari aksi Rusia menginvasi negara Ukraina.

Sanksi yang diberikan FIFA dan UEFA berlaku hingga pemberitahuan selanjutnya. Hukuman yang diberikan FIFA yaitu Timnas Rusia tidak boleh melakoni pertandingan menghadapi Polandia dalam babak semifinal play-off Piala Dunia Watar 2022, seperti dilansir Guardian. Laga tersebut seharusnya dimainkan pada 24 Maret 2022.

FIFA juga mencoret Timnas Rusia putri dari ajang Piala Eropa 2022 yang digelar di Inggris. Rusia seharusnya tergabung di Grup C bersama dengan Belanda, Swedia, dan Swiss.

UEFA memberi sanksi mencoret Spartak Moscow dari ajang Liga Europa. Alhasil, RB Leipzig, yang menjadi tim lawan, langsung lolos ke babak perempat final.

UEFA juga mengakhiri kerja sama sponsor dengan Gazprom, sebuah perusahaan gas dari Rusia. Dengan demikian, Gazprom tidak lagi menjadi sponsor Liga Champions, kompetisi untuk tim nasional yang diselenggarakan UEFA, dan termasuk Piala Eropa 2024.

Sanksi dari FIFA sebenarnya sebelumnya masih lunak, yaitu Rusia masih diperbolehkan mengikuti play-off Piala Dunia tetapi dengan nama badan sepak bola negara itu, RFS, dan bermain di tempat netral. Namun, keputusan tersebut akhirnya diubah dan menjadi sanksi tegas setelah mendapat desakan dari beberapa anggota FIFA, seperti dari Polandia, Inggris, Wales, Skotlandia, dan Republik Irlandia.

Beberapa organisasi dunia untuk cabang olahraga yang lain juga mengambil langkah tegas, seperti yang dilakukan FIFA dan UEFA. Salah satunya BWF, federasi bulu tangkis dunia, yang membatalkan semua turnamen yang digelar di Rusia dan Belarusia, termasuk tidak diperbolehkannya bendera dan lagu kebangsaan kedua negara tersebut, seperti dilansir BBC.

Video Populer

Foto Populer