Sukses


Cerita Igor Belanov, Peraih Ballon d'Or yang Kini Gabung Militer Ukraina

Bola.com, Jakarta - Mantan striker Igor Belanov, yang memenangkan Ballon d'Or 1986, telah bergabung dengan pasukan militer Ukraina untuk membantu negaranya setelah invasi Rusia.

Belanov memenangkan delapan gelar di Dynamo Kiev, setelah bermain untuk Borussia Moenchengladbach dan Eintracht Braunschweig pada 1980-an dan 1990-an.

Saat ini dia berusia 61 tahun. Belanov merupakan satu dari tiga pemain Ukraina untuk memenangkan Ballon d'Or, bersama dengan Oleh Blokhin (1975) dan Andriy Shevchenko (2004), Belanov telah bergabung dengan tentara untuk melindungi Ukraina.

Mantan striker itu bertemu dengan presiden Asosiasi Sepak Bola Ukraina, Andriy Pavelko, setelah yang terakhir mengunjungi kampung halamannya di Odessa Rabu (6/4/2022. Kedua pria itu berbicara dengan berbagai kelompok militer dan membagikan bantuan dan hadiah.

 

Belanov memposting serangkaian gambar dirinya memegang pistol dan berpose dengan tentara lain, lalu mengunggah ke Facebook untuk memuji angkatan bersenjata Ukraina.

"'Keberanian luar biasa dan semangat juang yang tiada habisnya," tulisnya.

"Semua ini dan banyak lagi menjadi ciri tentara kami dari Angkatan Bersenjata Ukraina. Kami bersama Anda."

2 dari 3 halaman

Fakta Igor Belanov

  • Igor Belanov bermain untuk Dynamo Kiev, memenangkan Piala Winners 1986
  • Dia hanya satu dari tiga orang Ukraina yang memenangkan penghargaan bergengsi Ballon d'Or
  • Mantan penyerang juga bertemu dengan presiden FA Ukraina di Odessa
  • Mereka  bertemu untuk melakukan pembicaraan dengan sejumlah kelompok militer, serta untuk membagikan bantuan
3 dari 3 halaman

Ballon d'Or

  • Lahir di Odessa, Belanov memulai kariernya secara profesional di kampung halamannya bersama SKA Odessa dan Chornomorets Odessa.
  • Belanov akhirnya mewakili Uni Soviet sebanyak 33 kali, mencetak delapan gol selama periode lima tahun setelah melakukan debutnya pada 1985.
  • Setahun kemudian, dia secara mengejutkan menjadi pemenang Ballon d'Or setelah membantu Dynamo Kiev memenangkan Piala Winners Eropa menyusul kemenangan 3-0 atas Atletico Madrid di final.

Sumber: Marca, Daily Mail

Video Populer

Foto Populer