Sukses


Perolehan Poin Sang Juara di 5 Liga Top Eropa: Man City Tertinggi, Bayern Munchen Paling Minim

Bola.com, Jakarta - Lima liga top Eropa telah berakhir dan trofi juara pun berhasil diraih para kampiun. Lantas, sang juara mana yang memiliki perolehan poin tertinggi pada musim ini?

AC Milan menyudahi dahaga gelar Serie A selama 11 tahun. Milan memastikan Scudetto musim 2021/2022 setelah menang 3-0 atas Sassuolo pada pekan terakhir di Mapei Stadium, Minggu (22/5/2022) malam WIB.

Di Inggris, kemenangan Liverpool saat menjamu Wolverhampton Wanderers terasa agak hampa. Pasalnya pada laga lain, Manchester City mampu membalikkan kedudukan dari tertinggal 2-0 menjadi menang 3-2 saat menjamu Aston Villa di Stadion Etihad.

Hasil tersebut membuat Liverpool harus puas finis di urutan kedua klasemen akhir Premier League 2021/2022. The Reds hanya terpaut satu angka dari Man City yang keluar sebagai juara.

Lalu, berapa jumlah poin yang dikumpulkan para jawara di lima liga top Eropa musim ini? Berikut ini adalah ulasannya.

 

 

2 dari 6 halaman

Serie A

Persaingan Serie A musim 2021/2022 sangat seru. Tidak ada Juventus, tetapi duo Milan saling sikut hingga pekan terakhir. AC Milan akhirnya meraih Scudetto setelah mendapatkan 86 poin, dua poin lebih banyak atas Inter.

AC Milan dan Inter Milan sama-sama empat kali kalah musim ini. Bedanya, Milan mampu meraih 26 kemenangan dan Inter 'hanya' 25 kali menang. Sementara itu, musim lalu, Inter menjadi juara dengan raihan 91 poin.

 

3 dari 6 halaman

Premier League

Seperti di Serie A, juara Premier League juga baru ditentukan pada pekan ke-38. Bedanya, Manchester City butuh 93 poin untuk menjadi juara. Man City punya tujuh poin lebih banyak dibandingkan AC Milan.

Man City hanya unggul satu angka atas Liverpool yang berada di posisi kedua. Musim 2021/2022, Liverpool terlalu sering bermain imbang (8) kali sehingga kalah bersaing dengan Man City yang sejatinya lebih sering kalah (3 berbanding 2 dengan Liverpool).

 

4 dari 6 halaman

Bundesliga

Bayern Munchen meraih 77 poin untuk menahbiskan diri sebagai penguasa Bundesliga 2021/2022. Jumlah poin yang didapat Die Roten paling sedikit jika dibanding lima juara liga top Eropa. Tetapi, Bayern hanya memainkan 34 laga.

Die Bayern unggul delapan poin atas Borussia Dortmund yang berada di posisi kedua. Musim lalu, Bayern Munchen mendapat 78 poin, unggul 13 angka atas RB Leipzig yang berada di posisi kedua. Bayern musim ini lima kali kalah dan musim lalu hanya empat kali.

 

5 dari 6 halaman

La Liga

Real Madrid sukses mengamankan gelar juara La Liga musim 2021/2022. Madrid menutup musim dengan raihan 86 poin, sama dengan AC Milan di Serie A. Real Madrid banyak kehilangan poin pada pekan akhir La Liga.

Madrid memastikan gelar juara La Liga pada pekan ke-34. Setelah itu, Los Blancos lebih fokus ke Liga Champions. Madrid hanya sekali menang pada empat laga terakhir. El Real unggul 13 poin dari Barcelona yang berada di posisi kedua.

6 dari 6 halaman

Ligue 1

PSG merebut gelar juara Ligue 1 setelah musim lalu diraih Lille. PSG bisa disebut tidak punya kendala berarti musim ini. Materi pemain mereka jauh di atas klub Ligue 1 lain, terutama dengan kedatangan Lionel Messi.

PSG mendapatkan 86 poin dari 38 laga yang dimainkan. PSG hanya empat kali merasakan kekalahan yakni saat bersua Monaco, Nice, Nantes, dan Rennes. PSG unggul 15 poin dari Marseille yang ada di posisi kedua.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin/Published: 23/5/2022)

Video Populer

Foto Populer