Sukses


Mengenal Lecce, Klub Liga Italia yang Sahamnya Dibeli Bos Emtek

Bola.com, Jakarta - Pengusaha asal Indonesia, Alvin Sariatmadja bersama konsorsium, resmi menjadi pemilik saham dari klub promosi Serie A 2022/2023, Lecce.

Kepastian itu diumumkan langsung oleh akun resmi Lecce. Mereka mengonfirmasi bahwa bos Emtek tersebut bersama dua penguasaha berdarah Swiss-Italia menjadi pemilik saham yang baru dari Lecce.

Sebelumnya beredar kabar bahwa Raffi Ahmad-lah yang akan membeli saham Lecce. Namun ternyata Alvin Sariatmadja lah bersama konsorsium Boris Collardi dan Pascal Picci, yang menjadi pemilik 10% saham Lecce itu.

Bagi para penggemar Liga Italia, tentu sudah tidak asing dengan Lecce.

2 dari 6 halaman

Satu Abad

Bagi yang asing dengan Lecce, mereka bukanlah klub kemarin sore. Namun mereka adalah klub yang berusia satu abad lebih.

Ya, Lecce adalah klub Italia yang didirikan pada tahun 1908. Klub ini didirikan dengan nama Sporting Club Lecce, di mana awalnya klub ini terdiri dario klub sepakbola, klub atletik dan klub bersepeda.

Pada tahun 1927, klub ini berganti nama menjadi Unione SPortiva Lecce, dan nama itu tetap dipertahankan hingga hari ini.

Pada  tahun pertama mereka berganti nama, Lecce berhasil promosi ke Serie B. Namun sayang tidak lama berselang mereka degradasi ke Serie C lagi.

3 dari 6 halaman

Naik Turun

Hingga tahun 1984, Lecce naik turun di Serie B dan Serie C. Mereka pertama kali merasakan promosi ke Serie A di tahun itu, di mana mereka menjadi runner up Serie B sehingga mereka bisa lolos ke Serie A.

Lecce sempat dua kali menjuarai Serie B, yaitu di musim 2009/10 dan 2021/22. Sementara di Serie C, mereka sempat empat kali juara yaitu pada musim 1945/46, 1975/76, 1995/96, 2017/18.

4 dari 6 halaman

Belum Lama Degradasi

Lecce sebenarnya belum lama terdegradasi dari Serie A. Mereka terakhir kali bermain di kasta tertinggi sepak bola Italia itu pada musim 2018/2019.

Pada saat itu Lecce menunjukkan performa yang impresif. Karena pada tahun 2017/18 mereka promosi ke Serie B sebagai juara Serie C, lalu satu tahun di Serie B mereka langsung promosi ke Serie A karena menjadi runner up Serie B, kalah satu poin saja dari Brescia yang keluar sebagai juara.

Namun sayang Lecce hanya bertahan satu musim saja di Serie A, karena mereka mengakhiri musim sebagai peringkat 18 klasemen akhir Serie A.

5 dari 6 halaman

Promosi, Pemilik Saham Baru

Konsorsium bentukan Boris Collardi, Pascal Picci, dan Alvin Sariaatmadja, resmi mengakuisisi 10 persen saham klub.

Pascal Picci dan Alvin Sariaatmadja adalah dua investor terbaru Lecce menyusul sukses klub berjulukan I Salentini ini promosi ke kasta tertinggi Liga Italia. Kedua pihak bekerja sama dengan Collardi, bankir asal Italia sekaligus kepala konsorsium.

Alvin Sariaatmadja diketahui merupakan rekanan Collardi. Keduanya bekerja sama di bidang media dan bisnis digital.

"Saya sepenuhnya menyadari betapa bersemangatnya orang-orang untuk tim ini, seberapa banyak yang mengikuti Giallorossi dan juga untuk alasan ini kami sangat bangga menjadi bagian dari proyek ini. Kami ingin melakukan segalanya untuk memastikan bahwa kami tetap berada di level tertinggi sepak bola Italia," kata Alvin.

 

Bola.net (Serafin Unus Pasi, 28/5/2022)

6 dari 6 halaman

Selamat Datang Kembali Lecce di Serie A!

Video Populer

Foto Populer