Sukses


Cristiano Ronaldo Gabung Al Nassr: Dari UCL dan Liga Europa ke Liga Champions Asia, Bisa Ketemu Juara Liga 1 Nih

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo telah resmi menjadi pemain klub Arab Saudi, Al Nassr, Sabtu (31/12/2022).

CR7 mungkin tidak akan menyangka jika karier sepak bolanya bakal berubah 180 derajat hanya dalam kurun waktu beberapa bulan.

Beberapa waktu lalu, pemain yang sering dipanggil netizen Indonesia dengan sebutan Bang Dodo itu dikabarkan sangat ngebet bermain di Liga Champions Eropa.

Situasi itu yang membuat Cristiano Ronaldo disebutkan ingin meninggalkan Manchester United (MU) pada bursa transfer musim panas lalu.

Cristiano Ronaldo dan MU akhirnya bercerai pada pada 23 November 2022 atau ketika Bang Dodo dalam masa persiapan membela Timnas Portugal di Piala Dunia 2022.

2 dari 6 halaman

Liga Champions Asia

Cristiano Ronaldo akan bermain untuk Al-Nassr di Saudi Professional League atau kasta teratas Liga Arab Saudi 2022/2023, King Cup, dan Piala Arab Saudi 2022/2023.

Selain itu, Cristiano Ronaldo juga berpeluang berkancah di Liga Champions Asia 2023/2024 jika Al-Nassr lolos ke turnamen antarklub Asia itu pada musim depan.

Lantas, bagaimana caranya? Arab Saudi menjadi negara dengan kuota terbanyak di Liga Champions Asia pada musim depan bersama Iran. Kedua negara mendapatkan alokasi tiga tim lolos ke babak penyisihan dan satu tim di play-off.

3 dari 6 halaman

Kuota Klub Arab Saudi

Tiga tim yang bisa melaju ke penyisihan grup Liga Champions Asia berasal dari juara Liga Arab Saudi 2022/2023, kampiun Liga Arab Saudi 2021/2022, dan pemenang Piala Arab Saudi 2022/2023.

Karena kebijakan AFC yang mengubah format Liga Champions Asia dari per tahun menjadi lintas tahun, maka kampiun Liga Arab Saudi dan Piala Aran Saudi 2021/2022 bakal mengikuti edisi 2023/2024.

Dari empat jatah Arab Saudi itu, dua di antaranya telah disegel Al-Hilal sebagai kampiun Liga Arab Saudi 2021/2022 di babak penyisihan dan Al-Fayha yang berlabel juara Piala Arab Saudi 2021/2022 di play-off.

Dua tiket tersisa lagi untuk penyisihan grup bakal menjadi milik juara Liga Arab Saudi 2022/2023 dan Piala Arab Saudi 2022/2023.

4 dari 6 halaman

Peluang Klub Indonesia di LCA

Sesama peserta dari Regional Barat akan bertanding mulai dari penyisihan grup, perdelapan final, hingga semifinal. Begitu pula kontestan Regional Timur. Kedua wakil regional baru bisa bertemu di final Liga Champions Asia.

Indonesia mempunyai satu slot di Liga Champions Asia 2023/2024 yang kemungkinan bakal menjadi milik jawara BRI Liga 1 2022/2023.

Namun, jawara BRI Liga 1 harus lebih dulu bermain di play-off sebelum lolos ke babak penyisihan Liga Champions Asia. Tahapannya pun cukup panjang.

Mengacu kepada edisi 2020 ketika terakhir kali Indonesia mendapatkan jatah di Liga Champions Asia, Bali United selaku jawara Liga 1 2019 harus merangkak dari Play-off mulai pre-eliminasi pertama, pre-elimnasi kedua, dan play-off sebelum melaju ke babak penyisihan.

5 dari 6 halaman

Jalan Panjang Klub Indonesia

Level lawannya pun berbeda dan jauh lebih berat dalam setiap jenjangnya. Mulai dari melawan sesama wakil Asia Tenggara (ASEAN) di pre-eliminary pertama, tim Australia di pre-eliminary kedua, dan klub Korea Selatan, Jepang, hingga China di play-off.

Sejak dua edisi terakhir, AFC menghapus babak pre-eliminary kedua. Jadi, dari pre-eliminary pertama lalu melaju ke play-off baru melangkah ke penyisihan grup Liga Champions Asia.

Andai lolos ke babak penyisihan Liga Champions Asia, jawara BRI Liga 1 berpeluang satu grup dengan raksasa-raksasa dari Regional Timur seperti klub Korea Selatan, Jepang, China, hingga Malaysia.

Bila dewi fortuna dan keajaiban selalu menaungi, jawara BRI Liga 1 baru bisa bertemu dengan Cristiano Ronaldo di partai puncak Liga Champions Asia 2023/2024.

6 dari 6 halaman

Pembagian Zona LCA

Bila aturannya masih sama seperti edisi-edisi sebelumnya, pembagian babak penyisihan di Liga Champions Asia dibagi ke Regional Barat dan Regional Timur.

Arab Saudi masuk Regional Barat pada Grup A hingga Grup E, sementara Indonesia berada di Regonal Timur pada Grup F hingga Grup J.

Selain Arab Saudi, Regional Barat diisi oleh tim dari Qatar, Iran, Uzbekistan, Uni Emirat Arab (UEA), Yordania, Tajikistan, Irak, Turkmenistan, India, Lebanon, Bangladesh, dan Oman.

Sementara, termasuk Indonesia, Regional Barat dihuni klub dari Korea Selatan, Jepang, China, Thailand, Hong Kong, Vietnam, Korea Utara, Filipina, Malaysia, Australia, dan Singapura.

Video Populer

Foto Populer