Sukses


Ditunjuk Jadi Pelatih Timnas Portugal, Roberto Martinez Bakal Ajak Cristiano Ronaldo Berdiskusi

Bola.com, Lisbon - Roberto Martinez resmi ditunjuk sebagai pelatih anyar Timnas Portugal. Untuk lebih mengenal anak asuhnya, Martinez akan mengajak para pemain A Selecao berdiskusi, termasuk Cristiano Ronaldo.

Mantan manajer Everton itu baru saja ditunjuk jadi pelatih anyar Timnas Portugal pada Senin (9/1/2023). Roberto Martinez dikontrak dengan durasi selama 3,5 tahun atau hingga Piala Dunia 2026 berakhir.

Bagi Martinez, menangani tim nasional bukanlah hal baru. Portugal akan menjadi timnas kedua yang pernah ditanganinya, setelah sebelumnya duduk di kursi pelatih Timnas Belgia dari 2016 hingga 2022.

Sebagai pelatih baru, Roberto Martinez merasa perlu mengenal lebih dekat para pemain Timnas Portugal yang dibawa saat Piala Dunia 2022. Cristiano Ronaldo juga akan dilibatkan untuk melihat lebih detail peran seperti apa yang layak bagi pemain berusia 37 tahun itu.

 

2 dari 4 halaman

Dua Bulan Lagi

Martinez punya waktu sekitar dua bulan untuk mengenal para pemain, sebelum laga perdananya bersama Timnas Portugal pada Maret 2023. A Selecao dijadwalkan menghadapi Liechtenstein dalam lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2024.

"Keputusannya akan terlihat di lapangan. Saya juga tidak buru-buru untuk mengambil keputusan," ucap dia dilansir dari Express.

"Jadi sejak hari ini, saya ingin berbicara dan bertemu dengan seluruh pemain," imbuhnya.

 

3 dari 4 halaman

Perhitungkan Ronaldo

Martinez juga tidak buru-buru untuk menetapkan akan mempertahankan atau menyingkirkan Ronaldo dari skuad. Menurutnya, pengalaman dan prestasinya sebagai individu tetap harus diperhitungkan akan berguna bagi Portugal.

"Cristiano Ronaldo juga sudah ada dalam daftar saya untuk diajak bicara. Dia punya pengalaman 19 tahun di tim nasional, sehingga dia layak dapat respek. Jadi mari kita bicara," katanya.

Ronaldo memang mulai kehilangan tempat sejak Piala Dunia 2022. Fernando Santos, pelatih Timnas Portugal sebelumnya, berani untuk mencadangkan CR7 dalam dua laga babak gugur.

 

4 dari 4 halaman

Belum Pasti

Namun, Roberto Martinez juga memperingatkan belum membuat keputusan apapun. Dia mungkin akan mengambil keputusan seperti yang dilakukan Santos atau mungkin punya rencana lain terhadap Cristiano Ronaldo.

"Saya diberi kebebasan untuk menentukan siapa saja yang akan berangkat ke EURO. Mulai besok, saya coba bertemu dengan semua pemain," ungkapnya.

"Kami akan memulai proses itu untuk mengetahui siapa saja yang layak bergabung dengan tim. Kami akan buka kesempatan bagi semua pemain dan respek terhadap pemain yang sudah ada di tim," tandas dia.

Sumber: Express

Disadur dari: Bola.net (Abdi Rafi Akmal/Published: 10/1/2023)

Video Populer

Foto Populer