Sukses


Termasuk Erling Haaland, 3 Pemain Jebolan Piala Dunia U-20 2019 yang Kini Sukses di Eropa

Bola.com, Jakarta - Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Ajang ini rencananya berlangsung pada pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Ada enam stadion yang dijadikan venue pertandingan turnamen dua tahunan tersebut. Yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Sebelum itu, ada baiknya kita sedikit flashback ke edisi sebelumnya. Di Piala Dunia U-20 2019, Polandia didapuk sebagai tuan rumah. Kala itu Ukraina keluar sebagai kampiun setelah mengalahkan Korea Selatan 3-1 di partai puncak.

Ukraina sekaligus menjadi negara ke-11 yang berhasil merengkuh mahkota juara Piala Dunia U-20. Sebelumnya ada Uni Soviet (sekarang Rusia), Argentina, Jerman, Brasil, Serbia, Portugal, Spanyol, Ghana, Prancis, dan Inggris.

Piala Dunia U-20 menjadi pijakan awal karier para pemain muda untuk berprestasi di masa depan. Sejumlah nama bintang seperti Lionel Messi, Diego Maradona, Ronaldinho, Paul Pogba, Sergio Aguero, Mohamed Salah dan masih banyak lainnya pernah mentas di ajang ini.

Termasuk para pemain alumni Piala Dunia U-20 Ukraina pun kini telah meraih kesuksesan di level senior. Tak sedikit dari mereka yang memperkuat klub-klub top Eropa. Siapa saja mereka?

 Berikut daftar tiga alumnus Piala Dunia U-20 2019 yang kini menjadi bintang.

2 dari 4 halaman

Erling Haaland (Norwegia)

Yang pertama ada Erling Haaland. Pemain berusia 22 tahun itu menjelma menjadi bomber menakutkan. Sejak didatangkan Manchester City pada Juni 2022 lalu, kini Haaland telah mencetak 25 gol dari 19 laga di Premier League musim ini. Sedangkan di Liga Champions dia membukukan lima gol dari empat penampilan. Luar biasa!

Kala itu, di gelaran Piala Dunia U-20 2019 Ukraina, eks pemain RB Salzburg itu juga tampil gemilang. Pemilik nama lengkap Erling Braut Haaland itu merupakan top scorer Piala Dunia U-20 dengan torehan sembilan gol.

Semua gol dicetak Haaland dalam matchday ketiga kontra Honduras. Saat itu Norwegia menang dengan skor 12-0.

3 dari 4 halaman

Andriy Lunin (Ukraina)

Andriy Oleksiyovych Lunin jadi salah satu pemain jebolan Piala Dunia U-20 Ukraina. Selain sukses mengantarkan Ukraina juara, pemain berusia 23 tahun itu juga membawa pulang penghargaan sarung tangan emas sebagai kiper terbaik.

Saat mengikuti Piala Dunia U-20, Andriy Lunin tercatat sebagai pemain Real Madrid. Kala itu, Lunin direkrut Madrid pada bursa transfer musim panas 2018/2019. Dia didatangkan dari klub asal Ukraina, Zorya Luhansk.

Hanya saja, Lunin baru bermain untuk Los Merengues pada musim 2020. Sejak meneken kontrak bersama Madrid, Lunin sempat dipinjamkan ke beberapa klub Spanyol. Sebut saja Leganes (2018-2019), Real Valladolid (2019-2020), dan di loan selama setengah musim ke klub La Liga 2, Real Oviedo (2019-2020).

4 dari 4 halaman

Lee Kang In (Korea Selatan)

Nama terakhir ada Lee Kang In. Lee adalah peraih golden ball alias pemain terbaik di Piala Dunia U-20 2019. Sepanjang turnamen gelandang berusia 21 tahun itu tampil memukau.

Saat itu, dia tercatat sebagai pemain termuda Korea Selatan di Piala Dunia U-20 2019. Lee yang kala itu baru berusia 18 tahun turut membantu Taeguk Warriors menjadi runner-up, setelah dikalahkan Ukraina di final dengan skor 1-3.

Saat ini, Lee Kang In bermain untuk klub Liga Spanyol, Valencia. Musim ini pemain kelahiran Incheon, Korea Selatan itu mencetak dua gol dan empat assist dari 17 penampilan.

Video Populer

Foto Populer