Sukses


5 Pemain yang Diasah Lazio dan Mengilap Bersama AC Milan: Ada Alessandro Nesta dan Eks Bek MU

Bola.com, Jakarta - Perpindahan pemain dari dua klub yang bersaing di kompetisi yang sama adalah hal biasa. Begitu pun yang dilakukan oleh dua klub terkemuka Italia, AC Milan dan Lazio. Sejumlah pemain pernah tampil hebat bersama AC Milan setelah lebih dulu bermain bersama Lazio.

AC Milan dan Lazio memang tidak pernah terlibat dalam rivalitas dengan tensi tinggi. Maklum dua klub beda kota itu punya rivalnya masing-masing.

AC Milan jelas selalu berlomba menjadi yang lebih baik dengan Inter Milan. Sementara itu, Lazio adalah rival bebuyutan dari kota yang sama dengan AS Roma.

Tak memiliki rivalitas yang sengit, AC Milan dan Lazio justru memiliki hubungan yang sangat baik setiap bursa trasnfer dimulai. Rossoneri bahkan tercatat beberapa kali membajak pemain dari Lazio dan kemudan bersinar bersama Rossoneri.

Berikut para pemain AC Milan yang lebih dulu bergabung bersama Lazio dan menjadi pemain yang cukup diandalkan saat itu.

2 dari 7 halaman

1. Lucas Biglia

Lucas Biglia memulai kariernya di Italia bersama Lazio. Gelandang asal Argentina itu membela Le Aquile selama empat musim.

Pada musim panas 2017, Biglia memutuskan untuk pindah ke AC Milan. Dia datang ke San Siro dengan biaya transfer sebesar 19,7 juta euro.

Biglia memainkan 70 pertandingan selama tiga musim di San Siro. Mantan pemain Anderlecht itu lantas dilepas secara gratis pada akhir musim 2019/2020 setelah kontraknya habis.

3 dari 7 halaman

2. Massimo Oddo

Massimo Oddo mengawali kariernya di akademi sepak bola AC Milan. Namun, kariernya melambung setelah bermain untuk Lazio.

Oddo memperkuat Lazio selama lima musim dari tahun 2002 sampai 2007. AC Milan kemudian memulangkan sang bek kanan dengan biaya transfer senilai 7,75 juta euro.

Pada periode keduanya bersama Rossoneri, Oddo memenangkan lima gelar termasuk Serie A dan Liga Champions. Dia juga sempat dipinjamkan ke Bayern Munchen dan Lecce.

4 dari 7 halaman

3. Jaap Stam

Lazio mendatangkan Jaap Stam dari Manchester United pada musim panas 2001. Dia menjadi tumpuan lini belakang Lazio dan membantu klub ibu kota itu menjuarai Coppa Italia.

Memasuki musim panas 2004, Stam dibeli AC Milan. Rossoneri menebus bek berkepala plontos asal Belanda itu dengan biaya transfer sebesar 10,5 juta euro.

Stam menjalani kariernya di San Siro selama dua musim tahun. Dia mencatatkan 65 penampilan sebelum pulang kampung ke Belanda dengan bergabung bersama Ajax Amsterdam.

5 dari 7 halaman

4. Giuseppe Pancaro

Giuseppe Pancaro membela Lazio selama enam musim. Dia memenangkan tujuh gelar di klub ibu kota Italia tersebut termasuk Serie A dan Piala Winners.

Pada musim panas 2003, Pancaro pindah ke AC Milan dengan dibarter Demetrio Albertini. Fullback asal Italia itu cuma menghabiskan dua musim di San Siro.

Pancaro menjadi bagian penting Milan saat memenangkan Serie A pada musim 2003/2004. Dia meninggalkan Rossoneri pada musim panas 2005 dengan bergabung Fiorentina.

6 dari 7 halaman

5. Alessandro Nesta

Alessandro Nesta berlabuh di AC Milan pada 2002 silam. Dia didatangkan dari Lazio dengan biaya transfer sebesar 31 juta euro.

Bersama Rossoneri, Nesta mencatatkan 326 penampilan di semua kompetisi. Dia juga berhasil merengkuh banyak gelar bergengsi seperti Serie A dan juga Liga Champions.

Nesta menghabiskan 10 musim bersama Milan. Juara Piala Dunia 2006 itu meninggalkan San Siro pada 2012 dengan bergabung Montreal Impact.

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 23/1/2023)

7 dari 7 halaman

Persaingan di Serie A Liga Italia saat Ini

Video Populer

Foto Populer