Sukses


Peringkat Dunia Al-Nassr dan Saudi Pro League, Medan Pertarungan Baru Cristiano Ronaldo

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo telah menjalani pertandingan pertama di Arab Saudi pekan lalu. Dia turut berpartisipasi saat tim Riyadh All Star XI melawan Paris Saint-Germain yang diperkuat Lionel Messi.

Saat itu, Cristiano Ronaldo memang belum menjalani debut bersama klub barunya, Al-Nassr. Namun, superstar Portugal ini menjadi kapten di tim bintang yang terdiri dari dua klub di Riyadh, Al-Nassr dan Al-Hilal.

Beberapa hari kemudian, Ronaldo akhirnya memainkan laga perdana di Al-Nassr. Klub tersebut menghadapi Al-Ettifaq pada laga Liga Pro Saudi.

Laga ini berkesudahan 1-0 untuk kemenangan tuan rumah Al-Nassr. Meski tampil selama 90 menit, manta pemain Manchester United itu tidak mencetak gol.

Sebelum melihat kembali sepak terjang Cristiano Ronaldo bersama Al-Nassr, ada laporan dari The Athletic mengenai klub baru kapten Portugal ini. Seberapa bagus Al-Nassr dan bisakah jadi juara bersama Ronaldo?

 

2 dari 5 halaman

Peringkat Al-Nassr

Menggunakan data dari badan intelijen olahraga, Twenty First Group, laporan tersebut mengklaim klub baru Ronaldo, Al-Nassr, menempati peringkat ke-308 di dunia. Peringkat itu setara dengan tim kasta kedua Inggris alias Championship League seperti Luton dan Sunderland dalam data.

Sebagai perbandingan, mantan klub Ronaldo yakni Manchester United berada di peringkat ke-17 dunia. Jadi Ronaldo turun peringkat dari 17 dunia ke 308.

 

3 dari 5 halaman

Peringkat Saudi Pro League

Saudi Pro League dinilai sebagai liga berperingkat ke-58 di dunia berdasarkan rata-rata kekuatan tim pesertanya. Peringkat ini menempatkannya di bawah Liga Utama Skotlandia (ke-49), tetapi di atas Serie C (ke-68) di Italia.

Peringkat terburuk di Saudi Pro League masuk ke urutan sekitar 3.000 di dunia. Level tersebut sama dengan klub di papan tengah kasta kelima Liga Inggris, Conference National seperti FC Halifax Town dan Boreham Wood.

 

4 dari 5 halaman

Al-Nassr Tidak Buruk

Meskipun Ronaldo akan bermain dan bersaing dengan klub yang serupa kasta kedua bahkan lebih rendah di Liga Inggris, Al-Nassr tidak seburuk itu. Persaingan di Liga Pro Saudi juga sangat sengit dengan sejumlah mantan pemain Eropa berkiprah di sana.

"Dalam liga dan negara tertentu, relatif mudah untuk mengetahui siapa tim yang baik dan buruk," kata Omar Chaudhuri, kepala intelijen di Twenty First Group.

"Secara relatif, Al Nassr tidak seburuk itu, tetapi ada penurunan besar setelah Anda baru keluar dari tim peringkat 15 atau 20 besar dunia," sambungnya.

 

5 dari 5 halaman

Gol Ronaldo di Arab Saudi

Banyak yang mencoba memprediksi dampak Ronaldo di Al-Nassr dalam urusan mencetak gol. Twenty First Group memperkirakan gol Premier League bernilai sekitar 2,6 gol dari Liga Pro Saudi.

Mereka memprediksi Ronaldo bisa mencetak sekitar 21 gol melawan tim yang levelnya di bawah Premier League. Bahkan jumlahnya bisa saja lebih dari itu.

Sumber: The Athletic, Give Me Sports 

Video Populer

Foto Populer