Sukses


Suhu Vs Cupu di Bursa Transfer Eropa Januari 2023: Klub Inggris Mewah, Kasihan Spanyol dan Italia Jadi Penonton Doang

Bola.com, Jakarta - Jendela transfer pemain di Eropa Januari 2023 telah ditutup. Ada sejumlah klub top, terutama dari Liga Inggris yang membuat pergerakan agresif, tapi ada pula beberapa klub besar yang memilih pasif.

Sudah sejak lama bursa transfer tengah musim dikenal lebih rumit. Biasanya tim-tim top memang tidak mau mengambil risiko mendatangkan pemain baru, kecuali jika benar-benar terpaksa.

Ada banyak alasan mengapa bursa transfer musim dingin dianggap sulit. Intinya, pemain yang didatangkan di pertengahan musim biasanya akan lebih kesulitan beradaptasi dengan tim yang sudah terbentuk dan berjalan.

Biar begitu, Januari 2023 kali ini sedikit berbeda. Di Liga Inggris contohnya, ada Chelsea yang terlihat sangat agresif dan mendatangkan sampai delapan pemain baru, sebagian besar nama top.

Ada pula duo Spanyol, Barcelona dan Real Madrid yang memilih pasif dan menunggu musim panas nanti. Mungkin keduanya sudah cukup puas dengan skuad yang sekarang.

Nah tim-tim mana saja yang pantas disebut pemenang dan pecundang pada bursa transfer kali ini? Mari simak ulasan menarik di bawah ini:

2 dari 9 halaman

Pemenang: Chelsea

Pemain Masuk

  • David Datro Fofana (Molde)Benoit Badiashile (Monaco)
  • Andrey Santos (Vasco da Gama)
  • Joao Felix (Atletico Madrid)
  • Mykhailo Mudryk (Shakhtar Donetsk)
  • Noni Madueke (PSV Eindhoven)
  • Malo Gusto (Lyon)
  • Enzo Fernandez (Benfica)

Chelsea benar-benar unjuk gigi di bursa transfer Januari 2023. Di bawah Todd Boehly, The Blues bergerak agresif untuk memperkuat skuad dan menambah amunisi Graham Potter.

Kali ini Chelsea memecahkan rekor transfer dengan mendatangkan 8 pemain langsung di bursa transfer musim dingin. Mereka mengeluarkan lebi dari 300 juta pounds untuk merekrut pemain baru.

3 dari 9 halaman

Pemenang: Arsenal

Pemain Masuk

  • Leandro Trossard (Brighton)
  • Jakub Kiwior (Spezia)
  • Jorginho (Chelsea)

Sekitar dua tahun terakhir, Arsenal punya pendekatan yang jelas di bursa transfer. Mereka tidak mau perang harga dan hanya mau mendatangkan pemain yang cocok untuk skuad Mikel Arteta.

Januari ini Arsenal pun menunjukkan langkah yang sama. Mereka tidak mau terlibat perang harga untuk Mykhaylo Mudryk dan mengalihkan target pada Leandro Trossard.

 

4 dari 9 halaman

Pemenang: MU

Pemain Masuk

  • Jack Butland (Crystal Palace)
  • Wout Weghorst (Burnley)
  • Marcel Sabitzer (Bayern Munchen)

Manchester United sebenarnya tidak begitu aktif di bursa transfer Januari ini. Namun, Erik ten Hag menegaskan bahwa MU hanya mau merekrut pemain yang tepat dan dibutuhkan oleh tim.

Pendekatan tersebut benar-benar diterapkan MU. Mereka mendatangkan Wout Weghorst untuk memperkuat lini serang dan merekrut Marcel Sabitzer di deadline day demi menggantikan cedera Christian Eriksen.

5 dari 9 halaman

Pecundang: Liverpool

Pemain Masuk

  • Cody Gakpo (PSV Eindhoven)

Liverpool seharusnya lebih agresif di bursa transfer Januari. Mereka terseok-seok di Liga Inggris dan jelas bermasalah di lini tengah.

Nahasnya, Jurgen Klopp justru menegaskan bahwa Liverpool tidak akan belanja pemain sejak beberapa pekan lalu. Mereka hanya merekrut Cody Gakpo, tidak coba menambal masalah di lini tengah.

6 dari 9 halaman

Pecundang: Inter Milan

Pemain Masuk

  • Facundo Colidio (Tigre)

Inter Milan disebut pecundang bukan karena minimnya aktivitas transfer, tapi karena lambatnya pergerakan mereka dalam mengamankan Milan Skriniar.

Kontrak Skriniar habis pada musim panas 2023. Tawaran kontrak baru Inter terus ditolak karena angka yang kurang memuaskan. Alhasil, Skriniar bebas bernegosiasi dengan klub baru per Januari 2023 ini.

Dia sudah meneken kontrak bersama PSG dan akan meninggalkan Inter secara gratis pada akhir musim ini.

7 dari 9 halaman

Pecundang: AC Milan

Pemain Masuk

  • Devis Vazquez (Guarani)

AC Milan seharusnya membutuhkan pemain tambahan untuk meningkatkan kualitas skuad. Pasalnya, mereka terseok-seok di Liga Italia musim ini.

Milan sempat bagus di awal musim, tapi sekarang mulai kedodoran dalam perolehan poin Liga Italia. Anehnya, dalam situasi sulit seperti itu, Milan tetap tidak mendatangkan pemain baru untuk menambah amunisi skuad.

8 dari 9 halaman

Pecundang: Juventus

Pemain Masuk

  • Mohamed Ihattaren (Ajax)

Kondisi Juventus tidak lebih baik dari duo Milan. Bahkan musim ini bisa disebut sebagai musim terburuk Juventus dalam 10 tahun terakhir. Massimiliano Allegri tampak bingung mencari cara memperbaiki skuad Juve.

Anehnya, dalam situasi darurat seperti itu, Juve justru melepas salah satu gelandang penting mereka, Weston McKennie. Di sisi lain, Juve merekrut Mohamed Ihattaren dari Ajax, tapi tentu bukan untuk mendongkrak skuad.

9 dari 9 halaman

Pecundang: Duo Spanyol

Bukan hanya di Italia, kehebohan bursa transfer Januari 2023 juga tidak terasa di Spanyol. Barcelona dan Real Madrid sama-sama pasif di kesempatan kali ini.

Madrid dan Barca sama-sama tidak mendatangkan pemain baru. Barca justru lebih banyak melepas pemain, seperti Memphis Depay (Atletico Madrid) dan Hector Bellerin (Sporting).

Nah itu dia ulasan singkat soal pemenang dan pecundang di bursa transfer Januari 2023. 

 

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 1/2/2023)

Video Populer

Foto Populer