Sukses


Kualifikasi Euro 2024: Roberto Martinez Bakal Jalani Debut Menangani Portugal, Cristiano Ronaldo Ikut Diangkut?

Bola.com, Jakarta - Pelatih anyar Timnas Portugal, Fernando Santos, bakal memulai kiprahnya bersama Seleccao pada Kualifikasi Euro 2024 yang digelar pada 23 Maret 2023. Patut dinantikan apakah Cristiano Ronaldo akan mendapatkan kesempatan comeback ke timnas Portugal.

Masa depan Cristiano Ronaldo sempat dipertanyakan. Pemain berusia 38 tahun itu sudah tidak lagi menjadi pilihan di tim utama ketika Portugal beraksi di Piala Dunia 2022, di mana tim saat itu masih ditangani oleh Fernando Santos.

Kini situasinya Santos tidak lagi ada di kursi kepelatihan Timnas Portugal dan sudah digantikan oleh Roberto Martinez yang sebelumnya menangani Timnas Belgia.

Kabarnya, Martinez masih punya rencana untuk tetap memanggil Cristiano Ronaldo ke Timnas Portugal. Menurut laporan The Athletic, Martinez sudah bericara dengan Cristiano Ronaldo satu pekan sebelum pengumuman skuad resmi.

2 dari 5 halaman

Pertimbangan Matang

Dalam laporan tersebut dijelaskan Roberto Martinez memiliki dua pertimbangan matang untuk memanggil Cristiano Ronaldo.

Pertimbangan pertama soal keuntungan finansial yang bisa diperoleh Federasi Sepak Bola Portugal dengan memanggil Cristiano Ronaldo.

Pertimbangan kedua adalah proses pengenalan skuad. "Saya akan coba mengenal semua pemain dan menghormatinya tanpa terkecuali. Ronaldo adalah salah satunya," ungkap Martinez.

3 dari 5 halaman

Momen Mempertahankan Rekor

Rencana pemanggilan tersebut membuat Cristiano Ronaldo berkesempatan mempertahankan rekornya. Saat ini Cristiano Ronaldo tercatat sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak bersama Timnas Portugal.

Cristiano Ronaldo telah mencatatkan total 196 penampilan bersama Portugal. Jumlah ini sama dengan pemain Kuwait, Bader Al-Mutawa.

Al-Mutawa masih aktif dipanggil oleh Kuwait jelang jeda internasional pada akhir Maret 2023. Jika Cristiano Ronaldo dipanggil Portugal dan dapat kesempatan bermain, rekornya akan masih sama dengan Al-Mutawa.

4 dari 5 halaman

Bakal Jadi Pelatih Kelima Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo juga berkesempatan untuk menjalin kerja sama dengan pelatih keenamnya selama di Timnas Portugal.

Sebelumnya, mantan bintang Manchester United itu sudah memperkuat Portugal sejak ditangani Luiz Felipe Scolari, berlanjut dengan Carlos Queiroz, kemudian Paulo Bento, dan terakhir bersama Fernando Santos.

5 dari 5 halaman

Debut di Kualifikasi Euro 2024

Roberto Martinez yang akan menjadi pelatih kelima Cristiano Ronaldo di Portugal juga akan segera menjalani debutnya.

Roberto Martinez akan punya dua pertandingan saat FIFA Matchday Maret 2023, keduanya merupakan kualifikasi Piala Eropa 2024.

Portugal lebih dulu berhadapan dengan Liechtenstein pada 24 Maret 2023 di kandang sendiri. Selanjutnya pada 27 Maret 2023, Portugal akan bertandang ke markasnya Luksemburg.

Sumber: The Athletic

Disadur dari: Bola.net (Abdi Rafi Akmal, published 16/3/2023)

Video Populer

Foto Populer